Masjid Rancangannya Dibilang Mirip PS5, Begini Kata Ridwan Kamil

News | Minggu, 18 April 2021 04:15
Masjid Rancangannya Dibilang Mirip PS5, Begini Kata Ridwan Kamil

Reporter : Putu Monik Arindasari

Ia menganggap lucu komentar tersebut.

Dream - Ridwan Kamil memberikan komentar terkait bentuk masjid rancangannya yang menjadi sorotan. Masjid Syeikh Ajilin Palestina yang dirancang Gubernur Jawa Barat itu sempat menuai komentar menggelitik dari netizen karena dinilai mirip dengan konsol game, playstation (PS) 5.

Dalam postingan akun instagram pribadinya, Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu tampak mengunggah beberapa komentar yang diberikan netizen. Ia menganggap lucu komentar tersebut.

 Postingan Instagram Ridwan Kamil
© Instagram @ridwankamil

" Lucu-lucu komentar netizen terkait desain saya untuk Masjid Syekh Ajlin di Gaza Palestina," tulis Ridwan Kamil dalam keterangan fotonya.

Tak ambil pusing, mantan wali kota Bandung itu mengungkapkan beragam tafsiran mengenai bentuk masjidnya merupakan hal lumrah. Dia beranggapan penilaian publik dalam menghubungkan sebuah bentuk akan berkaitan dengan memori dan kebiasaan kita.

" Itu adahal hal lumrah dalam teori persepsi bentuk, karena kita selalu akan menghubungkan sebuah bentuk dengan memori dan kebiasaan kita," tambah ayah 2 orang ini itu

2 dari 5 halaman

Tak Ambil Pusing

" Itu adahal hal lumrah dalam teori persepsi bentuk, karena kita selalu akan menghubungkan sebuah bentuk dengan memori dan kebiasaan kita," tambah ayah 2 orang ini itu

Ridwan juga menuturkan banyak tafsiran berbeda mengenai bentuk masjid ini.

" Setelah netizen nyebut mirip PS5 , ada ibu-ibu nyebut seperti termos di dapurnya, ada yang bilang mirip mantel musim dingin," imbuhnya.

Pria yang menempuh pendidikannya di Unversitas California, Berkeley itu pun membebaskan semua tafsiran terkain bentuk masjid yang dirancangnya ini. Ia lalu melontarkan pertanyaan kepada netizen.

" Bebas sih menafsir. Jadi menurut kamu ini mirip apa lagi?" tanya Ridwan.

3 dari 5 halaman

Viral Masjid Rancangan Ridwan Kamil di Palestina, Disebut Mirip PS5

Dream - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kembali menjadi pusat perhatian setelah mengunggah desain masjid rancangannya di Gaza, Palestina. Masjid tersebut diberi nama Masjid Syeikh Ajlin.

Pelatakan batu pertama dilakukan secar avirtual dari Gedung Pakuan Bandung pada Rabu 7 April 2021.

" Tahun 2014 masjid penghasil ribuan hafidz Quran ini hancur lebur oleh perang dengan Israel," tulis Ridwan Kamil dalam cuitan Twitternya.

4 dari 5 halaman

Kang Emil, sapaan akrabnya, kemudian menunjukkan hasil rancangan masjid tersebut. Setelahnya, tak sedikit dari warganet yang menyebut desain masjid tersebut mirip penampakan PlayStation 5 (PS5), konsol terbaru milik Sony.

Tampak sekilas tiga struktur bangunan masjid yang mirip dengan PS5 jika sejajar.

Netizen yang melihat desain tersebut langsung ramai berkomentar.

 

" Masjid yang terinspirasi PS5?," tulis akun netizen.

" Maaf pak, sepintas mengingatkan akan sebuah game console," ungkap netizen lain.

 

5 dari 5 halaman

Meski disebut mirip konsol game, masih dalam cuitannya, Ridwan Kamil menjelaskan filosofi indah dibalik tiga struktur masjid yang mirip dengan PS5 itu.

" Oleh warga Gaza, saya diminta untuk mendesain dan menggalang dana. Dari 4 pilihan desain yang saya berikan, inilah yang dipilih warga Gaza. Ada 3 struktur di depan yang mencerminkan filosofi Habluminallah, Habluminannas, dan Hablumminalalam," tulis Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil juga mengajak warga Indonesia untuk membantu pembangunan masjid di Gaza yang nantinya akan digunakan untuk para penghafal Alqur'an.

 

Terkait
Join Dream.co.id