Detik-detik Mengerikan Kecelakaan Maut Tol Cipularang

News | Selasa, 3 September 2019 12:01
Detik-detik Mengerikan Kecelakaan Maut Tol Cipularang

Reporter : Maulana Kautsar

Dari video yang beredar di media sosial, dump truck menyeruduk puluhan mobil.

Dream - Detik-detik kecelakaan di Tol Cipularangan Kilometer 91.400 beredar di media sosial. Ada dua video yang menggambarkan proses kecelakaan.

Video yang diunggah korban kecelakaan dan saksi mata di jalur Jakarta-Bandung, juga dari arah sebaliknya.

Video pertama, yang diunggah korban, salah satunya muncul di akun Instagram @lintas.patroli. Dari video itu menunjukkan si perekam berada di arah dump truck pengangkut tanah yang terguling.

Mobil yang ditumpangi si perekam melambat karena ada truk yang terguling. Tak diketahui penyebab truk terguling. 

Perekam menumpang di salah satu mobil yang mengantre. Saat mobil yang dikendarai perekam itu mulai mengerem dan antre, tiba-tiba gambar tak beraturan terekam. Sekilas terlihat kaca mobil pecah dan penumpang keluar dari mobil.

2 dari 6 halaman

Proses Tabrakan

Teka teki proses kecelakaan yang dialami perekam dan mobil-mobil lain itu terjawab di unggahan Instagram @dashcam_owners_indonesia.

Seorang pengemudi dari arah sebaliknya, Jakarta-Bandung merekam penyebab beberapa mobil terhalang lajunya. Sebuah truk terguling melintang di jalan Tol Cipularang.

      View this post on Instagram

Detik-Detik Kecelakaan di Tol Cipularang KM 91

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia) on

Pasir beramburan di jalan tol arah Bandung. Mobil-mobil lain di depan mobil si perekam berjalan pelan.

Tiba-tiba mobil truk berkecepat tinggi melaju diikuti debu. Truk tersebut menabrak mobil-mobil di depannya.

Tampak jelas truk warna hijau, mobil box putih, dan bus Budiman, secara beruntun ditabrak.

 

3 dari 6 halaman

Saksi Mata

Seorang pekerja proyek pondasi penahan jalan di Tol Cipularang, Rita Sugiarto, menyaksikan sendiri peristiwa traumatis itu.

" Saya lihat dump truck dari arah atas (Bandung) oleng menabrak pembatas jalan, pokoknya cepat, suaranya keras," kata Rita, dilaporkan Liputan6.com.

Rita menyebut, kejadian tersebut berlangsung cepat. Dia mendengar dua kali ledakan terjadi.

" Saya lihat api tiba-tiba muncul, dan ada suara duar dari kendaraan," kata dia.

Peristiwa itu terjadi di area tempat proyek pembangunan berlangsung. Rita mengatakan, pasca kejadian para pekerja proyek membantu evakuasi korban.

" Ketika menyelamatkan balita, dari salah satu kendaraan, waktu itu ibunya minta tolong karena tangannya kesakitan," ujar dia.

4 dari 6 halaman

21 Mobil Ringsek

Dream - Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius memperkirakan jumlah kendaraan yang terlibat kecelakaan di Cipularang mencapai 21 kendaraan. Meski demikian, polisi masih mendata detailnya.

" Empat di antaranya terbakar, tiga kendaraan penumpang, kendaraan pribadi, satu truk," kata Matrius.

Dugaan awal, kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang akibat dump truck yang terguling di ruas tol. Akibat kondisi itu, kendaraan lain yang berada di jalur berhenti secara tiba-tiba.

" Kecelakaan ini sedang kita selidiki khusus, namun di depan kita lihat ada dump truk terguling dan terguling karena apa. Sehingga kendaraan yang dibelakang mengerem mendadak," ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi.

(ism, Sumber: Liputan6.com/Nanda Perdana Putra)

 

5 dari 6 halaman

9 Orang Meninggal, Belasan Luka-luka

Korban meninggal dunia akibat kecelakaan di Tol Cipularang KM91.400 bertambah menjadi sembilan orang.

" Jumlah korban meninggal dunia sembilan orang, luka berat delapan orang," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat, Divisi Humas Polri, Brigjen Dedi Prasetyo.

Korban kecelakaan maut di Cipularang dibawa ke tiga rumah sakit di Kabupaten Purwakarta, RS Thamrin, RS Bayu Asih, RS Siloam, dan RS Bhakti Husada.

6 dari 6 halaman

Rentetan Kecelakaan di Tol Cipularang Sejak 2012

Menurut Liputan6.com, Pada tahun yang sama, kendaraan travel jurusan Kebumen-Jakarta hilang kendali di KM93 sehingga menabrak bagaian belakang truk. Enam orang meninggal dunia.

Pada 2012, tujuh orang meninggal dunia saat bus secara tiba-tiba oleng dan menabrak tronton pengangkut pasir. Kecelakaan itu terjadi di KM100 Tol Cipularang.

Pada 2013, kecelakaan terjadi antara Daihatsu Xenia dengan Nissan Juke di KM135. Nissan Juke yang kehilangan kendali masuk ke jalur berlawanan dan menabrak Daihatsu Xenia, akibatnya enam orang meninggal dunia.

Tiga orang meninggal dunia saat sebuah minibus terlibat kecelakaan dengan truk tronton di Tol Cipularang kilometer 87. Melaju dari arah Bandung dengan kecepatan tinggi minibus tak bisa mengendalikan kendaraannya dan menabrak bagian belakang truk tronton pada 2014.

Sebuah truk secara tiba-tiba oleng ke kanan dan menabrak kendaraan lain yang ada di depannya. Terjadi di kilometer 93, dua orang dilaporkan meninggal dunia akibat kecelakaan tersebut.

Terjadi di kilometer 91, kecelakaan beruntun yang melibatkan 11 unit kendaraan menyebabkan 4 orang meninggal dunia pada tahun 2017 lalu.

Tahun 2019 kecelakaan di Tol Cipularang kembali terjadi setelah Bus Bima Suci jurusan Bandung-Merak masuk jurang di kilometer 70 dan menyebabkan 7 orang penumpangnya meninggal dunia.

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id