Masuk Zulhijjah, Bagian Bawah Kiswah Kabah Diangkat

News | Kamis, 23 Juli 2020 10:01
Masuk Zulhijjah, Bagian Bawah Kiswah Kabah Diangkat

Reporter : Ahmad Baiquni

Pengangkatan ini menandai segera dimulainya prosesi ibadah haji.

Dream - Memasuki bulan Zulhijjah, pengelola Masjidil Haram mulai mengangkat bagian bawah Kiswah Kabah. Pengangkatan Kiswah ini sekaligus menandai segera dimulainya prosesi haji.

Prosesi pengangkatan Kiswah biasanya berlangsung dalam beberapa hari. Kegiatan ini dimulai di menit-menit awal tanggal 1 Zulhijjah yang tahun ini jatuh pada Selasa Maghrib, 21 Juli 2020.

Lebih dari 50 petugas didampingi Presiden Jenderal Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Syeikh Abdurrahman As Sudais melaksanakan pengangkatan tersebut. Setelah itu, bagian bawah Kiswah ditutup dengan kain putih.

2 dari 3 halaman

Kiswah dibuat menggunakan kain sutera hitam dengan berat mencapai 670 kilogram. Selain itu, benang emas untuk penghias seberat 120 kilogram dan benang perak 100 kilogram.

Benang emas dan perak tersebut digunakan untuk menjahit kaligrafi ayat Alquran pada kain sutera hitam.

 

3 dari 3 halaman

Syeikh Sudais mengatakan tahun ini pihaknya menerapkan pengaturan khusus untuk pengiriman Kiswah Kabah dari pabrik pembuatannya di Komplek Raja Abdul Aziz menuju Masjidil Haram. Pengaturan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Selain itu, skema operasional haji difokuskan pada tindakan pencegahan untuk memastikan kesehatan jemaah. Menurut Syeikh Sudais, kesehatan jemaa merupakan prioritas utama.

Sebagai catatan, puncak ibadah haji akan berlangsung pada 29-30 Juli 2020 yaitu ketika wukuf di Arafah. Ibadah haji tahun ini diikuti jemaah yang sangat terbatas, sebanyak 10 ribu orang dari 160 negara.

Sumber: Alarabiya

Join Dream.co.id