Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Penembakan di Masjid Selandia Baru, 3 WNI Selamat, 3 Hilang

Penembakan di Masjid Selandia Baru, 3 WNI Selamat, 3 Hilang Ilustrasi (Foto: Shutterstock.com)

Dream - Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, telah mendapat laporan dari Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya terkait penembakan di Masjid Al Noor Christchurch.

Menurut dia, penembakan itu terjadi pukul 13.40 waktu setempat, saat umat Islam di sana sedang melaksanakan sholat Jumat.

"Informasi yang kita kumpulkan, informasi awal, terdapat 6 Warga Negara Indonesia yang berada di masjid tersebut," kata Retno, dikutip dari Liputan6.com.

Tiga WNI berhasil menyelamatkan diri. Dia kini tengah mencari informasi mengenai kondisi tiga WNI lainnya.

"Kita sedang mencari tiga WNI yang lainnya, dapat saya sampaikan di Christchurch ada sekitar 330 WNI, 130 di antaranya adalah pelajar itu mendengar ada insiden penembakan tersebut, KBRI sudah menerjunkan tim protokel konsuler," kata Retno.

Terkait motif pelaku, Retno menjelaskan belum mendapat informasi terbaru. Dia berharap bisa secepatnya menghubungi tiga WNI yang belum ditemukan.

"Sampai sekarang belum diperoleh informasi dan mudah-mudahan kita berdoa, agar kita bisa mengontak tiga WNI yang lainnya," ucap dia.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Rizki Akbar Hasan)

Pelaku Penembakan Brutal di Masjid Selandia Baru Teridentifikasi

Dream - Dua masjid di Kota Christchurch, Selandia Baru, Masjid Al Noor dan Masjid Linwood, menjadi sasaran penembakan. Dilaporkan banyak korban tewas dalam insiden ini.

Harian New Zealand Herald melaporkan pelaku teridentifikasi sebagai Brenton Tarrant, pria kulit putih berusia 28 tahun kelahiran Australia.

Tarrant cukup aktifi media sosial. Dia bahkan sampai menyiarkan langsung aksinya lewat Facebook.

Siaran dimulai ketika Tarrant mengendarai mobil menuju Masjid Al Noor di Deans Ave lalu memarkirkan mobilnya. Tarrant kemudian mengambil senapan serta amunisinya yang diletakkan di bangku penumpang sebelah sopir.

Setelah itu, Tarrant keluar mobil dan berjalan menuju masjid. Korban pertama yang ditembak pelaku adalah seorang pria yang berada di pintu utama.

Senapan yang digunakan Tarrant penuh dengan tulisan putih. Beberapa tulisan yang terbaca tampak seperti nama-nama orang.

Menembak dengan Membabi Buta

Tarrant kemudian masuk masjid dan mulai menembak secara membabi buta. Korban kedua terjatuh di lantai dan berusaha merangkak menyelamatkan diri, namun tetap ditembaki beberapa kali.

Setelah menalukan penembakan, Tarrant berdiri di ujung lorong untuk mencegah kemungkinan adanya orang yang melarikan diri. Orang-orang yang meringkuk di dalam masjid ditembaki tanpa belas kasihan.

Kemudian, pelaku menuju sejumlah ruangan dan kembali melancarkan tembakan. Dia sempat berhenti beberapa kali untuk mengisi amunisi.

Sekitar tiga menit di dalam, pelaku keluar dan kembali menembaki masjid dari arah jalan. Dia juga menembaki sejumlah mobil yang melintas di dekat masjid.

Sempat Ambil Amunisi di Mobil

Pelaku lalu menuju berlari menuju mobil vannya yang terparkir di dekat masjid. Bukan untuk kabur, namun mengambil amunisi tambahan.

Dia masuk lagi ke masjid untuk memastikan tidak ada orang selamat. Pelaku kemudian menembaki orang yang tergeletak di lantai.

Setelah itu, pelaku pergi meninggalkan masih namun tetap menembak seorang wanita di jalanan. Dia lalu masuk ke mobil dan langsung kabur.

Menurut laporan yang beredar, korban tewas dalam dua insiden bersamaan itu antara sembilan dan 27 orang. Hingga saat ini, belum ada data resmi dari otoritas setempat mengenai jumlah pasti korban insiden tersebut.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Merinding! Pria Sholat di Masjid Tiba-tiba Ketakutan dan Pingsan

Merinding! Pria Sholat di Masjid Tiba-tiba Ketakutan dan Pingsan

Saking ketakutannya, pria tersebut sampai jatuh terjengkang ke belakang dan menindih jamaah berbaju hitam di sebelah kirinya.

Baca Selengkapnya
Doa Keselamatan untuk Negara agar Terhindar dari Pemimpin Zalim dan Tidak Amanah

Doa Keselamatan untuk Negara agar Terhindar dari Pemimpin Zalim dan Tidak Amanah

Simak bacaan doanya berikut ini dan jangan lupa untuk diamalkan demi keberlangsungan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Selengkapnya
Panglima TNI Berjanji Akan Ganti Kerugian Warga Terdampak Kebakaran Gudang Peluru Bekasi

Panglima TNI Berjanji Akan Ganti Kerugian Warga Terdampak Kebakaran Gudang Peluru Bekasi

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berjanji semua kerusakan dialami warga akibat kebakaran akan diganti.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Merinding! Saat Akad Nikah Pengantin Wanita Lemas, Muntah dan Pingsan Usai Muncul Cairan Mirip Darah Turun dari Plafon Kamar

Merinding! Saat Akad Nikah Pengantin Wanita Lemas, Muntah dan Pingsan Usai Muncul Cairan Mirip Darah Turun dari Plafon Kamar

Air kental berwarna merah mirip darah itu mengalir turun di sepanjang dinding kamar warna oranye itu.

Baca Selengkapnya
Munculnya Orang Hina dan Zalim Jadi Pemimpin, Tanda-Tanda Kiamat?

Munculnya Orang Hina dan Zalim Jadi Pemimpin, Tanda-Tanda Kiamat?

Rasulullah mengingatkan bahwa pemimpin yang tidak amanah tidak akan mencium surga dan akan menerima siksaan yang berat di akhirat.

Baca Selengkapnya