Lantunan Quran Dua Hafiz Cilik Indonesia Buat Haru Muslim Moskow

News | Rabu, 24 Oktober 2018 07:01
Lantunan Quran Dua Hafiz Cilik Indonesia Buat Haru Muslim Moskow

Reporter : Maulana Kautsar

Lantunan Surat Ar Rahman membuat pengunjung terharu.

Dream - Lantunan ayat Quran dari dua hafiz cilik Indonesia, Muhammad Ghozali Akbar, 10 tahun, dan Kamil Ramadhan, 11 tahun bergema di puncak MTQ Internasional Moskow ke-19 di Moskow, Rusia, Minggu, 21 Oktober 2018. Ghozali dan Kamil merupakan undangan khusus dari Dewan Mufti Rusia.

" Kami datang dari Indonesia ke Moskow, Rusia ingin memberikan hal yang berharga, berupa cinta kasih kami dan lantunan ayat-ayat suci Al-Quran,” kata Ketua Yayasan Wakaf De Muttaqin Pesantren Yatim Tahfizil, Ike Muttaqin, dikutip dari laman kemlu.go.id, Selasa, 23 Oktober 2018.

Dalam acara puncak itu tampak 6.000 masyarakat muslim hadir. Mereka memadati gedung Crocus City Hall.

Dalam kesempatan itu, Ghozali dan Kamil melantunkan Surat Ar Rahman ayat 1 sampai 40. Dilaporkan, banyak pengunjung yang hadir terharu karena mendengar lantunan dan kemampuan dua hafiz cilik ini.

Ike bersyukur, kiprah Ghozali dan Kamil diapresiasi dan memotivasi orang lain untuk mencintai Alquran.

Duta Besar Indonesia untuk Federasi Rusia merangkap Republik Belarus, M. Wahid Supriyadi, bangga dengan kemampuan yang dimiliki Ghozali dan Kamil. Dia menyebut, keikutsertaan Ghozali dan Kamil akan mendekatkan hubungan Indonesia dengan Rusia, dan masyarakat Muslim dunia.

" Untuk pertama kalinya panitia mengundang dua hafiz cilik dari Indonesia dan ini merupakan pengakuan luar biasa kepada Indonesia,” kata Wahid.

2 dari 2 halaman

Wakil Indonesia Belum Sukses

MTQ Internasional Moskow ke-19 yang diselenggarakan oleh Dewan Mufti Rusia berlangsung pada 18 hingga 21 Oktober 2018 dan diikuti oleh 33 peserta dari 33 negara. 

Indonesia diwakili Muhamad Adbul Faqih dari Jawa Tengah. Meskipun belum berhasil menjadi yang terbaik, kehadirannya turut menyemarakan lomba dan mempererat ukhuwah Islamiah.

Pada lomba kali ini, juara pertama diraih oleh Al-Awsagi Abdulhakim dari Yaman, peringkat kedua oleh Muhammad Abdulkadir dari Tunisia, dan posisi ketiga oleh Waleed Al Marzouqi dari Uni Emirat Arab.

Salah satu dewan juri MTQ adalah Said Aqil Husin Al Munawar dari Indonesia yang pernah menjabat Menteri Agama 2001 hingga 2004.

Rusia merupakan negara berpenduduk muslim terbesar di Eropa yang berjumlah sekitar 25 juta orang atau 17 persen dari keseluruhan jumlah penduduk Rusia. Islam merupakan agama yang berkembang dan saat ini terdapat lebih dari 7 ribu masjid di Rusia.​

 

Join Dream.co.id