Tim Auditor Pemantau Persiapan Haji Kemenag Diterjunkan

News | Jumat, 12 April 2019 11:02
Tim Auditor Pemantau Persiapan Haji Kemenag Diterjunkan

Reporter : Maulana Kautsar

Mengikuti proses negosiasi yang dijalankan tim Kemenag.

Dream - Kementerian Agama (Kemenag) menurunkan tim pemantau persiapan ibadah haji. Penanggung jawab tim auditor, Inspektur Wilayah II Nur Arifin mengatakan, tim ini untuk memastikan kesiapan Kantor Staf Teknis Urusan Haji.

“ Dalam memberikan layanan perumahan, transportasi, dan konsumsi jemaah pada musim haji 2019 M/1440,” kata Nur Arifin, dalam keterangan resminya.

Sementara, anggota tim Auditor Itjen Kemenag, Djubaedah mengatakan, selama di Jeddah tim auditor mengikuti beberapa proses pelayanan kepada jemaah haji.

“ Salah satunya, tim mengikuti kegiatan tim penyediaan katering untuk kasyfiyah (survei awal) ke dapur penyedia layanan katering di Arab Saudi yang telah mendaftar. Tim juga memantau saat proses negosiasinya,” kata Djubaedah.

Tim auditor ini beranggotakan enam orang auditor. Tim bertugas selama 14 hari, mulai 28 Maret sampai 11 April 2019.

“ Terutama dalam masa transisi dari BPIH ke DIPA, sehingga memerlukan penguatan penuh dalam pengelolaan keuangan. Sekaligus dibicarakan juga masalah yang menyangkut e-Hajj, terutama masalah pembayaran kontraktual,” kata Djubaedah. 

2 dari 2 halaman

Bahas Audit Keuangan

Menurut Staf Teknis Haji (STH) KJRI Jeddah, Endang Jumali pertemuan itu, membahas beberapa poin penting terkait kinerja dan pelayanan Kantor Teknis Urusan Haji.

“ Pada pertemuan tadi dibahas tiga poin penting, diantaranya adalah pembahasan tentang struktur organisasi TUH untuk menambah fungsi umrah. Ini melihat dari pelayanan umrah yang semakin masif dan diperlukan sekali, sekaligus juga sebagai bentuk perlindungan warga,” kata Endang Jumali.

Selain itu, Endang Jumali juga juga menyampaikan poin pembahasan lainnya terkait audit keuangan dan kinerja terutama dalam masa transissi dari BPIH ke DIPA. Serta, tentang perihal kontraktual pelayanan jemaah haji yang terkoordinasi pada system e-Hajj Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi. (ism)

 

Rumah Emas Selamat dari Tsunami, Ini Amalan Sang Pemilik
Join Dream.co.id