Mantan Ajudan Jokowi Jadi Kabareskrim

News | Jumat, 6 Desember 2019 16:02
Mantan Ajudan Jokowi Jadi Kabareskrim

Reporter : Maulana Kautsar

Dianggap punya rekam jejak yang baik?

Dream - Teka-teki pengisi kursi Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri terjawab. Setelah kosong karena pengangkatan Idham Aziz sebagai kapolri, Kabareskrim Polri akan diisi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Polri, Irjen Listyo Sigit.

Rotasi jabatan ini termuat dalam Surat Telegram Polri nomor STKab/3229/XII/KEP./2019 tanggal 6 Desember 2019.

Nama Listyo menjadi salah satu kandidat terkuat untuk mengisi kekosongan kursi Kabareskrim. Kadiv Humas Irjen Mohammad Iqbal mengatakan, penunjukkan Kabareskrim berhubungan dengan integritas anggota yang mumpuni.

" Mempunyai track record, rekam jejak yang baik. Karena jabatan Kabareskrim adalah jabatan yang penting di kepolisian," ujar dia.

 

2 dari 3 halaman

Profil Mantan Ajudan Jokowi

Listyo Sigit merupakan lulusan Akpol 1991. Selama berkarir di kepolisian, dia pernah menjadi ajudan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Listyo juga pernah menjadi Kapolda Banten, Kasubdit II Dittipidum Bareskrim Polri, Kapolresta Surakarta pada 2011, Kapolres Sukoharjo pada 2010, dan Kapolres Pati pada 2009.

Setelah itu, pemilik nama lengkap Listyo Sigit Prabowo ini pernah pula menduduki posisi Wakapoltabes Semarang, dan pernah menjadi Kapolres Solo.

Sebelum menjabat sebagai ajudan Jokowi, Sigit Prabowo sejak Mei 2013 bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara.

Sumber: Liputan6.com/Maria Flora

3 dari 3 halaman

Irjen Idham Azis Jadi Kabareskrim, Irjen Gatot Eddy Kapolda Metro

Dream - Irjen Idham Azis yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, diangkat menjadi Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Pengangkatan Idham ditandai dengan surat telegram Nomor: ST/188/I/KEP/2019 yang ditandatangani Kapolri, Jenderal Tito Karnavian.

Dengan penempatan posisi baru itu, jabatan Kapolda Metro Jaya akan kosong. Jabatan Kapolda Metro Jaya rencananya akan diisi oleh Irjen Gatot Eddy Pramono yang saat ini ini menjabat sebagai Asistensi Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri.

Selain pengangkatan Idham, jabatan setingkat perwira menengah juga turut dirotasi. Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Roma Hutajulu akan dipindah jabatan menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Bidang Pidana Umum Bareskrim Polri.

Jabatan Kapolres Metro Jakarta Pusat nantinya akan diisi oleh Kombes Harry Kurniawan yang kini masih menjabat sebagai Kapolres Metro Tangerang Kota.

Kemudian, Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Reza Arief Dewanto dipindah tugaskan menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Brigadir Mobil Korbrimob Polri. Sebagai penggantinya, Kapolres Metro Jakarta Utara akan diisi Kombes Budhi Herdi Susianto.

" Mutasi hal yang biasa dalam organisasi Polri, sebagai tour of duty personel Polri," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, Selasa, 22 Januari 2019.

Dedi berujar, rotasi personel Polri juga bertujuan untuk penyegaran di lingkungan kerja sehingga Korps Bhayangkara itu mampu menjaga dan melindungi masyarakat dengan baik. (ism)

Istri Akui Cemburuan, Daus Mini: Coverboy Sih Nggak ya
Join Dream.co.id