Malaysia Cabut Aturan Wajib Masker Mulai 1 Mei 2022, Bagaimana Indonesia?

News | Jumat, 29 April 2022 14:00

Reporter : Nabila Hanum

Bagaimana dengan Indonesia?

Dream - Malaysia secara resmi akan mencabut pembatasan Covid-19 mulai 1 Mei 2022. Nantinya, warga sudah boleh tidak memakai masker di luar ruangan dan pelancong yang sudah vaksinasi penuh tidak perlu lagi tes Covid-19.

Menteri Kesehatan Malaysia, Khairy Jamaluddin, mengatakan, kewajiban pakai masker hanya diberlakukan di dalam ruangan, termasuk di pusat perbelanjaan dan di transportasi umum.

" Pakai masker di luar ruangan adalah opsional, tetapi tetap dianjurkan," kata Jamaluddin, dikutip dari Liputan6, Jumat 28 April 2022.

Meski begitu, Khairy mendorong warga tetap menggunakan masker apabila berada di tempat ramai, seperti pasar Ramadan, stadion, dan pasar malam.

Malaysia Cabut Aturan Wajib Masker Mulai 1 Mei 2022, Bagaimana Indonesia?
Menggunakan Masker (Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Sedangkan peraturan untuk pelancong, semua protokol pengujian untuk masuk ke Malaysia, baik tes pra-keberangkatan maupun kedatangan, tidak lagi dibutuhkan.

Dengan syarat, pelancong sudah menerima dosis penuh vaksin Covid-19. Peraturan yang sama juga berlaku bagi mereka yang telah pulih dari infeksi Covid-19, enam hingga 60 hari sebelum tanggal keberangkatan.

Semua peraturan tersebut berlaku juga untuk pelancong anak berusia 12 ke bawah.

Namun, bagi pelancong yang belum mendapat vaksin penuh, tetap harus menjalani tes serta wajib karantina selama lima hari.

Khairy lalu menambahkan bahwa asuransi perjalanan tidak lagi menjadi pra-syarat bagi warga negara asing (WNA) untuk masuk ke Malaysia.

3 dari 3 halaman

Bagaimana dengan Indonesia?

Lantas bagaimana dengan Indonesia? Sepertinya kewajiban untuk mengendurkan penggunaan masker masih belum akan dilakukan dalam waktu dekat.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, transisi dari pandemi menuju endemi harus dilakukan secara hati-hati dan bertahap.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan melihat situasi pada masa transisi selama enam bulan ke depan.

" Saya tidak ingin kayak negara-negara lain langsung buka masker, ndak. Ini masih masa transisi, kira-kira enam bulan kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau di luar ruangan buka masker, kalau di dalam ruangan masih pakai masker," ujarnya, Senin 25 April 2022.

Join Dream.co.id