Manfaat Bangsa dan Negara untuk Mewujudkan Kesejahteraan Serta Keadilan Masyarakat

News | Rabu, 1 Desember 2021 18:30

Reporter : Arini Saadah

Apa manfaat bangsa dan negara yang didapatkan oleh masyarakat yang mendiami suatu wilayah tertentu?

Dream - Bangsa merupakan faktor penting untuk membangun dan mendirikan sebuah negara. Indonesia terdiri dari beragam suku yang menyatu menjadi satu kesatuan yaitu bangsa Indonesia.

Di dalam negara, kata bangsa sering berkaitan dengan hidup manusia. Bangsa dapat didefinisikan sebagai sekumpulan orang yang tinggal atau mendiami suatu wilayah, memiliki identitas yang serupa, bahasa yang digunakan sama, dan masih banyak lagi. Sekumpulan orang tersebut berkumpul karena adanya kesadaran untuk bersatu karena memiliki cita-cita yang serupa yang menjadi sebuah kesatuan.

Sedangkan negara adalah organisasi yang dalam sesuatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan itu.

Lantas apa manfaat bangsa dan negara yang didapatkan oleh masyarakat yang mendiami suatu wilayah tertentu? Kali ini Dream akan mengulas tentang manfaat bangsa dan negara serta penjelasan fungsi dan tujuannya.

Manfaat Bangsa dan Negara untuk Mewujudkan Kesejahteraan Serta Keadilan Masyarakat
Ilustrasi Bendera Negara Indonesia. (Foto: Freepik.com)
2 dari 5 halaman

Pengertian Bangsa dan Negara

Sebelum membahas tentang manfaat bangsa dan negara, kamu perlu mengetahui terlebih dahuli definisi dari kata bangsa dan negara itu sendiri.

Pengertian Bangsa

Kata bangsa menurut KBBI didefinisikan sebagai kelompok masyarakat yang memiliki kesamaan asal keturunan, adat, bahasa, serta sejarahnya hingga memiliki suatu pemerintahan sendiri. Otto Bauer mengartikan bangsa sebagai sekumpulan orang yang memiliki kesamaan dalam sifat serta karakter, hal ini disebabkan karena adanya persamaan nasib serta sejarah di masa lampau yang tumbuh serta berkembang di suatu negara.

Selain itu, menurut Hans Kohn, bangsa adalah hasil proses perjuangan hidup manusia yang ada di dalam sebuah sejarah. Bangsa terdiri dari komunitas yang majemuk sehingga tidak dapat dinyatakan dalam matematika. Ada pula penanda dari bangsa yaitu faktor objektif yang menjadi latar belakang serta menjadi sebuah jati diri dari suatu bangsa seperti ras, agama, wilayah, budaya, serta adat istiadat.

Sementara itu menurut Friederich Ratzel, bangsa adalah sekumpulan manusia yang dibentuk berdasarkan keinginannya untuk bersatu yang timbul dengan adanya rasa persatuan antar manusia dan lingkungan tempat tinggalnya.

3 dari 5 halaman

Pengertian Negara

 Ilustrasi© Pexels.com

Menurut Prof. Miriam Budihardjo pengertian negara adalah organisasi yang dalam sesuatu wilayah dapat memaksakan kekuasaannya secara sah terhadap semua golongan kekuasaan lainnya dan yang dapat menetapkan tujuan-tujuan dari kehidupan itu.

Sementara itu, menurut Prof. Dr. J. H. A Logemann, negara adalah organisasi kemasyarakatan (ikatan kerja) yang mempunyai tujuan untuk mengatur dan memelihara masyarakat tertentu dengan kekuasaan. Organisasi itu adalah ikatan-ikatan fungsi atau lapangan – lapangan kerja tetap.

Ada pula pengertian negara dari Harold J. Laski, yaitu suatu masyarakat yang dipadukan karena mempunyai wewenang yang bersifat memaksa yang secara sah lebih agung daripada individu atau kelompok dalam masyarakat.

4 dari 5 halaman

Fungsi Bangsa dan Negara Secara Umum

Manfaat bangsa dan negara akan terasa  jika tujuan dan fungsinya bisa dilaksanakan dengan maksimal. Negara bertujuan menjadi pondasi penting bagi berdirinya sebuah negara. Tiap negara memiliki tujuan yang berbeda-beda. Tujuan tersebut biasanya disesuaikan dengan pandangan dan landasan hidup yang bersumber pada nilai-nilai luhurnya.

Kita tinggal di Indonesia yang memiliki tujuan negara yang tertuang pada pembukaan UUD 1945. Tujuan dari setiap negara dipengaruhi oleh tempat, sejarah pembentukan, dan pengaruh dari penguasa negara yang bersangkutan.

Sementara itu, fungsi negara secara umum adalah, untuk melaksanakan ketertiban dan keamanan, fungsi kemakmuran dan kesejahteraan, fungsi pertahanan dan keamanan serta fungsi menegakkan keadilan.

Tentu saja adanya fungsi pengaturan dan ketertiban sangat penting dalam mencegah bentrokan-bentrokan maupun pertikaian yang mungkin timbul dalam masyarakat. Fungsi kemakmuran dan kesejahteraan memiliki makna negara berupaya agar masyarakat dapat hidup sejahtera, terutama di bidang ekonomi dan sosial masyarakat.

Sementara itu, fungsi pertahanan dan keamanan diperlukan untuk menjaga kemungkinan terjadinya serangan dari luar. Fungsi keadilan memiliki makna negara harus dapat menegakkan hukum secara tegas dan tanpa adanya unsur kepentingan tertentu menurut hak dan kewajiban yang telah dikontribusikan kepada bangsa dan negara.

5 dari 5 halaman

Manfaat Bangsa dan Negara

 Ilustrasi© Unsplash.com

Manfaat bangsa dan negara memang sangat penting untuk diketahui agar masyarakat dan pemerintah mampu melakukan tugas dan fungsinya sebaik mungkin. Diketahui sebelumnya, bahwa bangsa diartikan sebagai kelompok manusia yang mempunyai persamaan identitas seperti bahasa, budaya, ideologi, sejarah dan juga tujuan.

Bangsa dipandang memiliki kesamaan yang fundamental seperti kesamaan asal-usul keturunan. Sebuah bangsa yang memenuhi persyaratan bisa menjadi cikal bakal terbentuknya negara.

Sedangkan negara dimaknai sebagai organisasi kekuasaan raksasa yang memiliki sifat berdaulat dan dilengkapi dengan tata pemerintahan.

Sebuah bangsa juga memiliki aturan atau tata tertib yang harus dipatuhi bersama. Pada akhirnya bangsa yang membentuk sebuah negara sudah pasti tujuan utamanya adalah mengupayakan kesejahteraan bersama.

Dengan demikian, diketahui manfaat bangsa dan negara adalah untuk membentuk pemerintahan yang bekerja mewujudkan kesejahteraan, keadilan dan kemakmuran bersama untuk semua rakyat yang ada di dalam negara tersebut.

Join Dream.co.id