Geger Kerajaan Angling Darma di Pandeglang, Raja Suka Bagi Uang Warga Miskin

News | Rabu, 22 September 2021 12:12

Reporter : Ahmad Baiquni

Raja dari kerajaan ini diklaim masih punya jalur keturunan dengan Sultan Banten.

Dream - Seorang pria membuat heboh masyarakat Pandeglang, Banten. Pemicunya, pria ini mendeklarasikan berdirinya Kerajaan Angling Darma di Kampung Salanghari, Desa Pandat, Kecamatan Mandalawangi.

Pria tersebut juga mendaku diri sebagai Raja Kerajaan Angling Darma. Dia ingin disebut dengan panggilan Baginda Sultan Iskandar Jamaluddin Firdaus.

Salah satu pengikutnya, Aki Jamil, mengklaim rajanya masih punya jalur nasab dengan Sultan Hasanuddin, penguasa Kesultanan Banten. Dia juga menyatakan rajanya adalah seorang yang adil dan bijaksana.

" Ada keturunan juga, Sultan di Banten," ujar Jamil.

 

 

Geger Kerajaan Angling Darma di Pandeglang, Raja Suka Bagi Uang Warga Miskin
Pria Yang Mau Dipanggil Baginda Sultan Iskandar Jamaluddin Firdaus (Bantennews.com)
2 dari 3 halaman

Diklaim Dermawan

Selain itu, Jamil juga menyebut rajanya sangat dermawan. Sudah 35 rumah warga miskin di Kecamatan Mandalawangi, Pagelaran, dan Menes yang dibangun oleh Iskandar.

" Tidak hanya untuk janda tapi yang punya suami juga tetapi rumahnya yang tidak layak Baginda bangun dengan anggaran tidak dari manapun, tidak dibantu Pemerintah, sumbangan proposal dan lainnya, itu murni (dana) punya Baginda," kata dia.

Selanjutnya, Jamil pun menegaskan dana yang digunakan Iskandar untuk membantu sesama adalah dana pribadi dan sumbangan dari para santri serta muridnya. Diketahui, Iskandar sempat mengenyam pendidikan di sebuah pesantren.

" Karena Baginda ini banyak santri dan muridnya di mana-mana, jadi ada yang peduli yang ini membeli keramik, jadi semuanya jatuh ke Baginda," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Sebutan 'Baginda' dan Nama Angling Darma

Jamil juga menyatakan panggilan Baginda muncul bukan atas keinginan junjungannya. Tetapi, julukan itu datang dengan sendirinya dari masyarakat.

" Kalau silsilah Baginda itu karena sudah dari sananya bukan keinginan dari Baginda atau gimana, itu sudah gelarnya Baginda, sosok raja yang adil dan bijaksana yang muncul di permukaan bumi ini," kata dia.

Sementara nama Angling Darma, kata Jamil, digunakan sebagai bentuk bakti kepada Sang Pencipta maupun sesama. Sehingga diharapkan Kerajaan Angling Darma memberikan manfaat kepada sesama seperti perintah Tuhan.

" Jadi Angling Darma itu anging mendarma dan membakti. jadi bukan hanya Baginda saja, kita harus mendarma sama Yang Maha Kuasa, membakti sama Yang Maha Kuasa dan yang diciptakan juga," kata dia, dikutip dari Banten News.

Join Dream.co.id