Laporkan Grup Facebook, Siswa Tangerang Jadi Buronan Internasional

News | Sabtu, 18 Mei 2019 16:31
Laporkan Grup Facebook, Siswa Tangerang Jadi Buronan Internasional

Reporter : Ahmad Baiquni

Ulah MS membuat ngamuk netizen di sejumlah negara.

Dream - Seorang siswa asal Tangerang, diketahui bernisial MS, dikabarkan menjadi buronan internasional. Sebabnya, dia telah melaporkan sejumlah grup dengan tudingan SARA sehingga sehingga ditutup paksa oleh Facebook tanpa pemberitahuan.

Dikutip dari The Verge, Kasus ini bermula pada 13 Mei 2019. Saat itu sejumlah grup besar seperti Crossover Nobody Asked For (CNAF), Non Sense Memes, dan lainnya tiba-tiba dinonaktifkan oleh Facebook. Dasarnya adalah laporan konten SARA dari MS yang mengaku sebagai anggota Indonesian Reporting Commision (IReC).

Facebook mendeteksi adanya pelanggaran ketentuan komunitas pada grup-grup besar itu. Padahal, seluruh konten yang ada pada grup-grup tersebut sama sekali tidak melanggar dan sesuai ketentuan.

Hal ini memicu kemarahan dari netizen global juga Indonesia sendiri. Banyak dari member grup tersebut mengincar MS, bahkan ada yang sampai membuat sayembara berhadiah.

Profil MS pun terlacak dan tersebar di dunia maya, mulai dari nama keluarga, data kependudukan, alamat rumah, hingga alamat sekolah. Dia ternyata masih berusia 18 tahun.

 

2 dari 3 halaman
Belum Selesai, Pembangunan MRT Fase 2 Baru Dimulai
Join Dream.co.id