Mengenal Ploonet, Satelit 'Nakal' yang Mengorbit di Planet Lain

News | Senin, 15 Juli 2019 08:00
Mengenal Ploonet, Satelit 'Nakal' yang Mengorbit di Planet Lain

Reporter : Maulana Kautsar

Bulan akan menjadi ploonet?

Dream - Ilmuwan mendapat julukan baru yaitu " ploonet" . Para ilmuwan sebelumnya mengusulkan istilah " moonmoons" untuk menggambarkan fenomena ini.

Istilah ploonet untuk menggambarkan exomoon yang dapat mengorbit di bulan lain di tata surya yang jauh.

Exomoon merupakan istilah untuk menggambarkan bulan extrasolar atau satelit alami yang mengorbit di planet ekstrasurya atau ekstrasolar non-bintang lain.

Ploonet merupakan exomoon yang dalam keadaan tertentu menjadi 'nakal'. Dia meninggalkan orbit dan menjadi satelit bintang inang.

Menurut laman Live Science, dalam makalah baru yang diterbitkan dalam Earth and Planetary Astrophysics, peneliti mengeksplorasi skenario exomoon besar yang teratur meninggalkan setelah pasang surut momentum sudut dengan planet induknya.

Uniknya, hipotesis para peneliti mengarah pada kondisi bumi. Mereka menyebut, bahwa bulan yang mengitari bumi, mungkin merupakan hasil dari exoplanet " Jupiter" besar yang bermigrasi ke bintang inangnya.

Survei exoplanet telah mendeteksi beberapa planet memiliki sifat seperti itu.

Bulan, satelit Bumi, mungkin suatu hari akan menjadi ploonet. Bulan perlahan-lahan merayap menjauh dari Bumi pada kecepatan yang sangat lambat, dan ada kemungkinan akan memasuki orbit yang jauh dan lebih tidak stabil.

2 dari 6 halaman
Terkait
Lebih Dekat dengan Tiffani Afifa, Dokter Cantik Juara Kpop World Festival
Join Dream.co.id