Dedi Mulyadi Temukan Pengemis Pura-Pura Cacat, Ternyata di Rumah Punya 2 Motor

News | Rabu, 8 September 2021 12:00

Reporter : Widya Resti Oktaviana

Si ibu terus berusaha ngelak, tapi ujung-ujungnya malu ketahuan bohong.

Dream – Tidak semua orang yang meminta-minta di jalanan benar-benar miskin. Beberapa di antara mereka ternyata punya harta benda alias mampu.

Orang-orang jenis itu menjadikan ngemis sebagai profesi karena tidak perlu susah-susah, hanya dengan menengadahkan tangan, sudah bisa mendapat uang.

Seperti yang ditemukan oleh Dedi Mulyadi. Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @viralkak, terlihat Dedi mendapati pengemis yang sedang meminta-minta di sebuah rumah makan.

Dedi juga berkunjung ke rumah sang pengemis dan menemukan fakta mengejutkan. Berikut kisahnya sebagaimana dikutip dari akun Instagram @viralkak dan @dedimulyadi71.

Dedi Mulyadi Temukan Pengemis Pura-Pura Cacat, Ternyata di Rumah Punya 2 Motor
Pengemis Pura-pura Cacat (Foto: Instagram @viralkak)
2 dari 5 halaman

Pengemis Pura-Pura Cacat

 Pengemis Pura-pura Cacat© Instagram @viralkak

Dalam video itu tampak seorang wanita sedang berada di depan sebuah rumah makan. Pengemis bernama Nur itu mengenakan pakaian berwarna cokelat dan hijab berwarna senada. Ia juga membawa sebuah gendongan kain.

Tiba-tiba saja Dedi uang memakai jaket, berkacamata, dan bermasker mendatangi Nur. Karena curiga dengan gerak-gerik si pengemis, beliau pun mengecek kondisi si ibu.

Benar saja, ternyata ibu itu pura-pura cacat tangan untuk mendukungnya saat mengemis. Meski begitu, si ibu sejak awal tetap saja berusaha menutupi kebohongannya itu dan bersikeras mengatakan tangannya cacat.

Tangannya kunaon? (Tangannya kenapa?),” tanya Dedi Mulyadi dengan bahasa Sunda.

Cacat, pak,” jawab si pengemis sambil menunjuk tangannya yang cacat dan ditutupi dengan kain gendongan.

3 dari 5 halaman

Ketahuan Bohong tapi Tetap Berusaha Mengelak

 Ketahuan Bohong tapi Tetap Berusaha Mengelak© Instagram @viralkak

Dedi Mulyadi menyuruh si pengemis membuka kain gendongan sehingga langsung berjongkok dengan ekspresi ketakutan. Perlahan Nur mengeluarkan tangan kirinya dari balik kain gendongan dan tampak dengan jelas bahwa tangannya masih utuh dan bisa digerakkan.

Si pengemis tetap saja mengelak dan mengatakan dosa jika berbohong. Tetapi kang Dedi tetap ingin membuka kebohongan si pengemis dan terus menyuruhnya untuk menunjukkan tangannya itu.

“ Udah dikasih Allah tangannya baik. Nih si emak kakinya lumpuh masih jualan. Hayo…,” ucap kang Dedi pada si pengemis.

Ibu yang tangannya masih sehat, minta-minta,” tambah kang Dedi sambil menggerak-gerakkan tangannya.

Kang Dedi pun langsung memegang tangan kiri si pengemis yang dibilang cacat itu dan menunjukkan bahwa tangannya baik-baik saja dan bisa diluruskan. Tak hanya itu saja, kang Dedi juga menekuk-nekuk tangan si pengemis dan masih normal. Namun si pengemis masih saja mengelak dan mengatakan sakit saat tangannya dipegang kang Dedi.

4 dari 5 halaman

Punya 2 Motor

 Punya 2 Motor© Instagram @viralkak

Kang Dedi juga menyempatkan diri untuk mengunjungi rumah si ibu yang mengemis tersebut. Hal tak terduga pun ditemukan oleh kang Dedi di kediaman si ibu. Ada sebuah motor matic Beat warna hitam masih baru yang terparkir di depan rumahnya.

Punya motor baru begini, minta-minta. Sedekah itu kan diberikan pada orang yang betul-betul membutuhkan. Tapi kan kalau kayak gini mah, motor aja baru. Yang ngasih belum tentu punya motor. Gak boleh, gak boleh lagi,” jelas kang Dedi di hadapan si ibu yang berdiri di depan rumahnya.

Kang Dedi juga masuk ke rumah si ibu dan kembali menemukan motor di dalamnya.

Motornya 2 lo..,” ucapk kang Dedi kaget sambil menunjuk motor di dalam rumah.

ternyata pengemis yang pura pura cacat dirumahnya punya motor 2,” tulis keterangan di video tersebut.

Bahkan kang Dedi juga mengecek bagian dapur dan kamar mandi yang kelihatan bersih. Bahkan bagian kamar mandinya juga berkeramik.

5 dari 5 halaman

Beragam Komentar Warganet

 Salah Satu Komentar Warganet© Instagram @viralkak

Setelah video tersebut dibagikan, hal ini langsung viral dan tak sedikit dari warganet yang terkejut karena melihat ada seorang pengemis, tapi ternyata ia memiliki rumah yang layak, bahkan punya dua motor. Diketahui hingga saat ini video itu telah memiliki 26 ribu lebih like dan beragam komentar dari warganet.

Ngakak tangannya sampe di tekuk tekukin,” tulis @alief.rasya_17

Kedok untuk bermalas-malasan,” tulis @ardi_novrianto

Kang Dedy memberikan edukasi,, Bagaimana seharusnya orang berusaha,” tulis @antonsatyanetwork99

Malu gak malu lah masa gak,” tulis @nadyaaaaazz.

Join Dream.co.id