Lebih Ganas dari Corona, Virus Ini Bikin Manusia Jadi Zombie

News | Jumat, 10 Juli 2020 17:30
Lebih Ganas dari Corona, Virus Ini Bikin Manusia Jadi Zombie

Reporter : Sugiono

Wabah zombie bisa saja terjadi, dan hanya perlu menunggu evolusi virus atau parasit tertentu untuk mewujudkannya.

Dream - Selama ini zombie hanya ada di film-film Hollywood. Banyak yang merasa ngeri jika virus yang menyebabkan orang jadi zombie muncul di dunia nyata.

Tapi para ilmuwan baru-baru ini membuat penemuan yang cukup mengejutkan tentang parasit yang bisa mengendalikan otak makhluk yang jadi tempat tinggalnya.

Tidak itu saja, mereka juga percaya bahwa virus yang selama ini jadi sumber penyakit bisa berevolusi dan mengubah manusia menjadi makhluk mirip zombie.

2 dari 5 halaman

Diberi Infeksi Parasit, Tikus Tak Takut Kucing

Dalam sebuah percobaan, para ilmuwan University of California menemukan bahwa parasit yang dikenal sebagai toxoplasmosa gondii diketahui mampu menginfeksi dan mengendalikan otak tikus.

Parasit toxoplasmosa gondii dapat memanipulasi perilaku hewan pengerat itu sehingga membuatnya tidak takut meski ada kucing di sekitarnya.

Yang membuat para ilmuwan ngeri adalah parasit itu memiliki kemampuan untuk membuat tikus berjalan menuju kucing yang akan memangsanya.

Namun, yang lebih mengkhawatirkan para ilmuwan adalah kemiripan otak tikus dan manusia. Karena mirip itulah mereka menggunakan tikus dalam percobaannya.

3 dari 5 halaman

Parasit Ambil Alih Tubuh Manusia Jika Imunnya Lemah

Diyakini bahwa separuh manusia di seluruh dunia memiliki versi parasit yang tidak aktif pada otak mereka dalam bentuk kista yang tidak berbahaya.

Meskipun demikian, bagi beberapa orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, parasit tersebut bisa mengambil alih. Hal ini terlihat pada pasien dengan skizofrenia dan kecenderungan bunuh diri.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa parasit toxoplasmosa gondii lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya.

4 dari 5 halaman

Parasit Berbahaya jika Aktif di Otak Manusia

Wendy Ingham, yang terlibat dalam penelitian ini, memperingatkan bahwa parasit toxoplasmosa ini sangat berbahaya jika sudah aktif di otak manusia.

" Mengetahui bahwa parasit lebih mengenal otak kita daripada kita sendiri, dan memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan dalam perilaku tikus yang rumit, benar-benar menarik.

" Toxoplasma telah melakukan pekerjaan yang fenomenal dalam mempelajari otak mamalia untuk meningkatkan penularannya melalui siklus hidup yang rumit," kata Ingham.

5 dari 5 halaman

Jika Berevolusi, Rabies Bisa Mengubah Manusia jadi Zombie

Sementara itu, ilmuwan lainnya yakin bahwa virus yang selama ini jadi sumber penyakit mampu mengendalikan tingkah laku manusia setelah mengalami evolusi.

Dr. Ben Neuman, seorang profesor virologi di University of Reading, percaya bahwa virus seperti rabies dapat berevolusi dan menyetir umat manusia.

" Ada parasit di luar sana yang hampir punya kemampuan memunculkan fenomena zombie dalam dunia nyata," katanya.

Dia mencontohkan penyakit rabies yang disebabkan oleh virus yang ada pada mulut anjing dan binatang liar lainnya.

" Coba lihat rabies yang mampu mengubah perilaku anjing. Penyaki ini ditransmisikan melalui gigitan, yang mengarah kepada kegilaan dan kejang-kejang.

" Tapi ada lebih banyak virus di luar sana yang menunggu untuk ditemukan, dan saya bertaruh bahwa di suatu tempat di alam, sesuatu seperti itu sedang terjadi," pungkas Dr. Neuman.

Sumber: Express.co.uk

Join Dream.co.id