KJRI Jeddah Bantu Pemulangan Jenazah Paman Jokowi

News | Jumat, 4 Januari 2019 15:03
KJRI Jeddah Bantu Pemulangan Jenazah Paman Jokowi

Reporter : Arie Dwi Budiawati

KJRI menurunkan tim untuk membantu mengurus dokumen pemulangan jenazah.

Dream – Paman Presiden Joko Widodo (Jokowi), Mulyono Herlambang, meninggal dunia setelah menunaikan ibadah umroh. Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah, Arab Saudi, membantu proses pemulangan jenazah Mulyono.

Sekadar informasi, Mulyono merupakan salah satu paman Jokowi, yaitu adik kandung dari sang ayah, Notomiharjo.

Dikutip keterangan tertulis yang diterima Dream, Jumat 4 Januari 2019, KJRI Jeddah menurunkan tim pelindungan yang bertugas secara paralel untuk mempercepat penyelesaian dokumen izin pemulangan jenazah.

Konsulat Jenderal KJRI Jeddah, Mohamad Heri Saripudin, mengatakan pengurusan jenazah di Arab Saudi harus melalui beberapa tahap, seperti tablig wafat (laporan kematian), surat persetujuan dari ahli waris atau keluarga jenazah, surat pengantar kepolisian untuk penyerahan jenazah dari rumah sakit, koordinasi dengan magsalah al-amwat (pusat pemandian dan pengkafanan jenazah) dan lain-lain.

Konjen RI berbaur dengan staf untuk sholat jenazah paman Jokowi.© KJRI Jeddah

“ Ini makan waktu. Alhamdulillah, tim kami bergerak cepat untuk menyelesaikan itu dalam tempo singkat," kata Heri.

Dia mengatakan pemulangan jenazah harus memperoleh izin dari pemerintah kota setempat, dalam hal Surat persetujuan tersebut kemudian diteruskan ke kepolisian wilayah, jawazat (imigrasi), dan al-tib al-syar'e (medical forensic).

" Selanjutnya kami mengurus surat pengantar pengambilan jenazah dari rumah sakit dan surat pengantar yang ditujukan ke Ahwal Madani (Dukcapil) untuk pengurusan syahadah wafat (akta wafat)," kata dia.

Pada saat yang sama tim perlindungan mengurus proses pembalseman jenazah dan berkoordinasi dengan maskapai untuk pemesanan kargo. Sementara petugas lainnya mengurus exit permit dari kantor imigrasi setempat. (Ism)

2 dari 2 halaman

Paman Jokowi Meninggal Usai Umroh

Dream - Mulyono Herlambang, paman Presiden Joko Widodo, meninggal dunia di Jeddah, Arab Saudi. Paman Jokowi dari garis ayah, Noto Miharjo, itu meninggal pada Selasa malam, 2 Januari 2018.

Menurut kakak ipar Jokowi, Haryanto, mengatakan bahwa Mulyono meninggal saat melaksanakan ibadah umroh bersama keluarga. Mulyono meninggal karena mengalami sesak nafas.

" Informasi yang saya peroleh bahwa beliau itu meninggal di Jeddah, Arab Saudi, pukul 22.55 waktu setempat atau sekitar pukul 02.55 WIB," ujar Haryanto, dikutip dari Liputan6.com.

Haryanto mengatakan, rencananya jenazah Mulyono akan diterbangkan ke Tanah Air. Meski begitu, dia mengaku belum mengetahui jadwal kepulangan tersebut.

" Ini keluarga masih mengurus untuk proses pemulangannya. Nanti rencananya akan dibawa pulang ke Gayam, Sukoharjo," ucap dia.

Sumber: Liputan6.com/Fajar Abrori [crosslink_1]

Join Dream.co.id