Kisah Anjing Tuntun Tunanetra ke Masjid

News | Kamis, 4 Juli 2019 18:00
Kisah Anjing Tuntun Tunanetra ke Masjid

Reporter : Maulana Kautsar

Anjing itu Mohammed menuju ke masjid.

Dream - Peristiwa perempuan yang membawa anjing ke area Masjid Al Munawaroh, Sentul, Bogor, Jawa Barat memicu polemik. Kasus yang kini ditangani Polres Bogor itu dianggap mencederai perasaan umat Islam.

Polemik anjing dan masjid pernah juga menjadi pembahasan saat seorang pemuda Muslim asal Leicester, Inggris, membawa anjing ke masjid pada 2008. Tapi, berbeda dengan kasus SM, anjing tersebut menuntun Mohammed Abraar Khatri, yang tunanetra, menuju masjid.

Dikutip dari laman BBC, Kamis 4 Juli 2019, Dewan Syariah Inggris bahkan sempat mengeluarkan fatwa mengenai terkait peristiwa itu. Fatwa tersebut memperbolehkan Mohammed membawa anjing. Tapi, anjing itu tidak diizinkan untuk dibawa masuk ke area sholat.

Fatwa tersebut didukung organisasi Guide Dogs for the Blind. Organisasi itu menyebut fatwa tersebut sebagai " langkah maju yang besar bagi Muslim tunanetra dan penglihatan bermasalah."

" Diharapkan juga bahwa para pemimpin masjid baik di Inggris maupun internasional sekarang akan membuat penyesuaian serupa untuk memungkinkan pemilik anjing pemandu Muslim memasuki masjid mereka."

2 dari 8 halaman

Kandang Anjing

Mohammed tiap saat dituntun oleh anjing peliharaan bernama Vargo. Anjing berjenis golden retriever itu hanya duduk dan menuntun Mohammed hingga masjid.

Dewan Kemakmuran Masjid Bilal kemudian mendirikan kandang di pintu masuk agar Vargo dapat tak berkeliaran, sementara pemiliknya sedang sholat.

Direktur Dewan Imam dan Masjid Inggris, Mohammad Shahid Raza, berharap, inovasi ini dapat diikuti banyak masjid.

" Fasilitas seperti itu menunjukkan sikap Islam dalam membantu orang-orang berkebutuhan khusus dan meningkatkan layanan yang kami berikan kepada komunitas Muslim," kata Shahid.

3 dari 8 halaman

Membantu Pergerakan Tunanetra

Ayah Mohammed, Gafar Khatri, mengatakan, anjing itu membuat sang anak lebih mandiri. Anjing itu dapat menuntun Mohammed ke mana saja.

" Jelas ini adalah hari-hari awal tetapi kepercayaan dirinya tumbuh setiap hari," ujar dia.

Pembahasan mengenai penggunaan anjing penuntun juga muncul di Malaysia. Dilaporkan Asia One, Mufti Perlis, Juanda Jaya, penggunaan jasa anjing pemandu diperbolehkan dalam Islam.

" Menurut saya, tidak ada masalah untuk menggunakan anjing guna keperluan berburu, menjaga dan penuntun," kata Juanda, dilaporkan AsiaOne.

4 dari 8 halaman

Anjing Hitam yang Dibawa Masuk ke Mesjid di Sentul Mati Tertabrak?

Dream - Beberapa hari terakhir masyarakat dihebohkan oleh aksi seorang wanita yang membawa anjingnya masuk ke dalam mesjid.

Peristiwa itu terjadi di Masjid Al Munawaroh, Sentul City, Bogor pada Minggu 30 Juni 2019 lalu.

Aksi wanita berinisal SM itu sontak membuat dirinya harus berurusan dengan pihak berwenang.

Dilansir dari merdeka.com, Rabu 3 Juli 2019, polisi menetapkan SM sebagai tersangka penistaan agama.

Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) sudah dikirimkan. Kapolres Bogor AM Dicky mengatakan pihaknya akan langsung menahan SM.

Sebelum ditahan, SM akan menjalani pemeriksaan kesehatan lantaran diduga mengidap gangguan kejiwaan.

 

5 dari 8 halaman

Anjing Hitam Trauma

Dan baru-baru ini warganet kembali dibuat heboh terkait kasus yang sama. Yakni nasib anjing hitam yang dibawa SM masuk ke mesjid pada saat itu.

Anjing tersebut dikabarkan mati tertabrak kendaraan bermotor usai kabur keluar mesjid usai peristiwa tersebut.

Hal ini diungkapkan oleh akun Facebook Esther Imelda pada Selasa 2 Juli kemarin.

Menurut akun yang pemiliknya merupakan pecinta hewan ini, awalnya ia dan teman-teman berniat menemukan anjing malang tersebut. Esther menegaskan tindakan ini semata dilakukan karena keprihatinan terhadap kondisi anjing tersebut. 

" Kami gak berniat sedikit pun ikut campur dalam kasus yang tidak kami mengerti duduk masalah nya. Yang menjadi concern kami hanya nasib si hitam mungil yang tampak ketakutan dan kabur entah kemana setelah di usir,"

Esther yang bekerja sama dengan divisi lingkungan management Sentul bagian satwa menyisir tempat diduga anjing hitam ini bersembunyi.

6 dari 8 halaman

Akhir Kisah si Hitam

Lalu kemudian menurutnya, anjing yang dipanggil 'si hitam' ini terlihat di sekitaran Taman Venesia.

Saat itu kondisi sang anjing terlihat seperti trauma. Si hitam berlarian ke sana kemari seperti takut dengan kehadiran manusia.

Sudah coba dipancing dengan menggunakan makanan namun tetap tak berhasil. Akhirnya anjing ini lari menyebrang jalan dan tertabrak kendaraan bermotor.

" Maaf kami tidak bisa berbuat banyak , rip di tempat. Saat ni jenasah si hitam di serah kan ke polsek yang mengusut kasus ibu ini," ujar akun Esther Imelda.

7 dari 8 halaman

Begini Kronologi Lengkapnya

Jurnalis Dream masih mencoba mengkonfirmasi kabar kematian anjing tersebut yang disebutkan dibawa SM saat masuk ke ruangan masjid Al Munawaroh, Sentul.

Hingga berita ini diturunkan, pesan yang dikirimkan ke akun Facebook milik Esther, masih belum mendapatkan respon dari yang bersangkutan.

8 dari 8 halaman

Netizen Turut Berduka

Akhir kisah dari anjing yang sempat viral ini pun mendapat simpati dari warganet. Meskipun sempat membuat heboh beberapa waktu lalu, namun naluri hewan yang hanya mengikuti majikannya ini tak patut untuk disalahkan.

" Terima kasih semua yg sdh berusaha menolong si anjing. Tp ternyata kehendak Tuhan beda," tulis akun Yuly Ym.

" Rip hitam imut anak baik," ujar akun Dita Wardani.

" Rest in love anak manis," kata akun Claudia Vera Nita.

Terkait
4 Januari, Hari Bahagia dan Paling Sedih Rizky Febian
Join Dream.co.id