Travel Umroh Wajib Beri Jaminan Asuransi untuk Jemaah

News | Rabu, 26 Februari 2020 19:00
Travel Umroh Wajib Beri Jaminan Asuransi untuk Jemaah

Reporter : Ahmad Baiquni

Ada tiga jenis asuransi yang diwajibkan yaitu kesehatan, jiwa dan kecelakaan.

Dream - Kementerian Agama mewajibkan agen perjalanan yang menawarkan layanan ibadah umroh terdaftar dalam Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umroh dan Haji Khusus (SISKOPATUH). Aturan ini untuk mencegah praktik nakal agen perjalanan yan dapat merugikan jemaah.

“ Seluruh penyelenggara ibadah umroh wajib masuk ke dalam sistem ini (SISKOPATUH),” ujar Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag, M. Arfi Hatim, di Jakarta, Rabu 26 Februari 2020.

Tak hanya itu, Arfi juga mengatakan para penyelenggara perjalanan umroh resmi juga terkena kewajiban untuk memberikan jaminan asuransi kepada jemaah.

" Terdapat tiga jenis asuransi yang akan diberikan kepada jemaah umroh, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan kecelakaan,” tambah dia.

Bagi biro jasa umroh yang tidak memenuhi kewajiban tersebut, akan ada sanksi tegas

" Penyelenggara umroh yang tidak memberikan asuransi kepada jemaah akan mendapatkan sanksi dan hukuman yang tegas,” kata Arfi.

Pemberian asuransi kepada jemaah akan terpantau dalam SISKOPATUH dan dijalankan sesuai prinsip syariah. Ini untuk memberikan jaminan kepada jemaah terhindar dari riba.

Laporan: Cindy Azari

2 dari 6 halaman

Menag Siapkan Antisipasi Cegah Jemaah Umroh dan Haji Terpapar Virus Corona

Dream - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mengaku tak khawatir dengan potensi paparan virus Corona Wuhan terhadap jemaah umroh dan haji asal Indonesia. Dengan sisa waktu musim haji yang masih ada, Menag akan meningkatkan langkah antisipasi lebih baik.

" Kita kan jadi lebih berhati-hati, kan masih beberapa bulan lagi kan (musim haji), berangkat nanti bulan Juni. Ya masih ada empat bulanan lagi," ujar Fachrul di Jakarta, Rabu, 29 Januari 2020.

Menurut Fachrul, salah satu langkah yang sudah disiapkan adalah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan seandainya sebaran virus Corona Wuhan belum berakhir saat musim haji tiba.

Fachrul juga tak mencemaskan dengan jemaah umroh yang umumnya datang dari berbagai negara di dunia. Dari pantauannya saat ini, penanganan medis khusus belum akan dilakukan pada jemaah umroh.

" Masih aman-aman saja, mudah-mudahan aman," kata dia.

Menag berharap penyebaran virus Corona yang berawal dari Wuhan dapat segera diatasi. Dengan penanganan terbaik diharapkan kekhawatiran warga dunia terkena virus corona tidak terjadi lagi.

Saat ini, berdasarkan data John Hopkins University-The Centre for System Science and Engineering (JHU-CSSE) belum diaporkan kemunculan virus Corona Wuhan di Arab Saudi.

3 dari 6 halaman

Pria Misterius Tinggalkan 500 Masker Dekat Pusat Wabah Corona Wuhan

Dream - Tak semua pahlawan memakai jubah. Peribahasa itu ingin menggambarkan banyaknya `pahlawan` yang memiliki latar belakang manusia biasa.

Kondisi inilah yang terjadi di China beberapa hari terakhir. Ada banyak `pahlawan` yang merelakan tenaga dan keselamatannya demi membantu orang lain.

Seorang pria yang tak diketahui namanya, meninggalkan sebanyak 500 masker untuk menghadang penyebaran virus Corona Wuhan. Dia meninggalkan kotak masker tersebut di resepsionis.

 Si pemberi masker pergi begitu saja (Foto: CGTN)© CGTN

Si pemberi masker pergi begitu saja (Foto: CGTN)

Usai meninggalkan kotak masker itu, dia bergegas pergi dari kantor polisi. Seorang polisi yang awalnya curiga mengejarnya.

