Lokasi Makam Abu Jahal, Musuh Abadi Rasullullah

News | Sabtu, 27 Februari 2021 06:01
Lokasi Makam Abu Jahal, Musuh Abadi Rasullullah

Reporter : Ulyaeni Maulida

Abu Jahal adalah salah satu musuh Rasulullah SAW dalam Perang Badar.

Dream – Kisah Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam penuh dengan perjuangan dan rintangan. Begitu banyak orang yang menentang ajaran beliau. Salah satunya Abu Jahal.

Abu Jahal adalah salah satu musuh Rasulullah SAW dalam Perang Badar. Abu Jahal tewas dalam peperangan tersebut. Makam Abu Jahal pun diketahui berada di Kota Badar.

Bagaimana potret makam Abu Jahal musuh dari Rasulullah SAW? Simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari Youtube Bang Hasibuan.

2 dari 4 halaman

Arti Nama Abu Jahal

 Makam Abu Jahal
© Foto: Youtube/Bung Hasibuan

Sembari berjalan menuju lokasi diperkirakan sebagai makam Abu Jahal, Bung Hasibuan bercerita asal muasal nama 'Abu Jahal'.

" Kita akan tuju supaya menjadi pelajaran bagi kita kuburan orang-orang kafir yang tewas di Padang Badar. Termasuk juga ada yang selalu memusuhi Rasulullah SAW yang bernama Abu Jahal," kata Bung Hasibuan.

" Kenapa dia dikatakan Abu Jahal? Karena sebenarnya arti Abu Jahal itu bapaknya kebodohan. Termasuk dahulu kisahnya ternyata dia melakukan sifat ataupun hal kebodohan yang pernah dia lakukan. Termasuk di saat dahulu dia menyiksa seorang wanita muslimah yang pertama Syahidah dalam Islam yang bernama Sumayyah. Ketika itu Sumayyah sudah masuk Islam, maka Abu Jahal sangat marah. Sehingga dia menyiksa Sumayyah ini seorang wanita tua juga dan dengan sifat kebodohannya, dia tombak kemaluan Sumayyah. Sehingga akhirnya Sumayyah menjadi Syahidah ataupun Syahid dalam Islam. Karena itu Rasulullah menggelari dia dengan Abu Jahal yaitu bapaknya kejahilan," jelasnya.

3 dari 4 halaman

Kematian Abu Jahal

 Makam Abu Jahal
© Foto: Youtube/Bung Hasibuan

Menjelang kematiannya, Abu Jahal masih tetap mengaku diri sebagai musuh abadi Nabi Muhammad SAW. Hal ini pun diceritakan oleh pemilik akun Youtube Bung Hasibuan tersebut.

" Di Perang Badar Akhirnya mereka pun mencari-cari di mana itu Abu Jahal. Di saat Abdurrahman bin Auf sudah melihat Abu Jahal karena sudah terdengar suara dari orang-orang kafir ketika itu. Di saat dahsyat nya Perang Badar ada suara 'Lindungi Abu Jahal. Lindungi Abu Jahal' seperti itu. Di saat itu Abdurrahman bin Auf melihat Abu Jahal maka dia panggil tuh Muaz dan Muawwiz, dua remaja yang berambisi untuk membunuh Abu Jahal. 'Wahai Muaz Muawwiz di sini dia Abu Jahal' maka saat itu juga langsung dua remaja ini berlari sangat kencang seperti anak panah. Langsung menuju ke Abu Jahal dan saat itu juga mereka menikam pahanya karena dia di atas kuda dan Abu Jahal pun langsung jatuh ke bawah terluka," paparnya.

" Maka seterusnya datang Abdullah bin Mas'ud juga yang akan memenggal lehernya Abu Jahal ketika itu. Di saat akan dipenggal lehernya, maka Abu Jahal masih sempat berkata 'Wahai Abdullah sebelum engkau bunuh aku, sampaikan ke Muhammad saya adalah musuh abadinya'. Padahal ketika itu pedang yang sangat tajam akan siap memutuskan lehernya. Maka Abdullah bin Mas'ud pun langsung memenggal leher Abu Jahal ketika itu juga," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Makam Abu Jahal

 

Sebagian ahli sejarah mengatakan perkiraan lokasi makam Abu Jahal. Tah hanya itu, lokasi tersebut juga menjadi makam 70 pasukan Abu Jahal yang merupakan orang-orang kafir.

" Nah ini saudaraku, diperkirakan sebagian ahli sejarah mengatakan di bawah sana itu kuburan dari pada Abu Jahal sang musuh abadi Rasulullah SAW. Dan juga demikian dengan 70 pasukan orang-orang kafir yang tewas di Perang Badar diperkirakan makamnya di bawah sini," katanya sembari menunjuk dan berjalan ke lokasi makam Abu Jahal.

Tak ada yang istimewa. Makam tersebut justru terlihat sangat buruk. Hanya diisi oleh bongkahan batu dan juga pohon kering. Bahkan, di atas tanah tersebut juga tumbu pohon berduri yang cukup banyak.

 

Join Dream.co.id