Menag: Dakwah Itu Mengajak, Bukan Mengejek

News | Senin, 5 November 2018 18:00
Menag: Dakwah Itu Mengajak, Bukan Mengejek

Reporter : Ahmad Baiquni

Lukman mengingatkan agama patut disebarkan dengan cinta dan kasih sayang.

Dream - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, menegaskan agama hadir membawa pesan damai. Para utusan Tuhan dan orang suci, menyebarkan ajaran agama dengan cinta dan kasih sayang.

" Agama ditebarkan dengan rasa cinta dan kasih sayang, dan semangat dakwah itu mengajak bukan mengejek," ujar Lukman dalam Dialog Lintas Agama di Pangkalpinang, Bangka Belitung dikutip dari kemenag.go.id, Senin 5 November 2018.

Lukman mengatakan agama diturunkan oleh Tuhan ke dunia bertujuan mengangkat derajat manusia. Selain itu, agama juga dimaksudkan agar kehidupan manusia menjadi tertata.

" Agama hadir di tengah kita dalam rangka agar menjaga harkat martabat manusia. Tuhan menurunkan agama agar kehidupan sesama umat manusia berlangsung dengan baik," ucap dia.

Lukman juga menyoroti adanya perilaku menyimpang di tengah masyarakat. Dia menilai hal ini merupakan masalah komplek.

Dia mengingatkan agar masyarakat membedakan antara perilaku dengan pelakunya. Maksiat harus dilihat dari perbuatannya, bukan pada pelakunya.

" Kita harus mencegah perilaku maksiat maupun LGBT itu dengan proses penyadaran, bukan mengucilkan mereka," kata Lukman.

Lebih lanjut, Lukman mengingatkan salah satu tugas agamawan adalah mengajak dan membina pada kebaikan kepada para pelaku maksiat. Apapun alasan pelaku dalam bermaksiat.

" Agar keluar dari perilaku menyimpang tersebut, bukan mengucilkan atau mengasingkan mereka," kata dia.(Sah)

 

Terkait
Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id