Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Kejam, Di Tubuh Orang Utan Ini Bersarang 74 Peluru Senapan Angin

Kejam, Di Tubuh Orang Utan Ini Bersarang 74 Peluru Senapan Angin Orang Utan Hope Menjalani Perawatan Tim BKSDA Aceh (Foto: Instagram/@BKSDA Aceh)

Dream - Nasib orang utan (Pongo pygmaeus) di Desa Bunga Tanjung, Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subussalam, Aceh sungguh menyedihkan. Orang utan itu ditemukan terluka parah di perkebunan milik warga setempat, Minggu, 10 Maret 2019.

Kepala Pusat Informasi, Data, dan Kehumasan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan, induk orang utan itu diserbu senja tajam dan 74 peluru senapan angin.

Anak orang utan malang itu juga merenggang nyawa karena kekurangan nutrisi dan trauma berat.

"Sungguh biadab orang yang menyiksanya. Saat ini dalam perawatan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Aceh," kata Sutopo di Twitter-nya, @Sutopo_PN, Rabu, 13 Maret 2019.


Dilaporkan BKSDA Aceh, orang utan yang dinamai Hope tersebut, bisa pulih dengan kondisi yang memprihatinkan. Orang utan berusia 30 tahun itu mengalami patah tulang, kerusakan permanen di bagian mata kiri akibat 3 peluru yang bersarang di bagian kornea dan pupil.

Saat ini BKSDA Aceh telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Penegakan Hukum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengusut kasus penganiayaan orang utan dan kematian anaknya.

 

[SIARAN PERS] Evakuasi Orangutan Sumatera di Desa Bunga Tanjung Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam _____________ Foto : @socp.official Bagian 1. Personil BKSDA Aceh Seksi Wilayah 2 Subulussalam bersama mitra WCS-IP dan OIC melakukan kegiatan evakuasi orangutan sumatera (Pongo abelii) di kebun warga tepatnya di Desa Bunga Tanjung Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam. Upaya evakuasiini bermula dari laporan Saudari Sanita menghubungi petugas BKSDA Aceh melalui telpon menyampaikan pengaduan tentang terjadinya konflik orangutan di Desa Bunga Tanjung Kecamatan Sultan Daulat Kota Subulussalam. Kemudian pada tanggal 9 Maret 2019 tim melakukan pengecekan ke lokasi dan dijumpai 1 (satu) ekor orangutan di pohon nangka serta sarang dan bekas makanan seperti pelepah daun sawit dan daun kelapa. Orangutan terisolasi di kebun sawit milik seorang warga. Menurut warga setempat orangutan tersebut dalam kondisi kurang sehat bahkan pengakuan anak-anak sekitar areal kejadian menyatakan orangutan tersebut sudah terkena alat dodos kelapa sawit bahkan anak orangutan tersebut sempat diambil dari induknya. Selanjutnya pada hari Minggu tanggal 10 Maret 2019, Tim BKSDA Aceh bersama dengan personel WCS-IP dan HOCRU-OIC turun ke lokasi ditemukannya orangutan sumatera di Kecamatan Sultan Daulat dan berhasil mengevakuasi dua individu orangutan terdiri dari anak dan induknya, dengan melakukan pembiusan terhadap induk OU. Dari pemeriksaan awal di lapangan, diketahui bahwa induk Orangutan dalam kondisi terluka parah karena benda tajam pada tangan kanan, kaki kanan serta punggung. Selain itu didapati juga kedua mata induk OU terluka parah karena tembakan senapan angin. Sedangkan bayi OU yang berumur 1 bulan, dalam kondisi kekurangan nutrisi parah dan shock berat. Tim kemudian bergegas membawa kedua orangutan tersebut ke Pusat Karantina Orangutan di Sibolangit, Sumatera Utara, yang dikelola Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) melalui Program Konservasi Orangutan Sumatera (SOCP), untuk dilakukan perawatan intensif. Namun dalam perjalanan anak orangutan mati diduga karena malnutrisi. Anak OU kemudian dikuburkan di Pusat Karantina Orangutan di Sibolangit Sumatera Utara. Bagian 2 �

A post shared by BKSDA ACEH (@bksdaaceh) on

Selain itu BKSDA Aceh juga akan berkomitmen untuk mengungkap kasus ini bersama Polda Aceh. Terutama mengenai penertiban peredaran senapan angin ilegal.

"Karena dalam Peraturan Kapolri Nomor 8 Tahun 2012 penggunaan senapan angin hanya untuk olahraga dan harus diliputi dengan izin," ujar BKSDA Aceh di Instagram resmi mereka.

