Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kenangan Terakhir Prabowo Bersama BJ Habibie

Kenangan Terakhir Prabowo Bersama BJ Habibie Habibie Dan Prabowo Di Jerman. ©2013 Merdeka.com/handout/prabowo

Dream - Prabowo Subianto turut melayat ke rumah almarhum Bacharuddin Jusuf Habibie. Ketua Umum Gerindra itu menyampaikan duka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 Indonesia tersebut.

"Saya turut menyampaikan belawungkawa, saya ke keluarga, saya ketemu tadi saudara Thareq dan Ilham, sudah sampaikan belasungkawa," ujar Prabowo, dikutip dari Liputan6.com, Kamis, 12 September 2019.

Ikuti berita Prabowo Subianto di Liputan6.com

Prabowo tiba di kediaman BJ Habibie, Jalan Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, pada Rabu 11 September 2019 sekitar pukul 21.30 WIB.

Prabowo mengatakan, pertemuan terakhirnya dengan BJ Habibie terjadi beberapa bulan lalu. Tapi, dia tak membeberkan apa saja yang dibicarakan saat itu.

"Beberapa bulan yang lalu ketemu, berbicara banyak lah pokoknya," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Ady Anugrahadi

MUI: BJ Habibie Pelopor Modernisasi Islam Indonesia

Dream - Ucapan bela sungkawa terus mengalir dari berbagai pihak atas meninggalnya Presiden ke-3, Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Zainut Tauhid Sa'adi, mengatakan, lembaganya merasa kehilangan dengan wafatnya Bapak Dirgantara Indonesia itu.

"Majelis Ulama Indonesia menyampaikan duka yang sangat mendalam atas wafatnya Bapak Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng Presiden Republik Indonesia yang ke tiga," ujar Zainut dalam keterangan tertulisnya, Kamis 12 September 2019.

Menurut MUI, Habibie merupakan sosok intelektual Muslim yang sudah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

Habibie merupakan pendiri dan mantan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), yang menghimpun para intelektual Muslim.

"Profesor BJ Habibie adalah sosok intektual Muslim yang menjadi penggerak bangkitnya gerakan modernisasi Islam di Indonesia," ucap dia.

Selain itu, Habibie juga dikenal sebagai negarawan yang mencintai rakyatnya. Habibie, kata dia, rela kembali ke Indonesia untuk mengembangkan teknologi kedirgantaraan dengan mendirikan PT Dirgantara Indonesia.

Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun. Dia wafat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta Pusat pukul 18.05 WIB karena menderita sakit jantung.

Rencananya, Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, samping makam mendiang istrinya, Ainun Habibie.

Jenazah BJ Habibie Dimakamkan Pukul 13.30 WIB

Dream - Jenazah almarhum Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dijadwalkan akan diberangkatkan dari rumah duka di kawasan Patra, Kuningan, Jakarta Selatan pukul 13.30 WIB setelah dilakukan proses serah terima dari keluarga ke negara.

Setelah itu, jenazah akan dibawa dan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, tepat di samping makam istri, Ainun Habibie.

Saat membawa jenazah almarhum Habibie, akan ada Iring-iringan kendaraan. Polisi nantinya akan menutup sementara jalan yang akan dilalui rombongan pengantar jenazah BJ Habibie.

Kasubdit Bin Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan, ada dua opsi rute yang disiapkan.

Rute perjalanan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi pertama,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan Utara
- Jalan Rasuna Said
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP Kalibata

Rute alternatif di sepanjang jalan dari rumah duka ke TMP Kalibata opsi kedua,

- Jalan Taman Patra Kuningan
- Jalan Patra Kuningan VII
- Jalan Dukuh Patra
- Jalan Mandala Raya
- Jalan Rasamala Raya
- Jalan Gatot Subroto
- Jalan Raya Pasar Minggu
- Jalan Raya Kalibata
- TMP kalibata

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Makam Ibu Ainun

Dream - Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, menyatakan pemerintah menyiapkan segala kebutuhan pemakaman Presiden Ketiga, Baharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie.

BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, tepat di samping pusara sang istri tercinta, Ainun Habibie.

"Kami koordinasi dengan Garnisun, sudah disiapkan slot di sebelah almarhumah Ibu Ainun Habibie dan seingat saya di 120 dan 121," ujar Pratikno, dikutip dari Liputan6.com.

