Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kisah Mencekam WNI Terjebak di Wuhan: Seperti Kota Mati

Kisah Mencekam WNI Terjebak di Wuhan: Seperti Kota Mati Ilustrasi (Shutterstock.com)

Dream - Wabah virus Corona membuat Kota Wuhan, China, diisolasi. Akibatnya, semua orang terisolasi, tak bisa keluar dari kota berpenduduk sebelas juta jiwa tersebut. Di antara orang-orang yang terjebak di kota itu adalah Warga Negara Indonesia.

Setidaknya, ada 93 WNI yang hidup di Wuhan. Hampir seluruhnya adalah mahasiswa. Salah satu WNI yang terkurung di Wuhan adalah Siti Mawaddah, mahasiswi S2 jurusan Criminal Law di Universitas Hubei. Dia menjadi saksi mata perubahan drastis di kota yang kini dijuluki sebagai 'land of zombie' tersebut.

Menurut Siti, biasanya pada Hari Raya Imlek kota Wuhan selalu menyala. Namun, wabah virus Corona membuat kehidupan di kota itu menjadi redup. Para pemudik tak bisa masuk Wuhan untuk bertemu keluarga.

Siti biasa melihat hiasan dimana-mana saat Imlek. Mal-mal pun mengobral barang-barangnya dengan harga super murah. Namun, sejak virus Corona menggerayangi kota, semua berubah. "Suasana kota semakin sepi," ujar Siti, dikutip dari Liputan6.com, Sabtu 25 Januari 2019.

Pemerintah China mulai melakukan mengarantina kota pada 23 Januari. Saat itu, Siti sedang berkunjung ke asrama sahabatnya di Huazhong University of Science and Technology. Saat beranjang sana itu, mendadak petugas kampus menggedor-gedor pintu kamar untuk menyampaikan kabar ada isolasi.

Dia harus balik ke kampusnya. Sahabatnya sempat mencegah Siti untuk pulang dan memintanya untuk menetap karena khawatir. Namun, Siti tetap memilih pulang.

Saat itulah dia menyaksikan dengan mata kkepala betapa sepinya kota metropolitan yang biasanya selalu berdegup. Kendaraan umum terbatas. Bus penumpang pun mulai jarang. Dia akhirnya pulang ke kampus menumpang taksi.

"Saya melewati kota, sepanjang jalan saya melihat keadaan sepi enggak seperti biasanya kota Wuhan ramai dan penuh. Tapi ini waktu itu sudah sepi seperti kota mati," ujar mahasiswi asal Sigli, Aceh, tersebut.

Menurut dia, tak hanya mahasiswa yang kuliah di Wuhan saja yang terjebak, WNI yang menuntut ilmu di kota lain juga tak dapat pulang ke kota masing-masing.

"Ada juga mahasiswa Wuhan yang sedang berada di Beijing atau Shanghai yang tidak bisa kembali. Ada juga turis dari Indonesia, dia berlibur di Wuhan. Pokoknya sudah terjebak semua di kota Wuhan. Enggak boleh ke mana-mana," ucap Siti.

Ketua PPI China Cabang Wuhan, Nur Mussyafak, mengatakan, para mahasiswa dianjurkan tidak sering-sering keluar asrama kampus atau pergi ke keramaian. Mahasiswa pun masih bisa saling mengunjungi di dalam gedung.

"Teman-teman masih bisa main ke teman yang satunya, masih bisa aktivitas di dalam kamar. Cuman dari kampus sendiri menginstruksikan jangan terlalu sering keluar dari kampus atau asrama," ujarnya.

Siti mengatakan, mahasiswa diminta memeriksa diri sendiri dan jika demam harus melapor ke pihak kampus. Pihak kampus pun siap memundurkan tahun ajaran baru jika wabah virus tak jua mereda.

"Semester depan perkuliahan aktif mulai bulan Februari. Kalau di kampus kami tanggal 12 Februari, makanya saya memilih menetap di sini. Ada berita juga kalau virus ini semakin berbahaya, belum ada penangannya kemungkinan besar perkuliahan di semseter depan diundur," ujar Siti.

Masalah lainnya adalah mahasiswa di Wuhan yang sedang di luar kota belum bisa kembali ke kota kampus mereka karena ada lockdown.

Hingga kini, Siti menyebut pihak KBRI selalu aktif memantau keadaan WNI di kota Wuhan lewat grup WeChat. Siti yang sedang menyusun tesis berharap pemerintah Indonesia bisa mengevakuasi WNI dari kota yang mengalami lockdown itu.

