Fasihnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Ucap Fastabiqul Khoirot

News | Sabtu, 30 Januari 2021 10:26
Fasihnya Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Ucap Fastabiqul Khoirot

Reporter : Dwi Ratih

Seperti apa bentuk kerjasama lainnya?

Dream - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan silaturahmi ke Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dalam rangka program kerjasama.

"Selain dari silaturahmi, kami tentunya ingin bersinergi banyak hal dengan PP Muhammadiyah. Banyak kegiatan dan program yang kami laksanakan ke depan yang tentunya akan lebih kuat kalau kami dibantu PP Muhammadiyah," ujar Kapolri Listyo Sigit Prabowo pada konferensi pers yang disiarkan melalui Instagram Humas Polri pada Jumat, 29 Januari 2021.

Ia juga mengatakan telah banyak mendapat masukan dari Muhammadiyah dalam menghadapi tantangan, seperti memberikan pemahaman moderasi kepada masyarakat yang terpapar ajaran tertentu yang bertentangan dengan agama.

Kerjasama ini, nantinya akan mengembangkan moderasi karena dianggap lebih humanis dan merakyat.

Selain itu Polri juga akan bekerjasama dengan PP Muhammadiyah dalam menghadapi pandemi Covid-19 berupa edukasi aturan protokol kesehatan, mengingat saat ini angka terdampak Covid-19 mencapai 13 ribu.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga menegaskan siap dikritik demi melakukan perbaikan di tubuh korps Bhayangkara. Dia juga berkomitmen untuk mewujudkan Polri yang transparan.

Yang menarik perhatian, usai tanya jawab selesai, Jenderal Sigit kemudian mengakhirinya dengan mengucap istilah 'Fastabiqul Khoirot'. Para pengurus Muhammadiyah pun serentak tertawa dan memberikan tepuk tangan.

"Sekali lagi pak terima kasih, ada satu catatan yang harus laksanakan ini. Kami tutup dengan fastabiqul khoirot, wabillahitaufiq walhidayah, wassalamualaikum warohmatullohi wabarakatuh," kata Jenderal Sigit.

Istilah fastabiqul khoirot sangat akrab di telinga kader Muhammadiyah. Kalimat iyu sering diucapkan ketika menutup sebuah sambutan atau pembicaraan. Fastabiqul khoirot ini berarti 'berlomba-lombalah dalam kebaikan'. Kalimat ini diambil dari Surat Al Baqarah ayat 148 dan Al Maidah 48.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by DIVISI HUMAS POLRI (@divisihumaspolri)

Reporter: Yuni Puspita Dewi

2 dari 4 halaman

Profesi Mentereng Putra-Putri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Dream - Kehidupan pribadi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mulai menjadi perhatian masyarakat. Sebagai pejabat publik, sosok istri dan anggota keluarga mantan ajudan pribadi Presiden Joko Widodo ini tentunya jadi sorotan juga.  

Sosok Listyo Sigit Prabowo dikenal sebagai perwira tinggi Polri yang memiliki karier cemerlang di institusi Kepolisian. Sebelumnya menjadi orang nomor satu di Polri, Listyo Sigit menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (baresmkrim) Mabes Polri. Jabatan itu diemban sejak Desember 2019, menggantikan Jenderal Idham Azis yang diangkat menjadi kapolri setelah Jenderal (Purn) Tito Karnavian mengemban tugas sebagai Menteri Dalam Negeri.

Memiliki karier cemerlang di dunia kepolisian tak lantas jejaknya diikuti ketiga anaknya yang memilih untuk berkarier di dunia lain. Namun dua dari tiga anak Kapolri memiliki karier yang tak kalah mentereng dari sang ayah. Lantas apa profesi putra putri Jenderal Listyo Sigit Prabowo? Berikut ulasan lengkapnya.

 Ilustrasi
© Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden/Krishadiyanto

Jenderal Listyo Sigit Prabowo kini telah resmi menjadi Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Saat upacara pelantikan Kapolri di istana, Presiden Jokowi pun menanyakan kesediaan Listyo Sigit untuk diambil sumpah.

" Demi Tuhan Yang Maha Esa, Bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya pada bangsa dan negara," kata Sigit di Istana Negara dilansir dari Merdeka.com.

3 dari 4 halaman

Memiliki 3 Anak

 Ilustrasi
© Foto : Liputan6/Angga Yuniar

Listyo Sigit menikah dengan Juliati Sapta Dewi Magdalena dan dikaruniai tiga orang anak, yang terdiri dari dua anak laki-laki serta satu anak perempuan. Jenderal Listyo Sigit Prabowo adalah bapak yang perhatian dengan keluarganya. Meski sibuk, ia selalu memanfaatkan waktu luang di akhir pekan untuk bercengkerama bersama keluarga, usai lima hingga enam hari fokus menangani tugas di Polri.

Sementara sang istri, Juliati Sapta Dewi Magdalena cukup jarang tersorot publik. Ia hanya beberapa kali terlihat dalam unggahan di akun Instagram @bareskrim.polri. Potret tersebut diambil saat Listyo Sigit masih menjabat sebagai Kabareskrim Polri.

4 dari 4 halaman

Profesi Anak Listyo Sigit

 Ilustrasi
© Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden/Krishadiyanto

Anak laki-laki yang sulung sudah mandiri dan menikah serta berprofesi sebagai seorang dokter. Namanya Cornelius Krishna Satya Patria Wardhana yang menikah 2018. Acara lamaran di Joglo Ageng, Balai Sarwono, Jalan Madrasah Nomor 14 Jeruk Purut, Jakarta Selatan.

Krishna melamar Rana Thalitashani, anak dari Bapak (alm) Robby Subiakto dan Rini Subiakto dalam acara lamaran yang disaksikan oleh seluruh anggota keluarga dari kedua pihak. Nama Cornelius Krishna Satya Patria Wardhana terdaftar di database IDI Jakarta.

Sedangkan anak laki-laki kedua juga sudah menamatkan kuliahnya dan berprofesi sebagai seorang banker di satu bank swasta nasional. Dan anak yang paling bungsu adalah satu-satunya anak perempuan yang sekarang ini masih menempuh jenjang pendidikan akhir atau berkuliah.

Join Dream.co.id