Menaker Ida Fauziyah Positif Covid-19

News | Kamis, 3 Desember 2020 17:08
Menaker Ida Fauziyah Positif Covid-19

Reporter : Ahmad Baiquni

Beberapa waktu sebelumnya Ida menjalankan swab test PCR.

Dream - Menteri Tenaga Kerja, Ida Fauziyah, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Sebelumnya, Ida menjalani swab test atau tes usap PCR.

" Ya betul, hasil PCR test saya positif Covid-19," ujar Ida, dikutip dari Merdeka.com.

Tetapi, Ida mengaku kondisinya cukup sehat. Dia kini tengah menjalani isolasi mandiri.

" Alhamdulillah, kondisi fisik saya baik, sekarang saya melakukan isolasi menghindari penularan," kata dia.

Lebih lanjut, Ida memohon doa masyarakat agar dapat segera pulih. " Mohon doanya semoga segera pulih," ucap Ida.

Sumber: Merdeka.com.

2 dari 5 halaman

437 Kontak Dekat Anies Baswedan dan Riza Patria Dites Swab, 24 Positif Covid-19

Dream - Dinas Kesehatan DKI Jakarta segera melakukan contact tracking atau pelacakan kontak setelah sang gubernur, Anies Baswedan, dan wakilnya, Ahmad Riza Patria, dinyatakan positif Covid-19.

Swab test PCR atau tes usap telah dijalankan kepada ratusan orang yang pernah berinteraksi dekat dengan dua tokoh tersebut dalam kurun waktu beberapa hari terakhir.

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti, mengatakan, sejak Selasa, 1 Desember 2020, sudah ada 158 kontak erat Anies dites usap. Juga sebanyak 279 kontak erat dari Riza juga sudah dites.

" Sehingga total pelacakan kontak kasus sejauh ini adalah 437 orang," ujar Widyastuti.

3 dari 5 halaman

24 Positif Covid-19

Dari tracing kontak Anies sebanyak 158 orang, kata Widyastuti, ditemukan lima orang positif Covid-19. Kemudian 111 dinyatakan negatif dan sisanya yaitu 42 orang menunggu hasil laboratorium.

Sedangkan temuan dari tracing kontak Riza yaitu 279 orang yang dilakukan sejak 28 November 2020, 19 orang dinyatakan positif Covid-19. Lalu 185 orang negatif dan 75 menunggu hasil pengujian.

Widyastuti mengatakan pelacakan dilanjutkan kepada kontak erat Gubernur dan Wagub yang dinyatakan positif. Untuk menemukan kasus baru agar dapat ditangani sedini mungkin.

" Beberapa kasus ditemukan bahwa periode penularan sebelum berinteraksi dengan Gubernur dan merupakan bagian dari klaster keluarga masing-masing," kata Widyastuti.

Sumber: Liputan6.com/Ika Defianti

4 dari 5 halaman

Anies dan Wagub DKI Positif, Satgas: Semoga Masyarakat Sadar

Dream - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, terkonfirmasi positif Covid-19. Satgas Penanganan Covid-19 nasional menegaskan, penanganan kasus Corona di DKI akan tetap berjalan.

" Satgas turut prihatin dengan terkonfirmasi positif Covid-19 yang dialami Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Meski demikian, kebijakan pencegahan Covid-19 di Ibu Kota akan tetap berjalan dan fokus kepada implementasi strategi 3M dan 3T," ujar juru bicara satgas Covid-19 nasional, Prof Wiku Adisasmita dalam konferensi pers, Selasa 1 Desember 2020.

3M yang dimaksud Wiku yakni Menjaga Jarak, Mencuci Tangan dan Memakai Masker. Sementara 3T itu yakni testing, tracing, dan treatment.

Dengan berita terkonfirmasi Anies dan Ahmad Riza, Wiku berharap masyarakat semakin sadar tentang bahaya Covid-19. Wiku pun menegaskan Corona bisa menular siapa saja tanpa pandang bulu.

" Satgas berharap diagnosa positif Covid-19 pada pimpinan daerah dapat menyadarkan masyarakat, Covid-19 berpotensi menular kepada siapapun, siapa saja tanpa memandang status maupun latar belakang bahkan apapun pekerjaannya," ucap Wiku.

" Maka dari itu, satgas mengingatkan agar masyarakat betul-betul tertib protokol kesehatan dan jangan pergi ke lokasi di mana ada kerumunan," tegas Wiku.

5 dari 5 halaman

Wiku juga menjelaskan, saat ini satgas tengah menggalakan upaya testing dan tracing di wilayah DKI Jakarta.

Hal ini mengingat angka kasus positif di DKI Jakarta terus naik dalam waktu seminggu terakhir, sehingga testing dan tracing sangat dibutuhkan untuk memutus rantai penularan Corona.

" Lebih daripada itu paling penting adalah masyarakat sendiri harus mampu menghindari terjadinya kontak dan penularan di antara keluarga atau tempat pekerja atau di manapun kita berada," ucap Wiku.

Wiku meminta masyarakat waspada. Dia tak ingin kasus Corona menjadi tak terkontrol.

" Tidak boleh terulang kembali peningkatan kasus yang tidak terkendali," jelas Wiku.

 

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id