Populasi Muslim Anak-anak di Inggris Semakin Banyak

News | Jumat, 13 Februari 2015 11:37
Populasi Muslim Anak-anak di Inggris Semakin Banyak

Reporter : Syahid Latif

1 dari 12 anak usia sekolah di Inggris diketahui beragama Islam

Dream - Pemeluk Islam di Inggris terus bertambah banyak. Bahkan kini satu dari 12 anak sekolah di Negeri Ratu Elizabeth ini diketahui memeluk Islam.

Data sensus lengkap yang dikeluarkan Muslim Council of Britain (MCB) menyebutkan populasi anak-anak muslim di Inggris dan Wales tumbuh dua kali lipat dari satu dekade terakhir.

Dari hasil analis sensus 2011 MCB dilaporkan populasi muslim di Inggris bertambah lebih dari satu juta sejak 2001. Angka ini melonjak 75 persen dari posisi 1,5 juta menjadi 2,7 juta orang.

Penelitian ini juga menemukan jika 1 dari 12 anak sekolah di Inggris adalah pemeluka Islam. Sementara seperti penduduk muslim Inggris berusia dibawah 15 tahun. Dan separuhnya populasi muslim Inggris berusia dibawah 25 tahun.

Laporan The British Muslim in Number yang dikluarkan DR Sundas Ali dari Uiversitas Oxford memperkirakan pada 2021 akan ada 300 ribu orang remaja muslim di Inggris dan Wales.

Sebanyak 73 persen dari penduduk muslim ini diketahui memiliki identitas sebagai warga Inggris meski lahir di luar negara tersebut.

Anggota senior MCB, Talha Ahmad menjelaskan bertambahnya populasi penduduk muslim salah satunya adalah akibat masuknya pengungsi seperti dari Afganistan dan Irak.

Pemicu lainnya adalah profil usia penduduk muslim Inggris dimana banyak musli yang masuk usia menikah. Latar belakang budaya memiliki keluarga besar juga menjadi salah satu pemicu.

" Kami juga sadar adanya pertumbuhan populasi muslim akibat beralihnya keyakinan," kata Ahmad.

Terkait
Join Dream.co.id