PPKM Segera Dilonggarkan, Bukan Dihapus

News | Senin, 9 Mei 2022 15:51

Reporter : Nabila Hanum

Kabar baik, PPKM segera dilonggarkan.

Dream - Pemerintah memastikan akan segera melakukan relaksasi atau pelonggaran kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejalan dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia.

" Relaksasi PPKM akan dipermudah, dilonggarkan namun akan tetap mengikuti standar protokol kesehatan," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers, Senin 9 Mei 2022.

Keputusan tersebut diambil setelah melihat kondisi pandemi Covid-19 dalam dua minggu terakhir. Mulai dari kasus positif, tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit, hingga angka kematian.

PPKM Segera Dilonggarkan, Bukan Dihapus
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Youtube Sekretariat Presiden)
2 dari 3 halaman

Namun, Luhut menegaskan PPKM di Jawa-Bali akan terus diberlakukan. Presiden Jokowi akan memimpin langsung evaluasi penerapan PPKM tersebut.

" Pemerintah juga menegaskan hingga hari ini masih akan terus memberlakukan PPKM Jawa-Bali hingga waktu yang belum ditentukan dan juga mengikuti hasil evaluasi secara reguler yang dipimpin langsung oleh presiden," ujarnya.

Nantinya ketentunya tersebut akan dikeluarkan dalam Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan Instruksi Menteri Dalam Negeri.

 

3 dari 3 halaman

Dalam kesempatan itu Luhut juga memaparkan kondisi Covid-19 di sejumlah wilayah di Jawa-Bali.

Hingga 7 Mei 2022, katanya, tidak ada lagi kabupaten/kota berstatus PPKM level 4. Adapun kabupaten/kota yang berstatus level 3 hanya tersisa 1 wilayah yakni di Pamekasan, Jawa Timur.

" Tidak ada kabupaten/kota di level 4, hanya ada kabupaten Pamekasan yang berada pada level 3 akibat level vaksinasi yang belum memadai," jelasnya.

Terkait
Join Dream.co.id