Makam Ipin Upin Buat Warganet Heboh, Ini Penjelasan Keluarga

News | Rabu, 19 Januari 2022 13:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Dua makam itu tak ada hubungannya dengan cerita Ipin dan Upin di film animasi.

Dream - Sepasang makam kecil sempat membuat heboh warganet lantaran bertuliskan Ipin dan Upin. Warganet banyak menyimpulkan karakter kartun itu sebenarnya sudah meninggal.

Belakangan diketahui, makam tersebut tidak berlokasi di Malaysia melainkan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, tepatnya di Pemakaman Umum Uwe Vune di Jalan Bulu Blonga Dupa Indah, Kecamatan Mantikulore. Makam itu pun ramai didatangi orang setelah viral di media sosial.

Keluarga Ipin Upin pun buka suara. Sebenarnya, makam itu tidak ada kaitannya dengan karakter lucu di kartun Malaysia itu.

Paman Ipin Upin, Limiyadin, mengatakan pemberian nama dua makam itu justru terinspirasi dari karakter dua karakter utama film animasi produksi Les Copaque Production tersebut. Pemberian nama dilakukan orangtua keponakannya itu pada 2000 bersamaan dengan perbaikan makam.

" Kedua orangtuanya tidak tahu memberikan nama apa, salah satu keluarga memberikan ide untuk menamai makam ini Ipin Upin," ujar Limiyadin.

 

Makam Ipin Upin Buat Warganet Heboh, Ini Penjelasan Keluarga
Makam Ipin Upin (merdeka.com)
2 dari 7 halaman

Lahir Tidak Bersamaan, Bukan Anak Kembar

Dia menyatakan jasad di dua makam itu adalah kakak beradik. Keduanya tidak lahir bersamaan sebagai anak kembar, pun waktu meninggalnya juga berbeda.

" Upin wafat tahun 1995 karena mengidap suatu penyakit saat usianya belum genap satu tahun," kata dia.

Sementara adiknya, Ipin, meninggal pada 1996. Penyebab meninggalnya adalah penyakit yang sama dengan sang kakak.

Limiyadin menegaskan dua makam ponakannya itu tidak ada hubungan sama sekali dengan film animasi Ipin dan Upin. Hanya terdapat persamaan nama.

" Jadi tidak ada hubungannya, mungkin hanya nama saja yang sama," kata Limiyadin, dikutip dari Merdeka.com.

3 dari 7 halaman

Viral Kuburan Upin Ipin yang Diduga Meninggal 20 Tahun Lalu, Ini Tanggapan Rumah Produksinya

Dream - Karakter Upin dan Ipin, tokoh utama dalam film seri kartun dengan nama judul yang sama, begitu melekat pada anak-anak Indonesia.

Bahkan film kartun buatan Negeri Jiran Malaysia ini juga disukai orang dewasa, baik muda dan tua. Sebagian bahkan tumbuh bersama Upin dan Ipin.

Film ini bercerita tentang kehidupan anak kembar yatim piatu bernama Upin dan Ipin. Mereka tinggal di kampung bersama kakak, dan nenek yang dipanggil Opah.

Namun baru-baru ini pencinta Upin dan Ipin di Indonesia dikejutkan dengan fakta tentang siapa Upin dan Ipin sebenarnya.

4 dari 7 halaman

Makam Anak Kecil Viral Diduga Upin dan Ipin Nyata

Siapa sangka karakter kartun yang lucu dan menghibur ini ternyata terinspirasi dari kisah menyedihkan. Kabar ini terungkap dari video yang viral di TikTok.

 Dua makam anak kecil diduga miliki Upin dan Ipin di dunia nyata.© Video TikTok

Sebuah video yang diunggah akun @bang_along3110 memperlihatkan dua makam anak kecil yang diduga milik Upin dan Ipin di dunia nyata.

Tertulis di batu nisan makam itu Ipin meninggal pada 2 April 1996, sementara Upin setahun sebelumnya yaitu 6 Agustus 1995.

5 dari 7 halaman

Upin dan Ipin Meninggal, Kisahnya Cuma Khayalan

Video tersebut tentu saja mengejutkan dan sempat viral setelah ditonton lebih dari 36 juta kali sehari setelah diunggah.

Dalam video itu diceritakan kalau Upin dan Ipin meninggal dunia karena mengalami kecelakaan bersama kedua orangtuanya.

 Kisah Upin dan Ipin hanya khayalan Opah?© mStar

Sementara kisah Upin dan Ipin yang sekarang diceritakan dalam film kartun itu hanyalah khalayan Opah belaka.

 Kisah Upin dan Ipin hanya khayalan Opah?© mStar

Bang Along juga menyatakan bahwa video makam Upin dan Ipin tersebut diperoleh dari temannya yang berasal dari Malaysia.

" Video ini Along dapat dari temen yang juga orang Malaysia. Katanya ini berdasar kisah dari nenek di sana yang diadaptasikan ke dalam animasi," tulis Bang Along.

6 dari 7 halaman

Tanggapan Rumah Produksi Pembuat Upin Ipin

Unggahan Bang Along ini ternyata mendapat tanggapan dari Burhanuddin Md Radzi, Managing Director Les' Copaque Production Sdn Bhd.

Seperti diketahui jika film kartun anak-anak Upin dan Ipin ini diproduksi oleh Les' Copaque Production, rumah produksi asal Malaysia.

Melalui akun Facebook pribadinya, Haji Burhanuddin yang juga pengisi suara Atok Dalang sepertinya berusaha menenangkan para penggemar Upin dan Ipin.

7 dari 7 halaman

Penggemar Tidak Usah Bimbang

Atok yang mengakui terkejut dengan berita viral itu memberitahu penggemar Upin dan Ipin agar tidak bimbang dan khawatir dengan kabar angin tersebut.

" Pagi tadi, Atok (panggilan akrabnya) kaget membaca berita dari Jakarta bahwa Upin Ipin meninggal karena kecelakaan.

“ Untuk semua penggemar Upin Ipin jangan khawatir, mereka selalu sehat dan akan tampil bersama teman-teman di musim baru.

“ Akan lebih menarik dengan standar animasi yang meningkat pesat. Terima kasih atas perhatiannya kepada semua penggemar Upin Ipin," tulis Atok panjang lebar.

Jadi, sekarang penggemar Upin dan Ipin mungkin sedikit lega kalau kisah di film itu bukan berdasarkan khayalan seorang nenek yang ditinggal kedua cucunya.

Sumber: mStar

Join Dream.co.id