Kuota Haji Tambahan 10 Ribu Diprioritaskan untuk Lansia

News | Sabtu, 27 April 2019 06:00
Kuota Haji Tambahan 10 Ribu Diprioritaskan untuk Lansia

Reporter : Ahmad Baiquni

Lukman meminta Kanwil di setiap provinsi untuk proaktif memberitahu jemaah lansia, terutama di pelosok.

Dream - Kementerian Agama mendistribusikan 10 ribu kuota haji tambahan secara proporsial ke seluruh provinsi. Kuota ini diprioritaskan kepada calon jemaah haji yang masuk kategori lansia.

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, pun meminta setiap Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag untuk proaktif. Sehingga para jemaah lansia dapat segera diberangkatkan.

" Jemaah lansia harus menjadi prioritas penambahan kuota haji tahun ini. Saya minta Kanwil dan Kankemenag proaktif 'menjemput bola', khususnya memberitahu kepada jemaah haji lansia yang mayoritas berada di daerah pedalaman dan terpencil di Indonesia," ujar Lukman, dikutip dari Kemenag.go.id.

Menurut Lukman, alokasi kuota tambahan didasarkan pada lama masa tunggu keberangkatan di tiap provinsi. Saat ini, masa tunggu terlama dialami calon jemaah haji asal Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan yang mencapai 30 tahun.

Penambahan kuota haji, tambah Lukman, berdampak pada konfigurasi pengkloteran. Ini karena penambahan terjadi di masa-masa akhir persiapan.

Sehingga, Kemenag harus membuat persiapan kloter secara lebih maksimal. Selain itu, pengaturan sistem zonasi mengalami perubahan agar distribusi layanan haji dapat terbagi secara merata. 

Suasana Ambon Usai Gempa di Laut Banda
Join Dream.co.id