4 Mantan Presiden AS yang Meninggal Tidak Wajar Saat Masih Menjabat

News | Selasa, 4 Desember 2018 17:28
4 Mantan Presiden AS yang Meninggal Tidak Wajar Saat Masih Menjabat

Reporter : Sugiono

Dari 8 mantan presiden Amerika Serikat, empat meninggal tidak wajar saat masih menjabat di Gedung Putih. Sedangkan 4 mantan presiden Amerika Serikat lainnya meninggal karena sakit.

Dream - Dalam beberapa hari ini dunia dikejutkan dengan wafatnya mantan presiden Amerika Serikat George Herbert Walker Bush, pada Jumat malam, 30 November 2018 waktu setempat.

Ayah mantan presiden Amerika Serikat ke-43, George Bush, tersebut wafat dalam usia 94 tahun. Jenazah mantan presiden Amerika Serikat George HW Bush akan disemayamkan di US Capitol Rotunda di Washington DC hingga Rabu, 5 Desember 2018.

Usai dari Capitol Rotunda, mantan presiden Amerika Serikat ke-41 itu akan dimakamkan pada Kamis 6 Desember 2018 di tanah kelahirannya, Texas.

Mantan presiden Amerika Serikat yang memimpin penyerbuan kep Irak itu akan dimakamkan di George HW Bush Presidential Library and Museum.

Istrinya, Barbara Pierce Bush, yang tutup usia lebih dulu pada delapan bulan lalu, juga dimakamkan di sana.

Mantan presiden Amerika Serikat itu meninggal dunia karena sebab infeksi darah yang dideritanya.

Dalam sejarah berdirinya, Amerika Serikat telah dipimpin oleh 44 presiden. Mantan presiden Amerika Serikat yang pertama adalah George Washington yang memimpin dari tahun 1789 hingga 1797.

Sementara presiden Amerika Serikat yang terakhir dan masih menjabat hingga sekarang adalah Donald Trump Sr. Dia menjabat presiden Amerika Serikat sejak dinobatkan pada tanggal 20 Januari 2017.

Menurut catatan sejarah, ada 8 mantan presiden Amerika Serikat yang meninggal saat masih menjabat di Gedung Putih.

Dari delapan mantan presiden Amerika Serikat itu, empat meninggal karena sakit. Sedangkan, 4 mantan presiden Amerika Serikat lainnya meninggal 'tidak wajar'.

Penasaran siapa saja mereka? Well, simak 8 mantan presiden Amerika Serikat yang meninggal 'tidak wajar' saat masih menjabat di Gedung Putih yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

4 mantan presiden Amerika Serikat yang meninggal tidak wajar saat masih menjabat

1. Abraham Lincoln (4 Maret 1861-15 April 1865)

 Mantan Presiden Amerika Serikat Abraham Lincoln

Mantan presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln, ditembak pada 14 April 1865. Lincoln menghadiri drama 'Our American Cousin' di Ford's Theatre di Washington, D.C. ketika dia ditembak oleh aktor terkenal dan simpatisan Konfederasi, John Wilkes Booth.

Insiden itu terjadi lima hari setelah Robert E. Lee (Jenderal Konfederasi) menyerah kepada Ulysses S. Grant di Appomattox Court House, Virginia. Setelah ditembak, Presiden Lincoln dibawa ke sebuah rumah di seberang jalan dari Ford's Theatre. Lincoln meninggal jam 7:22 pagi waktu setempat pada 15 April 1865.

2. James A. Garfield (4 Maret 1881-19 September 1881)

 Mantan Presiden Amerika Serikat James A. Garfield

Mantan presiden Amerika Serikat ke-25, James A. Garfield, ditembak pada 2 Juli 1881 di Stasiun Kereta Api Baltimore & Potomac di Washington, D.C. Seorang pengacara dan penulis yang diduga labil secara mental bernama Charles Guiteau menembak Garfield sebanyak dua kali.

Garfield sempat bertahan selama berbulan-bulan ketika para dokter berusaha menemukan peluru dan menyelamatkan sang presiden. Garfield membutuhkan keajaiban medis untuk menyelamatkan nyawanya, tetapi dokternya mungkin memperburuk keadaan saat melakukan pemeriksaan pada luka Presiden Garfield.

Alexander Graham Bell bahkan berusaha menemukan peluru menggunakan penemuan barunya berupa detektor logam primitif namun gagal. Mantan presiden Amerika Serikat itu meninggal pada 19 September 1881, delapan puluh hari setelah ditembak.

2 dari 2 halaman

Mantan Presiden Amerika Serikat ditembak pekerja pabrik

3. William McKinley (4 Maret 1897-14 September 1901)

 Mantan Presiden Amerika Serikat William McKinley

Presiden Amerika Serikat ke-29, William McKinley, ditembak pada 6 September 1901 di Pameran Pan-Amerika di Buffalo, New York. Seorang mantan pekerja pabrik baja penganut paham anarki bernama Leon Czolgosz menembak mantan presiden Amerika Serikat itu saat menyapa masyarakat di luar gedung Temple of Music.

Presiden McKinley dibawa ke Rumah Sakit Exposition untuk menjalani operasi darurat. Dokter bedah menjahit perut Presiden McKinley, tetapi tidak dapat menemukan pelurunya. Pada hari-hari berikutnya, Presiden McKinley malah mengalami infeksi Gangren yang membuatnya kehilangan kesadaran. Presiden McKinley meninggal jam 2:15 pagi waktu setempat pada tanggal 14 September 1901, ditemani sang istri Ida di sisinya.

4. John F. Kennedy (20 Januari 1961-22 November 1963)

 Mantan Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy

Presiden Amerika Serikat ke-35, John F. Kennedy, ditembak pada 22 November 1963 sekitar jam 12:30 malam di pusat kota Dallas, Texas. Presiden Kennedy menumpang limosin terbuka - bersama istrinya Jacqueline, Gubernur Texas John Connally, dan Nellie Connally, istri gubernur.

Saat iring-iringan mobil presiden melewati Texas Market Book Depository terdengar suara tembakan.  Presiden Kennedy tertembak, dan iring-iringan mobilnya langsung melaju ke Parkland Memorial Hospital. Tidak banyak yang bisa dilakukan dokter untuk menyelamatkan nyawa mantan presiden Amerika Serikat itu. Pada jam 1 siang, John F. Kennedy dinyatakan meninggal.

Orang yang dicurigai sebagai pembunuh Presiden Kennedy adalah mantan marinir Lee Harvey Oswald. Ketika diangkut dari penjara dua hari setelah pembunuhan, Oswald ditembak oleh pemilik klub malam bernama Jack Ruby. Misteri pembunuhan presiden Amerika Serikat yang terkenal dengan julukan JFK itu berlanjut hingga hari ini.

Sumber: Periodicpresidents.com

Tips Jitu Menyeimbangkan Karier dan Pendidikan Ala Tiffani Afifa
Join Dream.co.id