Kemenag Akan Konfirmasi Penambahan 10 Ribu Kuota Haji

News | Selasa, 16 April 2019 06:00
Kemenag Akan Konfirmasi Penambahan 10 Ribu Kuota Haji

Reporter : Maulana Kautsar

Jika benar, akan berpengaruh ke pembayaran biaya haji yang ditetapkan dengan DPR.

Dream - Presiden Joko Widodo telah menginformasikan tambahan kuota haji 10.000 jemaah untuk Indonesia, sebagai hasil pertemuannya dengan Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz.

Meski demikian, Kementerian Agama akan mengonfirmasi kembali penambahan kuota tersebut.

" Kami akan meminta konfirmasi bila memang ada penambahan sebanyak 10 ribu jemaah haji," kata Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Nizar Ali, Senin, 15 April 2019.

Nizar mengaku belum mendapat penjelasan lengkap mengenai informasi penambahan kuota itu. Dia juga akan mengecek apakah penambahan kuota itu akan terjadi di tahun ini.

" (Jika tahun ini) Tentunya akan berpengaruh terhadap Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) yang sudah ditetapkan oleh Presiden melalui persetujuan DPR. Sebab dalam BPIH itu ada biaya yang ditanggung jemaah dan ditanggung dari dana optimalisasi setoran awal," kata dia.

Dengan penambahan itu, artinya akan muncul penambahan lain yang tidak tertera di BPIH 2019.

Seandainya rencana itu benar, Nizar akan mengonsultasikan mekanisme pelaksanaannya dengan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

" Sementara, kuota haji reguler tahun ini (dalam pembahasan BPIH) masih ditentutakan sebesar 204 ribu calon jemaah haji," ucap dia.

2 dari 2 halaman

Alhamdulillah, Indonesia Dapat Tambahan Kuota Haji 10 Ribu Jemaah

Dream - Presiden Joko Widodo mendapat undangan khusus dari Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Aziz Al Saud. Keduanya bertemu di Istana Riyadh pada Minggu siang waktu setempat, 14 April 2019.

Hasil pertemuan itu rupanya menjadi kabar bahagia bagi Indonesia. Akhirnya, Raja Salman memberikan tambahan kuota haji bagi Indonesia sebanyak 10 ribu jemaah.

" Kepada sang penjaga dua Kota Suci, saya menyampaikan apresiasi dari masyarakat Indonesia atas diberikannya kuota tambahan kembali sebesar 10 ribu bagi jemaah haji kita," ujar Jokowi melalui akun Facebook-nya seperti diakses Dream, Senin 15 April 2019.

Jokowi mengatakan Indonesia dan Saudi akan terus menjalin kerja sama. Tidak hanya pada haji, namun sejumlah sektor ekonomi terutama energi dan pariwisata.

" Raja Salman sendiri menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kepemimpinan Indonesia dalam menjaga stabilitas kawasan dan dunia," kata Jokowi

Tahun ini, kuota haji Indonesia berjumlah 221 ribu jemaah dengan rincian 204 ribu jemaah haji reguler dan 17 ribu untuk haji khusus. Dengan penambahan ini, maka kuota haji Indonesia menjadi 231.000 jemaah.

Terkait
Join Dream.co.id