Menag Minta Islam Moderat Masuk Mata Kuliah UIII

News | Kamis, 28 Maret 2019 12:03
Menag Minta Islam Moderat Masuk Mata Kuliah UIII

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Lukman menilai ajaran Islam moderat harus menjadi acuan utama dalam sistem pendidikan di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Dream - Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sebentar lagi akan beroperasi. Sebagai persiapan, Kementerian Agama beserta Satuan Tugas (Satgas) UIII tengah menyusun silabus perkuliahan UIII.

Tim Satgas UIII ini terdiri dari dosen Fakultas Dirasat Islamiyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan para alumni perguruan tinggi di Mesir, Maroko dan Sudan.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengingatkan pentingnya menyebarkan ajaran Islam moderat yang sesuai kultur Nusantara. Dia meminta silabus UIII disusun dengan menjadikan Islam moderat sebagai dasar.

" Moderasi beragama sebagai bentuk pengamalan agama yang tidak berlebihan agar menjadi acuan kita," ujar Lukman dikutip dari Kemenag, Kamis 28 Maret 2019.

Lukman mengatakan jika pemahaman Islam moderat disebarluaskan dapat memberikan dampak positif. Salah satunya, masyarakat akan saling menjaga kebersamaan yang menghargai perbedaan.

" Islam yang senantiasa menjaga kebersamaan, bukan Islam yang mengotak-kotakkan masyarakat karena Islam pada dasarnya mengayomi," ucap dia.

Peletakan batu pertama pembangunan UIII dilaksanakan pada 5 Mei 2018 lalu oleh Presiden Joko Widodo di Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Proyek pembangunan akan berlangsung selama empat tahun di atas tanah seluas 142 hektar dengan biaya Rp3 triliun. (ism)

Terlahir Tuli, Anak Ray Sahetapy Lulus Cum Laude di New York
Join Dream.co.id