Mengerikan! 4.123 Pemudik Positif Covid-19

News | Selasa, 11 Mei 2021 13:00
Mengerikan! 4.123 Pemudik Positif Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni

Para pemudik tersebut sebagian menjalani isolasi mandiri dan ada yang dirawat.

Dream - Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan, selama masa pelarangan mudik, Kepolisian melakukan tes Covid-19 secara acak terhadap para pemudik. Hasil yang ditemukan cukup mengejutkan, lebih dari 4.000 pemudik dinyatakan positif Covid-19 sejak 6 Mei 2021

" Kemarin jumlah pemudik yang di-random testing dari 6.742, konfirmasi positifnya 4.123 orang," ujar Airlangga dalam konferensi pers disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Dari jumlah positif tersebut, sebanyak 1.686 orang menjalani isolasi mandiri. Sedangkan yang dirawat sebanyak 75 orang.

Airlangga melanjutkan, kepolisian juga menggelar Operasi Ketupat. Dalam operasi ini, petugas memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan sekaligus persyaratan mudik.

2 dari 4 halaman

41.097 Kendaraan Diputar Balik

Jumlah kendaraan yang diperiksa hingga 10 Mei 2021, kata Airlangga, sebanyak 113.694 kendaraan. Sedangkan sebanyak 41.097 kendaraan diputar balik.

" Pelanggaran travel gelap adalah 346 kendaraan," kata Airlangga.

Dia mengingatkan, tempat wisata di lingkungan komunitas harus menerapkan pembatasan pengunjung maksimal 50 persen. Juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat dalam konteks PPKM Mikro.

" Untuk zona merah dan zona oranye dilarang," kata Airlangga.

3 dari 4 halaman

Tarif Vaksinasi Covid-19 Gotong Royong Rp500 Ribu Sekali Suntik

Dream - Vaksinasi gotong royong untuk perusahaan sudah diizinkan Pemerintah. Demikian pula, tarif penyuntikan telah ditetapkan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyatakan Pemerintah telah menetapkan tarif vaksinasi Covid-19 sebesar Rp500 ribu untuk satu kali suntikan. Tarif tersebut digunakan untuk biaya vaksin serta tenaga vaksinator.

" Harga sudah ditetapkan, harga vaksin Rp375 ribu per dosis dan penyuntikannya Rp125 ribu sehingga total Rp500 ribu," ujar Airlangga, disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Airlangga mengatakan untuk vaksinasi gotong royong, sudah tersedia vaksin Sinopharm sebanyak 500 ribu dosis. Sementara nilai kontrak antara Pemerintah dengan penyedia vaksin tersebut mencapai 7,5 juta dosis secara keseluruhan.

 

4 dari 4 halaman

Pakai Sinopharm dan CanSino

Selain Sinopharm, vaksinasi gotong royong akan menggunakan vaksin CanSino. Pengirimannya akan berlangsung dalam beberapa waktu ke depan.

" Vaksin lain yang akan digunakan adalah CanSino dan sudah disiapkan 5 juta (dosis)," kata Airlangga.

Sementara untuk pelaksanaannya, kata Airlangga, diharapkan bisa dimulai pada akhir Mei 2021. Vaksinasi akan diprioritaskan berdasarkan zonasi penularan Covid-19 serta perusahaan yang telah mendaftar ke Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia , dengan industri padat karya yang didahulukan.

Join Dream.co.id