Kedokteran Universitas Malahayati Masuk Jajaran Terbaik Nasional

News | Kamis, 22 Agustus 2019 15:13
Kedokteran Universitas Malahayati Masuk Jajaran Terbaik Nasional

Reporter : Ahmad Baiquni

Lulusan Fakultas Kedokteran kampus ini mencatat prestasi.

Dream - Universitas Malahayati Bandar Lampung patut berbangga. Sebab, kampus ini memiliki Fakultas Kedokteran dengan kualitas yang sudah diakui dengan masuk jajaran Program Pendidikan Terbaik Nasional.

Tahun ini, Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati punya dua lulusan terbaik. Mereka adalah Ade Rahardian yang lolos Uji Kompetensi Mahasiswa Computer Based Test (CBT) Program Profesi Dokter (UKMPPD) dengan skor 91. 

Satu alumni lainnya Putri Julianti yang mencatatkan prestasi sebagai peserta terbaik dalam Diksar Dokter Perwira Akademi Militer Magelang.

Capaian ini mampu diraih setelah upaya keras yang ditempuh rektorat dalam perbaikan mutu akademik. Salah satunya dengan melengkapi fasilitas penunjagg belajar.

" Kita melengkapi seluruh fasilitas kampus untuk menunjang seluruh kegiatan akademik," ujar Rektor Universitas Malahayati, Muhammad Kadafi, melalui keterangan tertulis diterima Dream, Kamis 22 Agustus 2019.

Fasilitas di Fakultas Kedokteran Universitas Malayahati memang sangat lengkap. Kampus ini memiliki Laboratorium Kesehatan Terpadu yang terdiri dari laboratorium dasar, biomolekular, osce, hingga laboratorium Computer Basic Training (CBT) serta perpustakaan dengan 35 ribu koleksi buku.

 Universitas Malahayati

Kampus Universitas Malahayati, Bandar Lampung, Provinsi Lampung. (Istimewa)

 

2 dari 3 halaman

Punya RS Akademik Berpredikat Paripurna

Selain itu, juga terdapat rumah sakit akademik, RS Pertamina-Bintang Amin. Rumah sakit yang berdiri sejak 2006 lalu ini menyandang predikat Paripurna dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Proses belajar mengajar dijalankan dengan kontrol sangat ketat. Para mahasiswa kedokteran juga disediakan tempat tinggal berupa asrama 'Green Dormitory" berkonsep hunian apartemen dengan sejumlah fasilitas.

" Sehingga mahasiswa bisa fokus belajar," kata Kadafi.

Upaya untuk meningkatkan kualitas juga dijalankan lewat lelang jabatan. Kebijakan ini ditempuh untuk memberikan kesempatan yang sama bagi pegawai untuk mengembangkan karir.

" Sehingga setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam mengembangkan karier dan berani memikul tanggung jawab. Ukurannya jelas pada kualitas pendidikan," ucap Kadafi.

Alumnus Fakultas Kedokteran, Ade Rahardian, mengatakan sistem yang diterapkan pada kampusnya cukup memudahkan dalam belajar. Dia mengaku mendapat banyak pengetahuan dan bimbingan dari para dosen. Hasilnya, dia buktikan saat mengikuti ujian dokter.

" Saya hanya memperkuat materi dasar dari bangku kuliah. Kalau dasarnya kuat, maka akan lebih mudah memahami materi yang diujikan," kata dia.

 

3 dari 3 halaman

Institusi Tertua di Lampung

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati merupakan salah satu institusi tertua di Provinsi Lampung. Bahkan Lampung hanya punya dua fakultas kedokteran yaitu di Universitas Malahayati dan Universitas Negeri Lampung.

Sejak berdiri pada 1993, Universitas Malahayati berkembang menjadi institusi perguruan tinggi terkemuka. Kampus ini telah memiliki beberapa fakultas dengan sejumlah program studi.

Fakultas Kedokteran:

- Program Studi Kedokteran Umum
- Program Studi Ilmu Keperawatan (S1)
- Program D-3 Kebidanan
- Program Studi Diploma IV Bidan Pendidik
- Program Studi Farmasi (S1)
- Program Studi Psikologi (S1)

Fakultas Kesehatan Masyarakat:

- Program Studi Kesehatan Masyarakat

Fakultas Ekonomi:

- Program Studi Ekonomi Akuntansi
- Program Studi Ekonomi Manajemen

Fakultas Teknik:

- Program Studi Teknik Sipil
- Program Studi Teknik Mesin
- Program Studi Teknik Industri
- Program Studi Teknik Lingkungan

Fakultas Hukum

Program Pascasarjana:

- Magister Kesehatan Masyarakat

Akademi Farmasi & Analisis Makanan:

- Program Studi Diploma III Farmasi & Makanan

Terkait
BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id