Pratikno mengatakan persiapan upacara pemakaman terus disiapkan. Nantinya, upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Tolong mohon doanya supaya persiapan bagus, dan juga berdoa untuk almarhum, semoga husnul khotimah," kata Pratikno.

Habibie meninggal dalam usia 83 tahun di RSPAD Gatot Subroto pukul 18.05 WIB. Habibie mengalami gagal jantung disebabkan fisik yang sudah menua.

Sumber: Liputan6.com/Lizsa Egeham

Sebelum Wafat, BJ Habibie Pesan Lahan di Samping Makam Ainun

Dream – Presiden ke-3 Indonesia, Baharuddin Jusuf Habibie, meninggal dunia pada Rabu 11 September 2019. Jenazah akan disemayamkan di rumah duka di Kuningan, Jakarta.

Lalu, di manakah Habibie akan dimakamkan?

Ada kemungkinan Habibie akan dimakamkan di samping pusara sang istri, Hasri Ainun Habibie. Mendiang istri dimakamkan di Taman Makan Pahlawan Kalibata.

Ada lahan kosong di samping makan Hasri Ainun Habibie (yang ada vas bunga)

Di antara makam Ainun dan Widjojo, ada lahan makan yang telah dipesan khusus. Siapakah gerangan yang nantinya akan dimakamkan di sana?

Ternyata, pemesannya adalah Habibie.

“Pak Habibie ingin dekat dengan makam istrinya,” kata pengurus lahan TMP Kalibata, Lani, kepada Dream, pada 4 Juni 2015.

Dipesan Sendiri

Wakil Kepala Bagian Kantor TMP Kalibata ini mengatakan lahan kosong tersebut dipesan sendiri oleh Habibie. Sebagai mantan presiden, Habibie memang berhak menentukan sendiri di mana dia akan dimakamkan.

Lani merupakan salah satu PNS yang bertugas mengurusi lahan pemakaman khusus milik negara itu, Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Lahan kosong tersebut sengaja dipilihnya, sebagai perwujudan cinta sejatinya kepada wanita pujaannya. Rasa cinta Habibie itu juga tertuang dalam sajak untuk mengenang sang pujaan hati.

Sekadar informasi, lokasi makam Ainun terletak di beberapa pusara tokoh besar nasional. Makam Jenderal Besar Abdul Haris Nasution berada di sisi utara Ainun. Sisi barat, ada makam diplomat ulung mantan Menteri Luar Negeri era orde baru, Ali Alatas.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Prabowo Subianto Bakal Dapat Gelar Jenderal Kehormatan Bintang Empat dari Jokowi Besok

Prabowo Subianto Bakal Dapat Gelar Jenderal Kehormatan Bintang Empat dari Jokowi Besok

Pratikno mengungkap, Jokowi juga akan memberi sambutan pada acara tersebut.

Baca Selengkapnya
Prabowo Ungkap Pesan Jokowi: Siap-Siap, Tiap Hari Ada yang Minta Ketemu

Prabowo Ungkap Pesan Jokowi: Siap-Siap, Tiap Hari Ada yang Minta Ketemu

Jokowi berpesan agar Prabowo bersiap karena akan ada banyak pihak ingin bertemu usai Pemilu 2024.

Baca Selengkapnya
Buka-bukaan Prabowo Subianto Soal Lahan 340 Ribu Ha yang Disinggung Anies saat Debat: `Dia Mau Bikin Rakyat Benci Saya`

Buka-bukaan Prabowo Subianto Soal Lahan 340 Ribu Ha yang Disinggung Anies saat Debat: `Dia Mau Bikin Rakyat Benci Saya`

Soal Lahan yang Disinggung Anies saat Debat, Prabowo: Bukan 340 Ribu Hektare , Tapi Mendekati 500 Ribu Hektare

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

NOTED KAK! Gak Bawa Laptop Pas Cuti

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih lagi harinya cuti masih diminta pekerjaan oleh atasan? Kalau pernah komentar di bawah yaa.

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

BUNGKUS! Tebak Gambar Makanan

Dream - Tebak-tebakan gambar yuk Sahabat Dream. Ikuti petunjuk gambar untuk bisa menebak nama makanan. Berapa yang bisa kamu jawab?

Baca Selengkapnya