Kakek Ini Khusyuk Sholat Dhuha di Saat Rumahnya Terbakar

News | Minggu, 7 Juni 2020 18:29
Kakek Ini Khusyuk Sholat Dhuha di Saat Rumahnya Terbakar

Reporter : Ahmad Baiquni

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Dream - Asril, kakek 76 tahun ini punya kebiasaan menjalankan sholat Dhuha. Setiap pagi dia rutin melaksanakan ibadah sholat sunah tersebut dengan khusyuk.

Demikian halnya ketika terjadi kebakaran rumahnya di Jalan Cut Nyak Dien Kelurahan 30 Ilir, Palembang, Sumatera Selatan. Saking khusyuknya, dia tidak menyadari ada kobaran api di tempat tinggalnya.

Kebakaran terjadi pada Jumat, 5 Juni 2020 sekitar pukul 09.30 WIB. Saat itu, Asril sedang melaksanakan sholat Dhuha.

Dia mengaku sempat mendengar ada teriakan kebakaran. Tetapi, Asril tetap khusyuk mendirikan sholat.

" Orang-orang berteriak terus di depan rumah saya, tiba-tiba di dalam rumah saya juga teriak ada kebakaran di rumah kami," ujar Asril, dikutip dari Liputan6.com.

 

2 dari 3 halaman

Saat Sholat Dhuha Selesai

Asril sama sekali tidak terganggu dengan banyaknya teriakan tersebut. Bahkan ketika seluruh keluarganya panik, kakek ini tetap saja sholat.

Barulah ketika selesai sholat, dia melihat jilatan api sudah merambat ke sejumlah sudut rumahnya. Bersama keluarga, Asril langsung keluar rumah menyelamatkan diri.

" Begitu ada api mulai merambat, saya, istri saya beserta satu anak perempuan saya dan cucu tiga orang, langsung menyelamatkan diri," kata dia.

Beberapa saat kemudian, petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palembang tiba di lokasi. Dalam satu jam, api berhasil dipadamkan dengan dua unit mobil pemadam.

 

3 dari 3 halaman

Harta Ludes, Beruntung Ketemu Jam Tangan Kesayangan

Sebagian harta Asril ludes namun tak ada korban jiwa. Selain itu, api juga tidak sampai merembet ke rumah tetangga.

" Keluarga baik-baik saja, walau semua barang hangus terbakar. Hanya baju di badan yang tersisa. Kebakaran mungkin dari konsleting listrik di plafon belakang rumah saya," kata dia.

Asril mengalami luka bakar di tangan kirinya. Tetapi, dia bersyukur tidak hanya karena selamat melainkan juga menemukan jam tangan Rolex kesayangannya.

Dia mengaku sangat khawatir jika sampai jam Rolexnya terbakar. Sebab, baginya itu bukan jam tangan biasa.

" Alhamdulillah jam tangan Rolex milik saya tidak terbakar, karena sangat bersejarah bagi saya. Ini memang yang saya khawatirkan saat kebakaran tadi," kata dia.

Menurut Asril, jam tangan tersebut sudah dimilikinya lebih dari 50 tahun. Dia ingat betul jam tangan itu dibelinya di Singapura.

Kapolsek Ilir Barat II Palembang, Komisaris Dudi Novery, mengatakan kebakaran yang melanda rumah Asril diduga akibat ledakan kompor gas yang berada di bagian belakang rumah.

" Kita masih meminta keterangan pada pemilik rumah," kata dia.

Sumber: Liputan6.com/Nefri Inge

Join Dream.co.id