Prabowo: Taat Prokes dan Ikut Vaksin Termasuk Bela Negara

News | Senin, 16 Agustus 2021 19:00

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Taat protokol kesehatan dan ikut vaksinasi Covid-19 merupakan wujud bela negara yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia di tengah pandemi.

Dream - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyampaikan, taat protokol kesehatan dan ikut vaksinasi Covid-19 merupakan wujud bela negara yang dapat dilakukan masyarakat Indonesia di tengah pandemi.

Pasalnya, pandemi Covid-19 merupakan bagian dari ancaman yang tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan, namun juga sosial dan ekonomi.

“ Di era dimana ancaman pandemi Covid-19 belum berakhir, bangsa Indonesia masih berjuang melawan virus. Banyak hak yang dapat dilakukan (sebagai wujud bela negara) salah satunya mengikuti vaksin dan mematuhi protokol kesehatan," kata Prabowo, dikutip dari Liputan6.com, Senin 16 Agustus 2021.

Prabowo menerangkan, menaati protokol kesehatan antara lain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menjauhi kerumunan.

Prabowo: Taat Prokes dan Ikut Vaksin Termasuk Bela Negara
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Foto: Liputan6.com)
2 dari 7 halaman

Bela Negara Tugas Seluruh Rakyat Indonesia

Bela negara, tambah dia, bukan hanya tugas para pegawai Kementerian Pertahanan, anggota TNI dan Polri, namun merupakan tugas seluruh rakyat Indonesia.

" Untuk itu, saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan kewajiban kebangsaan serta bersama-sama lakukan yang terbaik untuk bangsa. Tunjukkan kita kuat menghadapi pandemi," ujarnya.

Dia juga menyampaikan wujud bela negara bukan cuma angkat senjata, melainkan bekerja sesuai profesi dan kemampuannya serta berbuat yang terbaik untuk bangsa dan negara.

" Berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi masing-masing, apapun pendidikan, kota, latar belakang, pekerjaan, kita punya hak dan kesempatan yang sama untuk bela negara. Saya yakin kita dapat melakukan bela negara bersama dan mampu melewati masa-masa Covid-19," jelasnya.

3 dari 7 halaman

Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemhan, Erni Tjahjo Kumulo mengatakan hal serupa dengan Prabowo.

" Bela negara umumnya dikaitkan upaya mempertahankan negara dari serangan militer asing. Saat ini bela negara dimaksudkan memperkuat nasionalisme dan patriotisme warga negara Indonesia di tengah ancaman terorisme internasional, aksi kekerasan berbau SARA, dan sekarang pandemi Covid-19," kata Erni.

Oleh karena itu, ia mendorong seluruh pihak untuk terlibat aktif membantu pemerintah dan tenaga kesehatan menghadapi Covid-19.

" Bila kondisi ini dianggap sebagai medan pertempuran menghadapi bencana, dokter dan tenaga kesehatan adalah prajurit yang harus berada di garis depan. Namun, tidak cukup mengandalkan tenaga kesehatan, tidak cukup meminta pemerintah mengatasi bencana ini. Keberadaan seluruh komponen bangsa sangat dibutuhkan," tutupnya.

Sumber: merdeka.com

4 dari 7 halaman

Unggahan Foto Greysia/Apriyani di IG Prabowo Subianto Dipuji Elegan, Kenapa?

Dream -  Meski sudah berlalu beberapa hari yang lalu, kemenangan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 tak pernah berakhir. Foto pasangan ganda putri bulu tangkis Indonesia saat menangis melihat bendera merah putih berkibar banyak bertebaran di sosial media.

Foto itu juga banyak dipakai para pejabat dan politikus yang ingin mengucapkan selamat kepada Greysia/Apriyani. Dari banyaknya ucapan dari kalangan pejabat, unggahan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendapat perhatian sendiri dari netizen. 

Menteri yang juga menjabat Ketua Umum Partai Gerindra itu memberikan ucapan selamat kepada Greysia dan Apriyani dengan cara berbeda.

 

 

5 dari 7 halaman

Dalam unggahan akun Instagram @prabowo, mantan Danjen Kopassous itu mengunggah foto gandu putri bulu tangkis Indonesia itu saat sedang memberikan hormat kepada bendera merah putih.

Tak seperti pejabat lain yang menuliskan keterangan foto panjang atau memasang fotonya disamping dua atlet kebanggaan Indonesia itu, Prabowo sama sekali tidak menuliskan kalimat apapun. 

Caption foto unggahannya hanya menyematkan simbol bendera merah putih.

      View this post on Instagram      

A post shared by Prabowo Subianto (@prabowo)

 

 

6 dari 7 halaman

Foto Dibeli dengan Harga Tak Murah

Soal unggahan Prabowo tersebut ramai juga dibahas di akun Twitter @Tubirfess. Pengelola akun tersebut mengaku salut dengan unggahan mantan Calon Presiden 2014 dan 2019 itu yang mengucapkan selamat tanpa embel jabatan,

Akun ini juga memuji Prabowo yang menggunakan foto dengan membelinya dari sebuah situs foto ternama dunia. Untuk bisa memiliki foto tanpa watermark itu, akun Instagram Prabowo itu sampai disebut mengeluarkan kocek US$499 atau sekitar Rp7 juta.

" Ga masang foto muka di Ucapan selamat, Ga pakai embel embel jabatan. Foto doang plus fotonya dibeli bkn asal comot aja," tulis akun tersebut.

 

7 dari 7 halaman

Dapat Pujian dari Netizen

Cuitan tersebut langsung ramai dibahas Netizen yang memuji cara Prabowo atau pengelola akun Prabowo dalam mengelola media sosialnya.

"  Mantap gaperlu pakai twibon partai atau jabatan gitu yaa. Caption juga enggak macem2," tulis @gupiandherself

"  Demi apa timnya beneran beli?? Omg keren bgt melek copyright," kata @seonderara.

"  captionnya juga cuma gambar bendera. ig prabowo emg estetik bgt dah wkwj," tulis @yaaelahmay

"  Itu pak prabowo bingung pake caption apa soalnya dah diborong yg lain. Mau ngedit jga kelamaan, pake jabatan ya gaperlu soalnya jabatan cuma titipan aja. Mending beli foto teteh getty soalnya ada modal xixi. Bismillah komisaris gerindra," kata @halosungjin

Join Dream.co.id