Kronologi Masuknya Varian Virus Corona Baru B117 ke Indonesia

News | Kamis, 4 Maret 2021 13:00
Kronologi Masuknya Varian Virus Corona Baru B117 ke Indonesia

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Jubir vaksinasi Covid-19 Kemenkes mengungkapkan kronologi terdeteksinya varian baru virus penyebab Covid-19 itu.

Dream - Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, mengungkapkan kronologi terdeteksinya B117, varian baru virus corona, di Indonesia pada awal Februari 2021.

" Awal Februari (1 Februari 2021), itu tanggal saat sampel swab diambil," kata Nadia dikutip dari Merdeka.com, Kamis 4 Maret 2021.

Menurut dia, varian baru corona B117 masuk ke Indonesia melalui WNI yang baru saja melakukan perjalanan dari Arab Saudi.

" Betul, pelaku perjalanan dari Arab Saudi," ujar Nadia.

2 dari 5 halaman

Dibawa WNI dari Arab Saudi

Dia menyebut, virus corona varian B117 terdeteksi saat WNI mengikuti proses surveilans genom sequensing. Surveilans dilakukan pemerintah untuk mengecek setiap sampel pelaku perjalanan internasional menggunakan polymerase chain reaction (PCR).

" Jadi varian baru ditemukan saat kita melakukan surveilans genom sequensing pada sampel pelaku perjalan dari Arab Saudi," jelas Nadia.

Varian baru Corona B117 di Indonesia awalnya diungkap Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono. Dante menyebut, ditemukan dua kasus mutasi virus Corona B117 pada Senin, 1 Maret 2021.

" Tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," ujarnya saat memberikan sambutan dalam acara Satu Tahun Pandemi Covid-19, Selasa 2 Maret 2021.

3 dari 5 halaman

Belum Ada Kasus Baru

Menurut Nadia, belum ditemukan lagi varian baru Corona yang masuk ke Indonesia. Pemerintah, lanjut dia, terus memperkuat surveilans di pintu masuk Indonesia untuk mendeteksi varian baru corona.

" Sampai sekarag belum ada lagi (varian baru corona B117 yang masuk ke Indonesia)," ujar Nadia.

Sumber: liputan6.com

4 dari 5 halaman

Covid-19 Varian Baru Muncul di Karawang, Ridwan Kamil Minta Saran Penanganan

Dream - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan dua WNI asal Karawang teridentifikasi telah terinfeksi virus corona B117, varian baru yang muncul di Inggris. Dia menyatakan kasus ini merupakan impor, bukan penularan lokal.

" Virus varian UK 117 terdeteksi ada di Karawang dari warga Karawang yang bepergian dengan pesawat Qatar Airways. Sesuai prosedur mendarat kemudian diisolasi 10 hari sudah dilaksanakan. Namun ternyata isolasi 10 hari sudah tetapi virusnya tidak mau hilang," ujar Ridwan dalam konferensi pers disiarkan channel YouTube Humas Jabar, Rabu 3 Maret 2021.

Dia pun meminta kepala daerah dan aparat kewilayahan di Karawang untuk bergerak cepat mengatasi temuan mutasi virus Corona B117. Jangan sampai penyebaran terjadi secara meluas.

" Saya titip kepada Bupati Karawang, kepada Dandim, Kapolres dan seluruh jajaran jangan sampai kecolongan membesar sampai akhirnya kita tidak bisa mengendalikan. Mumpung masih kecil bisa segera kita deteksi. Kita tahu kalau sudah telat harga treatmentnya mahal sekali," kata Ridwan.

5 dari 5 halaman

Minta Warga Tidak Panik

Ridwan juga meminta warga Jabat tetap tenang dan tidak panik. Langkah-langkah antisipasi telah dilakukan sejak awal.

Pihaknya juga meminta saran para ahli di Dinas Kesehatan dan tim peneliti Universitas Padjadjaran (Unpad) untuk mengetahui apakah penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang umum seperti 3M dan 3T masih berlaku sama atau tidak.

Sebab, ini mengingat kemampuan virus corona tipe B117 untuk menyebar jauh lebih cepat. 

" Treatment-nya, kami meminta Dinas Kesehatan dan Unpad untuk melakukan kajian kalau virus itu datang ke Jawa Barat bagaimana nasihat buat kami-kami, bagaimana meresponsnya apakah treatment-nya sama apakah tidak. Kami sedang menunggu kajian," katanya.

Join Dream.co.id