Tapi, si lelaki terus berlari dan meninggalkan kantor polisi. Dua orang polisi yang berjaga kemudian memberikan hormat kepadanya.

4 dari 6 halaman

Tak Diketahui

Dilaporkan CGTV, aksi lelaki yang terekam kamera keamanan ini terjadi di sebuah kantor polisi di timur China, kota Liu'an, Provinsi Anhui. Peristiwa ini terjadi pada 27 Januari 2020.

Provinsi Anhui disebut berbatasan langsung dengan Provinsi Hubei. Pusat kota Hubei, Wuhan, diduga menjadi awal mula penyebaran virus 2019-nCoV.

Berdasarkan data terbaru, Rabu, 29 Januari 2020 pukul 17.20 WIB, sebanyak 132 orang menjadi korban virus Corona Wuhan. Sementara itu, 6.057 orang dilaporkan terinfeksi.

China masih menjadi wilayah terbesar pengidap virus ini. Sebanyak 5.970 orang dilaporkan terinfeksi.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Paspor Haji dan Umroh Secara Online

Dream - Ibadah haji ataupun umroh merupakan ibadah yang wajib ditunaikan bagi setiap Muslim yang mampu. Haji merupakan ibadah dalam rukun Islam kelima.

Sebagai warga negara salah satu syarat saat hendak menunaikan ibadah Haji adalah memiliki paspor.

 shutterstock© shutterstock.com

Paspor adalah salah satu dokumen wajib yang harus dimiliki setiap jamaah umroh dan haji. Meskipun kebanyakan proses keberangkatan sudah diatur seluruhnya agen travel, kamu tetap bisa mengurus permohonan paspor sendiri di kantor imigrasi atau secara online.

Berikut cara membuat pasporonline untuk umroh dan haji:

1. Persiapan berkas dokumen

Cara membuat paspor online setelah mengisi formulir, siapkan dokumen-dokumen pribadi yang akan diberikan kepada pihak imigrasi. Dokumen yang dibutuhkan ketika mengurus paspor antara lain:

- Kartu Tanda Penduduk (KTP)

- Kartu Keluarga (KK)

- Akta Kelahiran

- Surat Nikah (Bagi yang telah menikah)

- Surat Rekomendasi dari travel umroh

Scan semua berkas dokumen tersebut dalam bentuk file jpeg dan berwarna hitam putih. Pastikan setiap file scan memiliki size maksimal 1.8 Mb agar dapat diunggah ke website.

6 dari 6 halaman

2. Membuka laman imigrasi

- Cara membuat paspor online langkah selanjutnya yaitu buka laman imigrasi.go.id
- Masuk menu Layanan Paspor Online
- Cara membuat paspor online lengkap iisian data secara benar sesuai dengan kartu identitas
- Unggah dokumen yang sudah dalam bentuk file jpeg
- Cara membuat paspor online di bagian akhir, berikan keterangan letak kantor imigrasi terdekat dari lokasi kamu untuk proses pengambilan paspor dan foto

3. Print formulir pendaftaran

Setelah itu silakan print form yang telah kamu isi, kemudian pada lembaran tersebut diberinama Formulir Praper mohonan Paspor.

Keuntungan dari isi form online ini yaitu kamu tidak perlu diminta lagi mengisi formulir manual yang disiapkan di kantor imigrasi.

Tunjukkan barcode yang tertera di formulir kamu tersebut kepada petugas imigrasi. Dengan demikian, semua data kamu sudah terproses dalam database imigrasi.

4. Datang ke kantor Imigrasi

Sebelum datang ke kantor imigrasi, siapkan materai 6000, dokumen-dokumen asli dan juga dokumen yang sudah difotokopi dalam kertas A4 full (tanpa dipotong).

Sesampai di kantor imigrasi pada tanggal yang sudah ditentukan, kamu akan diberi formulir berisi beberapa pertanyaan isian seperti nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, negara yang mau dituju, dan tujuan kamu.

Cara membuat paspor online khusus untuk calon jamaah umroh, data isian nama wajib berisi nama dengan 3 (tiga) suku kata tanpa gelar. Setelah itu, ambil nomor urut di ruangan pembuatan paspor.

Indah Permatasari: Karena Mimpi Aku Hidup
Join Dream.co.id