Meski Meningkat, Kesadaran Prokes Selama PPKM Belum Setinggi Awal Pandemi

News | Jumat, 22 Januari 2021 14:01
Meski Meningkat, Kesadaran Prokes Selama PPKM Belum Setinggi Awal Pandemi

Reporter : Ahmad Baiquni

Masyarakat sadar kembali dalam memakai masker dan menjaga jarak.

Dream – Pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali mulai menampakkan hasil. Tingkat kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mengalami peningkatan.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, menyatakan dua pekan lalu, tepatnya sebelum pemberlakukan PPKM Jawa-Bali, tingkat kesadaran masyarakat memakai masker 50,27 persen dan menjaga jarak 35,98 persen.

Setelah sepekan penerapan PPKM Jawa-Bali, tingkat kesadaran memakai masker meningkat menjadi 62,42 persen dan menjaga jarak menjadi 53,09 persen.

" Kenaikan rata-rata kepatuhan protokol kesehatan sekarang ini masih belum bisa menyerupai tingginya kepatuhan di awal upaya monitoring di bulan September-Oktober lalu yaitu menembus angka 84,77 persen dalam memakai masker dan 69,04 persen dalam menjaga jarak," kata Wiku, disiarkan BNPB Indonesia.

2 dari 3 halaman

Wiku mengatakan peningkatan kesadaran protokol keseharan belum tampak signifikan. Dia menilai seharusnya data yang ada saat ini bisa menjadi bahan refleksi untuk pemerintah daerah dan masyarakat untuk terus meningkatkan kepatuhan individu maupun komunitas, serta bahan evaluasi program operasi yustisi.

" Perlu diingat efek positif perubahan perilaku ini membutuhkan waktu yang lama untuk berdampak pada penurunan kasus namun dapat menghasilkan perbaikan penanganan pandemi yang berkelanjutan apabila dijalankan terus menerus," kata Wiku.

Lebih lanjut, Wiku mengingatkan masyarakat tidak boleh lengah dalam menerapkan prokes. Selalu gunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan agar tidak tertular Covid-19.

Laporan: Josephine Widya

Selalu ingat #PesanIbu untuk selalu mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak untuk pencegahan virus COVID19. Jika tidak, kamu akan kehilangan orang-orang tersayang dalam waktu dekat.

3 dari 3 halaman

Join Dream.co.id