Komaruddin Hidayat Resmi Jabat Rektor UIII

News | Jumat, 14 Juni 2019 11:02
Komaruddin Hidayat Resmi Jabat Rektor UIII

Reporter : Maulana Kautsar

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin resmi melantik Komaruddin Hidayat sebagai Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII).

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin melantik Komarudin Hidayat sebagai rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) periode 2019 – 2024. 

“ Hari ini merupakan hari bersejarah bagi peran Indonesia dalam menghadirkan pusat keunggulan ilmu pengetahuan Islam berskala internasional. Kita baru saja melaksanakan pelantikan Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) yang pertama,” kata Lukman, di Jakarta, Kamis, 13 Juni 2019. 

Lukman mengatakan, pendirian UIII adalah wujud pengejawantahan mengenai tema, keindonesiaan, keislaman, dan kemanusiaan.

Lukman berharap, UIII, mampu berfungsi sebagai “ Rumah Moderasi Islam”, tempat menghimpun, mengkaji, dan mendefinisikan nilai-nilai Islam bagi seluruh alam.

“ Rumah Moderasi Islam ini pada gilirannya akan memperkuat visi dan implementasi “ Moderasi Beragama” yang selama ini terus kita perjuangkan, dan kini sudah akan terintegrasi dalam RPJMN 2020-2024,” ucap dia.

Kehadiran UIII, kata Lukman, bukan sebagai kompetitor bagi PTKIN yang telah ada. UIII didirikan untuk memberi kontribusi bagi kehidupan kebangsaan dan keislaman.

 

2 dari 3 halaman

Akan Mulai Beroperasi 2020

Dia berharap, UIII mengembangkan nilai-nilai keisalaman yang dapat teladan dan inspirasi positif bagi dunia.

“ Pendirian UIII sekaligus bertujuan memperkenalkan perkembangan Islam di Indonesia secara lebih ilmiah, sistematik, dan berkesinambungan kepada dunia internasional," kata dia.

Lukman mengatakan, untuk konteks Asia Tenggara, Indonesia merupakan kiblat lahirnya karya-karya klasik intelektual Islam.

Ini akan sangat penting sebagai rujukan dan referensi keilmuan para sarjana global.

“ Saya sungguh berkeyakinan bahwa bukan mustahil UIII akan dapat tumbuh menjadi universitas yang ikonik, prestisius, dan terkemuka, serta mampu bersinergi dengan universitas-universitas besar dunia yang telah memiliki tradisi ilmiah yang kokoh,” ucap dia.

 

3 dari 3 halaman

Harapan Komarudin

Usai dilantik, Komarudin mengatakan, beberapa kondisi mendesak yang harus dilakukan untuk UIII. Salah satunya, pembangunan infrastruktur dan sarana pembelajaran.

" Kedua, mematangkan kurikulum. Ketiga, kita ingin mengangkat beberapa staf organ kabinet UIII," ujar mantan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Komarudin juga ingin membuat aturan pedoman penerimaan mahasiswa UIII serta pedoman pengangkatan dosen. Kami sudah studi banding ke universitas-universitas di dunia.

" Baik Amerika, Jepang, semua sudah studi banding. Jadi akan kita matangkan dan akan kita undang para ahli dari luar negeri untuk mereview. Kita akan cari mahasiswa yang memang bagus, dan dosen yang memang bagus," kata dia.

UIII direncanakan mulai beroperasi pada 2020 mendatang. Perencanaan pembangunan kampus UIII telah dilakukan sejak tiga tahun lalu lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016.

Melihat Kelanjutan Nasib Konser Tunggal Ayu Ting Ting
Join Dream.co.id