Menko PMK Temui JK Bahas Ibadah Ramadan di Masjid

News | Kamis, 8 April 2021 09:00
Menko PMK Temui JK Bahas Ibadah Ramadan di Masjid

Reporter : Ahmad Baiquni

Muhadjir berharap masalah yang mungkin timbul dari pembukaan masjid dapat diantisipasi sejak dini.

Dream - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menemui Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia, Jusuf Kalla, untuk membahas rencana pelaksanaan ibadah Ramadan di masjid di tengah pandemi Covid-19.

" Saya bersilaturahmi kepada Bapak Jusuf Kalla untuk berkonsultasi sekaligus koordinasi pelaksanaan ibadah sholat Tarawih dan sholat Idul Fitri dan kegiatan-kegiatan yang lain selama Ramadan," ujar Muhadjir dalam laman Kemenko PMK.

Muhadjir menekankan, pelaksanaan ibadah Ramadan di masjid harus tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kesadaran masyarakat untuk disiplin prokes menjadi sangat penting guna mencegah terjadi penularan Covid-19.

Dengan berkonsultasi kepada JK, Muhadjir menjelaskan masalah yang dapat muncul saat pelaksanaan ibadah Ramadan dapat diantisipasi. Selain itu, penanganan juga bisa dilakukan sedini mungkin.

Muhadjir pun mengingatkan para jemaah agar berupaya menghindari kerumunan. Khususnya saat datang ke masjid maupun ketika bubaran sholat jemaah.

" Begitu juga saat melaksanakan salat berjamaah diupayakan agar dibuat sesederhana mungkin sehingga waktunya tidak berkepanjangan, tidak terlalu panjang, mengingat dalam kondisi masih darurat ini," kata dia.

2 dari 2 halaman

JK Instruksikan Masjid Perketat Prokes

Pada kesempatan tersebut, JK menyampaikan terima kasih atas keputusan pemerintah mengizinkan pelaksanaan ibadah Ramadan di masjid. Meski begitu, pihaknya tetap akan memberikan peringatan kepada para pengurus masjid agar tetap waspada dan mencegah potensi penularan Covid-19.

" Yang jelas, berbeda dengan tahun lalu, tahun ini, Alhamdulillah kita sudah bikin edaran agar (prokes) betul-betul dilaksanakan secara ketat," kata dia.

Selain prokes yang ketat, kata JK, pengawasan juga perlu ditingkatkan khususnya dari sisi kebersihan masjid. Dia pun meminta pengurus masjid memastikan sholat Tarawih dan Idul Fitri berjalan dengan aman.

" Kita juga sudah bicarakan bahwa masjid siap menjadi pusat vaksinasi untuk seluruh Indonesia. Sekali lagi kami juga berterima kasih karena pemerintah sudah mengizinkan salat tarawih dan salat Ied di masjid," kata dia.

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id