Kota di AS Ini Akan Melihat Matahari Lagi Saat Joe Biden Resmi Jadi Presiden

News | Senin, 23 November 2020 10:01
Kota di AS Ini Akan Melihat Matahari Lagi Saat Joe Biden Resmi Jadi Presiden

Reporter : Ahmad Baiquni

Utqiagvik mengalami fenomena alam yang disebut polar night.

Dream - Utqiagvik, sebuah kota di Alaska, Amerika Serikat, tidak akan mengalami siang hari selama dua bulan ke depan. Peristiwa ini dimulai sejak Kamis pekan lalu, yang menjadi hari terakhir munculnya matahari.

Kota kecil yang terletak di Lingkar Arktik ini telah memasuki fase kegelapan tahunan yang dikenal dengan pholar night. Ini merupakan fenomena alam yang biasa terjadi di kota yang dulu dikenal dengan Barrow tersebut.

" Polar night merupakan fenomena normal yang terjadi setiap musim dingin bagi Barrow (Utqiagvik), dan kota-kota lain di Lingkar Arktik," ujar Meteorolog CNN, Allison Chinchar.

Fenomena ini terjadi akibat kemiringan poros bumi. Hal itu menyebabkan cakram matahari tidak terlihat di cakrawala.

 

2 dari 3 halaman

Tak Sepenuhnya Gelap

Tetapi, kondisi itu tidak membuat siang hari Utqiagvik benar-benar gelap. Sebagian besar waktu siang akan mengalami periode civil twilight.

" Pikirkan seperti apa langit sebelum matahari terbit, atau setelah matahari terbenam. Itulah yang mereka lihat selama beberapa jam sehari, dari sekarang hingga 22 Januari, ketika matahari " secara resmi terbit" lagi," kata Chinchar, dikutip dari CNN.

Sementara mengutip laman Forbes, Utqiagvik akan menjadi kota yang menyambut kehadiran presiden baru Amerika Serikat dengan melihat lagi munculnya sang matahari. Diketahui, inagurasi pengambilan sumpah Joe Biden sebagai presiden ke-46 AS akan dilaksanakan pada 20 Januari 2021.  

 

3 dari 3 halaman

Ada Kota Lain yang Alami Hal Serupa

Utqiagvik bukanlah satu-satunya kota yang di Alaska yang mengalami fenomena tersebut. Tetapi menjadi lokasi pertama yang mengalami polar night karena letaknya yang jauh di utara.

Bagi penduduk Utqiagvik, kehidupan burung hantu menjadi hal yang menyenangkan diikuti. Jika hal itu tak lagi menarik, mereka selalu ingat pada musim panas.

Pada musim panas, peristiwa yang sebaliknya justru terjadi. Kota kecil itu akan mengalami siang hari selama 24 jam penuh.

Join Dream.co.id