Lebih dari 1000 Orang di Pelabuhan Sunda Kelapa Ikuti Vaksinasi Massal

News | Kamis, 10 Juni 2021 19:00
Lebih dari 1000 Orang di Pelabuhan Sunda Kelapa Ikuti Vaksinasi Massal

Reporter : Arini Saadah

Jokowi tinjau vaksinasi massal di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Terminal Kampung Rambutan.

Dream - Presiden Joko Widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis 10 Juni 2021. Sekitar 1.000 lebih orang ikut dalam vaksinasi massal tersebut.

Vaksinasi dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut. Menurut Jokowi, mobilitas masyarakat yang tinggi di sana berpotensi besar menimbulkan penularan Covid-19 antara ABK Kapal dengan petugas bongkar muat barang.

“ Saya berkungjung untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi di pelabuhan sunda kelapa, yang ditujukan untuk para pekerja pelabuhan dan juga warga masyarakat di sekitar pelabuhan sunda kelapa,” tutur Jokowi dalam keterangan pers di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

“ Vaksinasi ini dilakukan untuk mencegah penyebaran covid terutama mereka adalah orang yang interaksinya tinggi, baik sebagai ABK, maupun pekerja bongkar muat yang kapalnya berasal dari pulau yang lain.

Dari pelaksanaan vaksinasi tersebut diharapkan bisa memberikan perlindungan bagi warga di pelabuhan dan bahkan bisa berlanjut hingga bertambah jumlahnya.

“ Sehingga dengan vaksinasi ini diharapkan ada perlindungan bagi pekerja di Sunda Kelapa ini dan penyebaran covid-19 bisa dicegah,” tegasnya.

2 dari 3 halaman

Terminal Kampung Rambutan

 Ilustrasi
© YouTube/Sekretariat Presiden

Sebelum memantau vaksinasi di Tanjung Priok, Presiden Jokowi sempat meninjau vaksinasi massal di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Vaksinasi tersebut diperuntukkan bagi para pelaku transportasi dan pelaku Usaha Mikro kecil dan Menengah di dekat Terminal Kampung Rambutan.

Jokowi menjelaskan perlunya melakukan vaksinasi di lokasi tersebut, sebab tingginya mobilitas ke luar kota dan interaksi masyarakat yang juga berpotensi menularkan virus corona.

“ Kenapa kita berikan vaksinasi disini, karena para pelaku (usaha transportasi) disini adalah yang interaksinya sangat tinggi dengan masyarakat, dan mobilitas ke luar kota sangat tinggi, sehingga kita berikan prioritas,” jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Vaksinasi Pelaku Usaha Transportasi dan UMKM

 Ilustrasi
© YouTube/Sekretariat Presiden

Masyarakat yang mendapat vaksin dalam kesempatan tersebut adalah para sopir angkutan, baik kernet maupun sopir, dan juga masyarakat di sekitar terminal.

Pemerintah berharap dengan vaksinasi massal terhadap sekitar 1000 warga di Terminal Kampung Rambutan mampu memberikan perlindungan dari penyebaran Covid-19.

“ Kita harapkan dari kurang lebih 1000 pada hari ini yang divaksinasi, ini akan memberikan perlindungan terhadap penyebaran covid-19,” pungkasnya.

Hadir mendampingi presiden Jokowi dalam peninjauan tersebut adalah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Tak hanya memprioritaskan suntikan vaksin kepada lansia, vaksinasi Covid-19 juga diberikan kepada kalangan seniman, pelaku wisata, dan juga jasa transportasi. Pemerintah RI menargetkan setidaknya 181,5 juta penduduk menerima vaksinasi, sehingga terciptalah kekebalan kelompok.

 

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

Join Dream.co.id