Kampung Unik di Garut, Tak Boleh Didatangi Hari Jumat dan Sabtu

News | Kamis, 16 Juli 2020 17:00
Kampung Unik di Garut, Tak Boleh Didatangi Hari Jumat dan Sabtu

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Hal ini terjadi lantaran sebagian warga memang memiliki warisan gen dari nenek moyang yang merupakan orang Belanda.

Dream - Setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri. Seperti di Kampung Ciburuy, sebuah kampung di Kabupaten Garut, Jawa Barat atau yang biasa disebut dengan Kampung Albino.

Sesuai namanya, sebagian warga di kampung Ciburuy memiliki kulit yang sangat putih. Berdasarkan keterangan warga setempat, kelainan warna kulit yang dialami penduduk Ciburuy ini terjadi lantaran beberapa warga merupakan keturunan Belanda atau “ generasi Walanda”.

Berikut ulasannya yang dilansir dari Merdeka.com:

2 dari 8 halaman

1. Ada Sejak Kerajaan Padjajaran

Cerita dari masyarakat sekitar, konon kampung tersebut sempat menjadi tempat tinggal bagi warga Belanda yang tengah menjajah Indonesia.

Bahkan kampung Ciburuy dikabarkan telah ada sejak zaman kerajaan Padjajaran beberapa abad yang lalu.

" Saya tidak tahu bagaimana asal muasalnya. Yang jelas, warga di kampung ini dulunya satu keturunan. Makanya, sampai sekarang keturunan albino di sini masih ada," ungkap Ujang Nana Suryana selaku pemangku adat di Kabuyutan Ciburuy.

3 dari 8 halaman

2. Sebagian Besar Keturunan Belanda

Kampung Ciburuy memang dikenal luas oleh masyarakat Jawa Barat sebagai Kampung Bule. Hal ini terjadi lantaran sebagian warga memang memiliki warisan gen dari nenek moyang yang merupakan orang Belanda.

 Warga Kampung Albino© Dream

Perkawinan campur ini membuat sebagian warga memiliki kulit albino dan bukan hal yang mengagetkan bagi warganya. Pasalnya, mereka memang merupakan keturunan Belanda dari nenek moyang.

4 dari 8 halaman

3. Tidak Semua Berkulit Albino

Tidak semua warga masyarakat di kampung Ciburuy memiliki warna kulit putih layaknya albino. Hanya beberapa warga saja yang mengalami hal ini.

Menurut keterangan Nana, ia pun tidak mengetahui secara persis nenek moyang yang memiliki gen albino.

" Tidak jelas eyang atau buyut saya ke berapa yang seperti itu. Cuma yang saya tahu ini disebut masalah gen," terangnya sambil memperkenalkan dua anaknya yang memiliki kulit albino.

5 dari 8 halaman

4. 9 Orang Warga Berkulit Albino

Meski tidak semua berkulit albino, namun warga yang memiliki kulit putih ini tersebar dari usia anak-anak hingga manula. Total warga yang memiliki kulit albino yakni 9 orang.

 Warga Kampung Albino© Dream

Warga usia yang paling muda yakni 2,5 tahun bernama Ujang. Sementara itu, warga yang paling tua adalah Emak Entar yang berusia 60 tahun. Yang lain di antaranya adalah Lukman Hakim (3), Dewi Resaman (13), Heri Agustin (15), Rosana (17), Firman (40), Isur Suryana (41), dan Asep (50).

 

6 dari 8 halaman

5. Ada Pertanda Khusus

Berdasarkan pengakuan Siti, Istri Nana, sebelum melahirkan ketiga anaknya, ia mengungkapkan bahwa dirinya sempat mendapatkan pertanda khusus. Pertanda tersebut yakni berupa bulan yang bersinar sangat terang.

Saat itu, dirinya pun yakni akan melahirkan keturunan albino.

7 dari 8 halaman

6. Angka Preferensi Albino Tinggi

Berdasarkan pengakuan Siti, Istri Nana, sebelum melahirkan ketiga anaknya, ia mengungkapkan bahwa dirinya sempat mendapatkan pertanda khusus. Pertanda tersebut yakni berupa bulan yang bersinar sangat terang.

Saat itu, dirinya pun yakni akan melahirkan keturunan albino.

8 dari 8 halaman

7. Larangan Berkunjung Hari Jumat dan Sabtu

Kampung ini juga memiliki aturan yang cukup unik. Salah satunya yakni terlarang untuk dikunjungi pada saat hari Jumat dan Sabtu. Hal ini merupakan sebuah pantangan yang telah berlaku turun temurun sejak nenek moyang warga Kampung Ciburuy dan tidak pernah dilanggar sekali pun oleh masyarakatnya.

(Sah, Sumber: Merdeka.com)

Terkait
Join Dream.co.id