"Kami sangat berharap dari pihak pemerintah Indonesia bisa melakukan evakuasi bagi WNI yang berada di kota Wuhan karena penyebaran virus ini makin memburuk," kata Siti yang siap dievakuasi oleh pemerintah.

Viral Video Warga Wuhan Berjatuhan di Jalan kena Virus Corona, Mirip Kota Zombie

Dream - Di tengah kekhawatiran merebaknya virus Corona baru di Wuhan, China, beredar video yang bikin geger jagat maya. Dalam video itu terlihat sejumlah orang berjatuhan karena diduga terjangkit virus Corona.

Belum ada konfirmasi resmi apakah foto dan video yang viral di media sosial itu benar-benar terjadi di Wuhan, kota yang kini tengah diisolasi katena virus Corona.

Namun yang jelas, beberapa unggahan itu menyertakan Wuhan sebagai lokasi unggahan. Kini, sebagaimana dilaporkan laman Daily Star, Wuhan dijuluki "kota zombie".

Tak hanya orang-orang yang tergeletak tak berdaya, pada video yang beredar itu juga menunjukkan petugas medis yang berpatroli mengenakan jas Hazmat dan masker. Mereka sibuk memberikan pertolongan.

Pada sebuah unggahan menunjukkan seorang pria tergeletak di lantai tidak sadarkan diri. Banyak orang di sekitarnya memperhatikan pria yang tergeletak tersebut.

Pria yang pingsan itu diduga sedang antre mengurus dokumen. Dia juga terlihat mengenakan masker pelindung. Petugas medis yang berpakaian serba putih kemudian datang untuk menolong pria tersebut.

Menurut Daily Star, peristiwa itu disaksikan setidaknya oleh enam orang. Video lain tentang peristiwa tersebut juga diunggah oleh netizen lain.

Akun @badiucao mengunggah video tak kalah memprihatinkan. Pada video itu terlihat seorang pria yang tergeletak di atas jalan. Sebuah ambulans terlihat datang.

Beberapa petugas medis yang berjaket dan masker serba putih keluar dan segera memberi pertolongan kepada pria yang tengkurap tak berdaya di atas aspal tersebut.

Pada video lain yang diunggah ke Twitter @bosstandswithhk menunjukkan seorang pria yang tergeletak di lantai kereta. Akun itu menyebut peristiwa itu terjadi di dalam kereta di Wuhan.

Dalam kereta itu, sejumlah orang, yang mengambil jarak dari pria tergeletak itu, terlihat panik. Mereka berusaha menjauhi pria yang meringkuk di atas lantai tersebut.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Lagi, Direktur WHO Peringatkan Seluruh Negara Harus Bersiap Hadapi Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Baca Selengkapnya
Curhat Pilu Mahasiswi Kerja di 3 Tempat Demi Hidupi Adik dan Nenek Angkat karena Sang Ibu Kabur

Curhat Pilu Mahasiswi Kerja di 3 Tempat Demi Hidupi Adik dan Nenek Angkat karena Sang Ibu Kabur

Curhat pilu wanita mengaku lelah batin saat konsul dengan ustadz Hanan bikin penonton berderai air mata

Baca Selengkapnya
Virus 'Zombie' di Siberia Mencair, Ilmuwan Peringatkan Picu Pandemi Baru

Virus 'Zombie' di Siberia Mencair, Ilmuwan Peringatkan Picu Pandemi Baru

Virus kuno yang telah membeku di lapisan es Arktik itu suatu saat dapat mencair dan terlepas imbas pemanasan global dan memicu wabah penyakit besar.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Cerita WNI di Finlandia Berangkat Kerja di Suhu -28 Derajat, Rambut hingga Bulu Mata Membeku

Cerita WNI di Finlandia Berangkat Kerja di Suhu -28 Derajat, Rambut hingga Bulu Mata Membeku

Saking dinginnya, bulu mata dan rambutnya sudah membeku meski baru berjalan 10 menit.

Baca Selengkapnya
Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Kasus Covid-19 Varian JN.1 Sedang Naik, Hindari 5 Tempat dengan Risiko Penularan Tertinggi

Beberapa tempat memiliki jumlah virus lebih tinggi dibandingkan area lain. Kamu wajib meningkatkan daya tahan tubuh jika ingin mengunjunginya.

Baca Selengkapnya
Ini 7 Jenis Hiu Terganas di Dunia, Hati-hati Saat Bertemu

Ini 7 Jenis Hiu Terganas di Dunia, Hati-hati Saat Bertemu

Kematian akibat serangan hiu ganas menjadi ketakutan bersifat universal. Yuk, cari tahu jenis-jenis hiu paling ganas dan menakutkan di dunia!

Baca Selengkapnya