Ketua MK: Kami Hanya Takut pada Allah SWT

News | Jumat, 14 Juni 2019 12:02
Ketua MK: Kami Hanya Takut pada Allah SWT

Reporter : Muhammad Ilman Nafi'an

Kami hanya tunduk pada konstitusi dan aturan undang-undang.

Dream - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Anwar Usman menegaskan, para hakim yang berada di MK tidak bisa diintervensi oleh siapapun.

" Sejak kami mengucapkan sumpah, kami terikat pada sumpah. Kami tidak dapat dipengaruhi oleh siapapun, kami hanya takut pada Allah SWT," ucap Anwar di ruang sidang Gedung MK, Jakarta, Jumat, 14 Juni 2019.

Anwar menjelaskan, hakim MK berasal dari usulan Presiden, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Jaksa Agung. Meski berasal dari usulan tiga lembaga, hakim MK tidak akan bisa dipengaruhi oleh siapapun.

" Kami tidak tunduk pada siapapun dan kami tidak dapat diintervensi. Kami hanya tunduk pada konstitusi dan peraturan perundang-undangan," ujar dia.

 

2 dari 5 halaman

`Disaksikan` Allah SWT

Anwar membuka sidang sengketa pemilihan umum (pemilu) 2019 secara terbuka. Menurut Anwar, sidang ini tidak hanya disaksikan oleh masyarakat melalui televisi.

" Yang lebih utama bahwa sidang ini disaksikan oleh Allah SWT," kata dia.

Sidang pemilu ini nantinya akan dilaksanakan selama dua minggu penuh dan akan diputuskan pada 28 Juni 2019.

" Sidang untuk perkara ini sifatnya cepat, waktunya 14 hari," ucap dia. (ism)

3 dari 5 halaman

Kapolri Larang Aksi Demo Saat Sidang Sengketa Pilpres di MK

Dream - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melarang massa menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung Mahkamah Konstitusi saat menggelar sidang perdana Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pada Jumat, 14 Juni 2019. 

Pucuk pimpinan kepolisian ini mengaku tak ingin mengambil risiko apapun selama berjalannya sidang PHPU tersebut.

" Kali ini tidak boleh ada aksi apapun di depan MK, karena itu mengganggu jalan umum, karena Jalan Merdeka Barat itu jalan protokol," ujar Tito di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Kamis, 13 Juni 2019.

Tito mengatakan, larangan itu diambil merujuk pengalaman aksi 21 dan 22 Mei yang berujung rusuh. Sehingga, polisi tidak mau mengambil risiko peristiwa itu terulang kembali.

Mantan Kapolda Metro Jaya ini menuturkan, berdasarkan informasi dari intelijen, ada beberapa massa berencana menggelar aksi unjuk rasa di depan MK pada esok hari.

" Kalau nanti ada penyampaian pendapat, kita akan kanalisasi di depan Irti (Monas), di samping patung kuda dan diawasi. Tapi kita melihat bahwa kemungkinan besar tidak banyak massa yang berdatangan," ucap dia.

4 dari 5 halaman

Apresiasi Prabowo

Meski demikian, kata dia, aparat keamanan sudah siap mengantisipasi adanya lonjakan massa. " Tapi seandainya ada massa yang diluar dugaan, kami sudah siap," kata dia.

Untuk mengamankan jalannya sidang, ada 17 ribu personel kepolisian dan 16 ribu Anggota TNI yang diterjunkan.

Tak lupa, Tito juga berterima kasih kepada calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto yang mengimbau kepada para pendukungnya untuk tidak datang ke gedung MK.

" Saya menyampaikan apresiasi kepada Bapak Prabowo Subianto yang telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat, terutama pendukung beliau untuk mempercayakan proses hukum yang sudah ditempuh oleh beliau ke MK," ucap dia.

5 dari 5 halaman

Pesan Prabowo ke Pendukung Jelang Sidang Gugatan Hasil Pilpes: Saya Mohon.....


Dream -
 Calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengimbau para pendukungnya tak berbondong-bondong menghadiri sidang gugatan hasil Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK). Prabowo menyampaikan ajakan itu melalui akun Facebook resminya.

" Saudara-saudara sekalian, kami memutuskan untuk menyerahkan melalui jalur hukum dan konstitusi, karena itu, saya dan saudara Sandiaga Uno memohon pendukung-pendukung kami tidak perlu untuk berbondong-bondong hadir di lingkungan MK pada hari-hari yang akan mendatang," kata Prabowo, Rabu, 12 Juni 2019.

Prabowo memohon pendukungnya untuk sami'na waatho'na. Ajakan itu, kata Prabowo, untuk menghindari fitnah dan provokasi.

" Jika saudara benar-benar mendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno, saya mohon tidak perlu hadir di sekitar Mahkamah Konstitusi," ujar dia.

 

ANGRY BIRDS 2, Animasi Lucu dengan Pesan Tersembunyi - Wawancara Eksklusif Produser John Cohen
Join Dream.co.id