Gereja Abad 12 Notre Dame Paris Dilalap Api

News | Selasa, 16 April 2019 11:16
Gereja Abad 12 Notre Dame Paris Dilalap Api

Reporter : Ahmad Baiquni

Menara gereja yang dibangun abad ke-12 itu sampai roboh.

Dream - Kebakaran hebat melanda Katedral Notre Dame Paris, Prancis. Struktur atap tempat ibadah ikonik yang berdiri sejak abad ke-12 itu rusak parah.

Dikutip dari Independent, api menghancurkan seluruh bagian atap. Tak hanya itu, menara gereja itu sampai roboh.

Video insiden tersebut beredar luas di media sosial dan membuat dunia tercengang. Ini lantaran Katedral Notre Dame merupakan salah satu cagar budaya yang dilindungi.

Tak hanya itu, banyak artefak bersejarah tak ternilai tersimpan di dalam katedral tersebut. Benda-benda tersebut segera dievakuasi sebelum bagian atap runtuh.

Sejumlah video menunjukkan gereja api berkobar di atas gereja berusia 850 tahun itu. Asap hitam membumbung tinggi dan tersebar sangat jauh akibat terpaan angin.

Robohnya menara katedral tersebut juga terekam dalam sejumlah video. Api pun dapat dikendalikan petugas pemadan kebakaran setelah menara tersebut roboh.

 

2 dari 4 halaman

Sebab Kebakaran Belum Diketahui

Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Paris, Jean-Claude Gallet mengatakan dua menara katedral itu telah dievakuasi. Dia juga menyatakan kondisi struktur atap dari bangunan bersejarah itu dinyatakan telah aman dari api.

" Masih ada risiko beberapa bagian dari struktur interior bisa ambruk," ucap Gallet.

Namun demikian, polisi belum dapat memberikan keterangan mengenai penyebab kebakaran hebat itu.

Dugaan sementara, pemicu kebakaran berkaitan dengan pekerjaan renovasi yang sedang berjalan.

Sementara, Wakil Walikota Paris, Emmanuel Gregoire, mengatakan Katedral Notre Dame mengalami kerusakan sangat parah.

Kebakaran ini terjadi di waktu yang sama dengan kebakaran yang melanda Masjid Al Aqsa di Yerusalem, Palestina. Situs suci terbesar ketiga umat Islam tersebut juga terbakar pada bagian atap.

3 dari 4 halaman

Masjid Al Aqsa Kebakaran

Dream - Masjid Al Aqsa di Yerusalem, Palestina kebakaran pada Senin, 15 April 2019 waktu setempat. Rekaman video menunjukkan, asap dan api muncul dari atap ruangan Marwani, atau dijuluki Kandang Kuda Sulaiman.

Dilaporkan Newsweek, kebakaran terjadi di ruang penjaga di luar atap ruang Marwani, dan pemadam kebakaran dari Islamic Waqf telah berhasil memadamkan api.

Ruang Marwani terletak di bawah sudut tenggara Temple Mount, yang dikenal oleh umat Islam sebagai Haram al-Sharif, yang berisi Kubah Batu dan Masjid Al-Aqsa.

Dirjen Departemen Wakaf Yerusalem dan Departemen Urusan Masjid Al-Aqsa, Sheikh Azzam al-Khatib mengatakan, kepada TV Jordan Al-Mamlaka, bahwa kebakaran terjadi di halaman dan informasi awal menyatakan, diduga kebakaran terjadi karena ulah sekelompok anak-anak di area itu.

Kompleks ini secara keseluruhan terletak di bagian Kota Tua Yerusalem Timur. Awalnya diduduki oleh Yordania selama konflik Arab-Israel 1948. Tetapi area ini direbut Israel selama perang kedua pada 1967.

Israel mencaplok keseluruhan kota pada tahun 1980 dalam suatu langkah yang tidak diakui oleh banyak komunitas internasional, meskipun monarki Jordan diberikan hak menjaga situs-situs suci Islam.

 

4 dari 4 halaman

Gereja Notre Dame Kebakaran

Peristiwa kebakaran di Masjid Al Aqsa, situs tersuci ketiga bagi umat Islam, berbarengan dengan kebakaran yang melanda Gereja Katedral Notre Dame.

Kantor Berita Palestina melaporkan kantor Presiden Palestina telah menyatakan duka atas peristiwa kebakaran ini. 

" Menyatakan duka yang mendalam pada hari Senin atas kebakaran yang terjadi di Katedral Notre Dame yang bersejarah di pusat ibukota Prancis di Paris, yang menyebabkan runtuhnya menara katedral."

" Kantor Kepresidenan mengukuhkan solidaritas dan simpatinya dengan teman-teman kita di Perancis atas insiden ini," kata keterangan resmi itu.

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id