Kali Malang dan Ciliwung Mau Dibikin Mirip Sungai di Korea, Berapa Biayanya?

News | Rabu, 12 September 2018 13:00
Kali Malang dan Ciliwung Mau Dibikin Mirip Sungai di Korea, Berapa Biayanya?

Reporter : Syahid Latif

Pengusulnya Presiden Jokowi dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Dream - Model penataan sungai di Korea Selatan telah memikat dua pemimpin di Tanah Air. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bermimpi bisa mengadopsi penataan sungai Cheonggyecheon di Korea Selatan.

Jokowi berharap model sungai Cheonggyecheon ini bisa diterapkan di sepanjang jalur Ciliwung.

Sementara di tempat berbeda, Ridwan Kamil lewat unggahan Instagramnya akan meniru model sungai yang sama di sepanjang Kali Malang, Bekasi, Jawa Barat.

"WARGA KOTA BEKASI tercinta, minggu depan sudah dimulai desain dan perencanaan revitalisasi Kali Malang. Semoga bisa sekeren Sungai Cheyonggyecheon di Seoul," tulis gubernur yang karib disapa Kang Emil di akun Instagramnya, @ridwankamil.

Berbeda dengan Kang Emil, Jokowi yang sedang melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan melihat langsung kondisi sungai Cheonggyecheon ditemani Wali Kota Seolah Park Woon-soon dan peserta Korea Indonesia (KIND) Meet Up.

Mengenakan jaket berwarna merah, Jokowi menyempatkan menyusuri tepian sungai Cheonggyecheon pada Selasa pagi (11 September 2018) kemarin.

"Sungai ini, sampai tahun 2003, juga seperti Ciliwung di Jakarta. Dalam waktu dua tahun pada masa kepemimpinan Wali Kota Seoul Lee Myung-bak, Sungai Cheonggyecheon jadi bersih seperti zaman dahulu kala," tulis Jokowi.

Presiden berharap konsep pengembangan kawasan sungai di Korea ini bisa diaplikasikan khususnya di Jakarta.

"Sebuah tontonan yang bisa jadi tuntunan untuk bisa digarap di Jakarta," katanya.

 

2 dari 3 halaman
Komentar
Beri Komentar
Ma'ruf Amin Janjikan Perempuan Bisa Berkarier di Pemerintahan
Join Dream.co.id
Jokowi: Jangan Hanya Menyalahkan, Saya Mencari Solusi