Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Ziarah dan Kepulangan PMI Diduga Picu Lonjakan Covid-19 di Kudus dan Bangkalan

Ziarah dan Kepulangan PMI Diduga Picu Lonjakan Covid-19 di Kudus dan Bangkalan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin

Dream - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan terjadi peningkatan kasus Covid-19 cukup tinggi di Kudus, Jawa  Tengah dan Bangkalan, Madura. Hanya dalam waktu 1,5 pekan usai Lebaran, kata Budi, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit di dua daerah tersebut mengalami lonjakan sangat tinggi.

"Kudus sebelumnya rumah sakitnya hanya terisi sekitar 40-an, kemudian dalam 1,5 minggu terakhir naik cukup tinggi sampai sekitar 350-an," ujar Budi dalam konferensi pers disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Demikian halnya dengan kondisi di Bangkalan. Sebelum munculnya peningkatan kasus Covid-19, tempat tidur ruang isolasi di Bangkalan menampung sekitar 10 pasien.

"Sekarang juga dalam 1,5 minggu naik ke angka 70 sampai 80-an," kata dia.

Dari data yang dia terima, Budi mengatakan lonjakan kasus Covid-19 di Kudus akibat munculnya klaster ziarah. Sedangkan Bangkalan disebabkanya banyaknya Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Tanah Air.

"Kenaikan yang tinggi ini karena ada peningkatan kasus secara spesifik di klaster ini karena Kudus memang adalah daerah ziarah, sedangkan di Madura banyak pekerja migran Indonesua yang pulang dari negara tetangga," kata dia.

Dirujuk ke Kota Besar Terdekat

Untuk mengurangi beban dua kabupaten tersebut, Budi mengatakan Pemerintah merujuk pasien ke kota besar terdekat. Dengan begitu, kepadatan di RS di Kudus dan Bangkalan bisa diurai.

"Yang sudah kita lakukan nomor satu yang paling penting ini urusannya dengan nyawa, kita mengurai tekanan beban yang ada di rumah sakit dengan cara kita merujuk pasien-pasien yang berat dan sedang ke kota terdekat," ucap Budi.

Pasien dari Kudus, terang dia, dirujuk ke Semarang dan pasien dari Bangkalan dirujuk ke Surabaya. Selain itu, akan dikirim tenaga kesehatan tambahan ke dua kabupaten tersebut.

"Kita juga sudah mengirimkan dokter bekerja sama dengan IDI dan perawat dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia untuk mengisi dan mengurangi tekanan dari nakes yang cukup banyak terpapar," ucap Budi.

Pasien Covid-19 di Bangkalan Rata-rata Meninggal Kurang dari 48 Jam

Dream - Direktur RSUD Syamrabu, Nunuk Kristiani, mengaku mendapat temuan aneh saat penanganan pasien kasus Covid-19 usai lebaran. Menurut dia, rata-rata pasien mengalami kondisi yang begitu cepat memburuk dan banyak yang meninggal kurang dari 48 jam.

"Rata-rata pasien datang ke rumah sakit itu kondisinya sudah buruk, desaturasinya 60 hingga 80," ujar Nunuk, dikutip dari Liputan6.com.

Nunuk mengatakan pihaknya sudah kewalahan menangani pasien Covid-19 yang jumlahnya terus naik. Dia menjelaskan RS Syamrabu memiliki 90 tempat tidur khusus pasien Covid-19 dan sebanyak 70 tempat tidur atau 81 persen sudah terisi.

Belum lagi, 18 tenaga kesehatan termasuk 4 dokter di RSUD Syamrabu positif Covid-19. Bahkan satu dokter ahli radiologi meninggal dunia.

"Kami kewalahan," kata dia,

Nunuk sempat mengusulkan penutupan sementara ruang Instalasi Gawat Darurat. Ini lantaran saking banyaknya pasien Covid-19 yang dirawat di ruangan tersebut.

 

Akibat Varian Baru?

