Menko Puan Maharani Harap Layanan Biometrik Haji Diperbanyak 2 Kali Lipat

News | Selasa, 12 Februari 2019 12:01
Menko Puan Maharani Harap Layanan Biometrik Haji Diperbanyak 2 Kali Lipat

Reporter : Maulana Kautsar

Proses biometrik di Indonesia membantu jemaah haji.

Dream - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani berharap layanan biometrik jemaah haji di dalam negeri dapat diperbanyak minimal dua kali lipat dari jumlah yang beroperasi saat ini.

Tahun 2018 lalu, pemerintah telah menyediakan fasilitas perekaman biometrik yang bisa melayani 70 ribu jemaah. 

“ Pak Menag (Menteri Agama,red), usahain lagi, tahun ini minimal bisa dua kali lipat,” kata Puan, dikutip Dream dari laman Kemenag, Selasa, 12 Februari 2019.

Pada 2018, tiga embarkasi telah menerapkan fasilitas biometrik. Tiga embarkasi itu adalah embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG), Jakarta Bekasi (JKS) dan Embarkasi Surabaya (SUB).

Sementara jemaah embarkasi lain masih melakukan proses verifikasi akhir di Bandara Madinah dan Jeddah berupa perekaman satu sidik jari dan pengecapan paspor kedatangan.

“ Dari 221 ribu kuota yang kita miliki, baru tahun lalu itu kita bisa memberlakukan bagi 70 ribu jemaah dari embarkasi di Indonesia, dicap nya itu di Indonesia. Pas mau naik pesawat itu dicap, kemudian setelah turun dari pesawat, tidak lagi antri di imigrasi,” kata Puan.

Puan berharap kementerian dapat bersinergi sehingga penyelenggaraan ibadah haji dapat masuk kategori sangat memuaskan.

Sementara itu, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengungkapkan jika Indeks Kepuasaan Jemaah Haji Indonesia 2018 yang disajikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) meningkat tiap tahun.

“ Indeks kepuasan jemaah haji Indonesia 2018 sebesar 85,23. Ini kali pertama menyentuh angka 85. Artinya, ini capaian terbaik dalam sejarah penyelenggaraan haji Indonesia,” kata Lukman.

“ Ini sesuatu yang kita syukuri. Tapi kita juga bersabar untuk memenuhi hal yang masih banyak ingin kita capai. Semoga kinerja kita akan lebih baik di tahun ini,” ucap dia menambahkan.(Sah)

Komentar
Beri Komentar
MRT Ramah Disabilitas?
Join Dream.co.id
Deretan Artis yang Diprediksi Gagal Masuk DPR