Orang Utan Muncul Jadi Guide, Wisatawan Terkaget

Dream - Menikmati indah pepohonan rindang dengan udara yang sangat bersih tentu jadi dambaan saat mengunjungi hutan lindung. Seperti para wisatawan yang datang ke Taman Nasional Tanjung Puting Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Para wisatawan ini rupanya mendapat kejutan saat melakukan tracking hutan yang merupakan tempat tinggal asli Orang Utan. Di tengah perjalanan mereka, muncul orang utan dewasa bernama Tomas.

Rupanya Tomas mengambil alih tugas pemandu wisatawan yang mendampingi mereka. Binatang yang dilindungi itu menunjukkan jalan di hutan untuk menuju camp feeding Orang Utan di Camp Leakey.

 

A post shared by abubornean78@gmail.com (@abubornean1004) on

Video tersebut diunggah oleh akun Instagram @abubornean1004. Ia merupakan pemandu wisata di Taman Nasional Tanjung Puting.

Bulan Mei lalu Abu juga mengunggah video kemunculan Orang Utan jantan berukuran sangat besar saat membawa wisatawan.

 

Tak sengaja bertemu orang utan adult male, di jalan menuju, feeding time... Central kalimantan. Whatsapp :+6282155047936 Abubornean78@gmail.com. #orangutan#tourism#travellingindonesia#spain#mochileros#travelblog#travelgram#instagood#instagram#forest#green#borneo#tanjungputing#indonesia#photooftheday#tour#trip#natgeo#guide#place.

A post shared by abubornean78@gmail.com (@abubornean1004) on

Si Orang Utan tampak memperhatikan kemunculan manusia yang tampak kaget dengan kemunculannya. Namun Orang Utan tersebut tak berperilaku agresif, hewan berbulu lebat tersebut malah berjalan di depan wisatawan seakan menunjukan jalur.

Sahabat Dream juga ingin dipandu oleh Orang Utan?

Cerita Sebenarnya di Balik Berita Pria Hamili Orang Utan

Dream - Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan berita yang mengatakan seekor orang utan hamil karena diperkosa seorang penjaga kebun binatang di Surabaya.

Namun, sumber berita utama yang melaporkan hal aneh itu sebenarnya adalah sebuah portal parodi yang sering mengunggah cerita-cerita aneh yang sebenarnya tak pernah terjadi.

Sayangnya, berita itu dikutip oleh World News Daily Report yang dikenal sebagai portal berita satir karena selalu menyajikan kisah sensasi dan seringkali secara realitas tidak pernah terjadi.

Media Zionis Yahudi Amerika yang berbasis di Tel Aviv tersebut dikatakan gemar mereka-reka cerita unik yang tidak masuk akal, demi meraih view tinggi dari pembaca di seluruh dunia dan menjadi referensi banyak media internasional lainnya.

Menurut Kepala Badan Pengawas Kebun Binatang Surabaya (KBS), cerita itu adalah palsu. "Ini memang berita rekaan tidak berdasar bahkan kami tidak pernah pelihara orang utan betina yang bernama Marilyn dan direktur kebun binatang ini juga bukan bernama Abdoel Hakim," kata Heri Purwanto.

(Sumber: mynewshub.cc)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Keluhan Tubuh yang Jadi Tanda Kalau Level Cemas Sedang Sangat Tinggi

Keluhan Tubuh yang Jadi Tanda Kalau Level Cemas Sedang Sangat Tinggi

Banyak orang alami gejala kecemasan hingga menghambat kegiatan sehari-hari. Cegah dan atasi hal tersebut dengan beberapa kebiasaan sehat.

Baca Selengkapnya
Kisah Seram dan Kelam Bukit Soeharto yang Angker, Tempat Pembuangan Mayat Korban Petrus hingga Penampakan Hantu Romusha

Kisah Seram dan Kelam Bukit Soeharto yang Angker, Tempat Pembuangan Mayat Korban Petrus hingga Penampakan Hantu Romusha

Hutan raya ini dianggap sebagai tempat yang angker di kalangan sebagian warga Kaltim karena kisah horor yang menyelimutinya.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Bungkus! Tebak Minuman Rasa Jeruk

Sahabat Dream, kira-kira kalian kalau dikasih tebakan minuman ini bisa gak menjawabnya dengan tepat?

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

DRESS IT! Tips Lipat Celana Jeans

Kalian saat memakai celana kepanjangan pasti suka melipat bagian bawahnya biar terlihat rapi. Nah, mungkin tips ini yang sedang kalian cari.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ketika Bos Lihat kita Kerja

NOTED KAK! Ketika Bos Lihat kita Kerja

Sahabat Dream, kamu atau temanmu pernah gak kaya gini? Pura-pura sibuk kerja ketika dilihat bos, padahal aslinya.... ya udah lah

Baca Selengkapnya