Muncul dugaan Covid-19 yang melanda masyarakat Madura saat ini merupakan varian baru hasil mutasi. Indikasi ini didasarkan pada temuan di RSUD Syamrabu tersebut.

Terkait hal ini, Ketua Ikatan Dokter Indonesia Bangkalan, Farhat Suryaningrat, menilai perlu adanya penelitian di laboratorium yang dilengkapi sequencing genome. Metode ini dinilai dapat memastikan apakah penularan disebabkan varian baru atau tidak.

"Menurut analisa kedokteran, mutasi varian baru mungkin terjadi tapi perlu penelitian khusus, apalagi yang varian baru ini, orang bisa positif meski hasil PCR negatif," kata dia.

Kasus Covid-19 di Madura Meroket, 6 RS di Surabaya Diminta Siaga

Dream - Pulau Madura, khususnya Kabupaten Bangkalan, mengalami lonjakan kasus Covid-19 cukup tinggi usai Lebaran Idul Fitri 1442 H/2021 M. Sudah ada sejumlah rumah sakit di Bangkalan yang terpaksa menutup Instalasi Gawat Darurat (IGD) akibat sudah terlalu banyak menampung pasien Covid-19.

Dikutip dari Beritajatim.com, data Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangkalan menyebut di seluruh Pulau Madura per 5 Juni 2021 tercatat terdapat 56 kasus baru di Bangkalan, 8 kasus di Sampang, 3 kasus di Pamekasan, dan 25 kasus di Sumenep. Bahkan terdapat 18 tenaga kesehatan di RSUD Bangkalan yang dinyatakan positif Covid-19.

Terkait kondisi ini, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur, Herlin Ferliana, mengatakan, telah mengirim surat kepada enam rumah sakit besar di Surabaya untuk bersiap menerima rujukan pasien Covid-19 dari Bangkalan. Rumah sakit tersebut yaitu RSUD dr. Soetomo, RS Universitas Airlangga, RS Haji Surabaya, RS PHC, RS Adi Husada, dan RS Al Irsyad.

"Rumah sakit yang dekat Bangkalan. Pokoknya yang jangkauannya mendekati Bangkalan," ujar Herlin.

Surabaya Relatif Baik

Enam rumah sakit tersebut berada dalam jarak relatif dekat dengan Bangkalan. Selain itu, kata Herlin, bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur di RS di Surabaya masih sangat memadai.

"Kondisi Surabaya relatif bagus sebetulnya, tapi kita harus menyiapkan menerima (pasien) Bangkalan ini," kata dia.

Untuk penanganan lonjakan kasus di Bangkalan, kata Herlina, Dinkes Jatim bersama Dinkes Bangkalan mengintensifkan screening. Pihaknya akan memberlakukan pemisahan antara kasus positif dengan negatif..

"Yang positif pun akan kami pisah lagi, yang tidak ada gejala, kami letakkan di rumah sakit darurat, yang gejala ke RS (rujukan)," kata dia.

Selain itu, Dinkes Jatim juga memperketat pengawasan dalam penegakan protokol kesehatan di Madura. Herlina menduga selama ini masyarakat Madura banyak yang mengabaikan protokol kesehatan.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Ada Temuan Baru, Bawaslu Panggil Ulang Gibran Soal Bagi-Bagi Susu di CFD

Ada Temuan Baru, Bawaslu Panggil Ulang Gibran Soal Bagi-Bagi Susu di CFD

Dalam rapat pleno yang digelar dari pukul 16.00 WIB hingga 22.00 WIB, Jumat 29 Desember 2023, Bawaslu Jakpus menemukan data dan fakta baru.

Baca Selengkapnya
Musim Liburan, Jaga Anak dari Penularan Pneumonia di Tempat Ramai

Musim Liburan, Jaga Anak dari Penularan Pneumonia di Tempat Ramai

Jangan sampai setelah liburan anak-anak malah mengalami sakit.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Beberapa tempat memiliki jumlah virus lebih tinggi dibandingkan area lain. Kamu wajib meningkatkan daya tahan tubuh jika ingin mengunjunginya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.