Jokowi Ungkap Vaksinasi Dosis 1 Sudah 85 Persen, Dosis 2 58 Persen

News | Kamis, 20 Januari 2022 16:00

Reporter : Ahmad Baiquni

Capaian vaksinasi jadi indikator pengendalian pandemi.

Dream - Capaian vaksinasi Covid-19 Indonesia terus meninggi. Bahkan dosis pertama telah melampaui target 70 persen.

Presiden Joko Widodo mengatakan telah mendapat laporan terkini mengenai capaian vaksinasi. Menurut dia, sebanyak 301 juta dosis vaksin Covid-19 sudah disuntikkan ke seluruh rakyat Indonesia.

" Dosis pertama 85 persen, dosis kedua mencapai 58 persen," ujar Jokowi saat berpidato dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2022 dan Peluncuran Taksonomi Hijau Indonesia, disiarkan kanal Sekretariat Presiden.

Belum lagi dengan dosis booster. Program booster saat ini telah berjalan.

" Bahkan vaksin penguat atau booster juga sudah kita suntikkan dan sudah mulai 12 Januari lalu," kata Jokowi.

 

Jokowi Ungkap Vaksinasi Dosis 1 Sudah 85 Persen, Dosis 2 58 Persen
Presiden Joko Widodo
2 dari 4 halaman

Pandemi yang Terkendali

Capaian vaksinasi ini, kata Jokowi, menunjukkan penanganan pandemi Covid-19 semakin terkendali. Meski begitu, dia tetap mengingatkan akan dampak varian Omicron yang masih berbahaya sehingga perlu diwaspadai.

Penanganan pandemi yang sudah baik ini, kata Jokowi, harus menjadi momentum membangkitkan kembali optimisme masyarakat dan pelaku usaha. Sehingga ekonomi dapat segera pulih.

" Untuk segera melanjutkan aktivitas ekonomi dan aktivitas-aktivitas produktif lainnya," kata Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan saat ini Indonesia sedang berada dalam fase penting pemulihan ekonomi. Sejumlah indikator menunjukkan kondisi ekonomi yang mulai stabil.

" Sistem keuangan terjaga baik dan kita memiliki fondasi akselesari pemulihan," kata Jokowi.

3 dari 4 halaman

Jokowi: Vaksinasi Indonesia Posisi Keempat di Dunia

Dream - Capaian vaksinasi Indonesia saat ini cukup banyak. Bahkan, Indonesia kini menduduki peringkat keempat negara dengan capaian vaksinasi terbanyak di dunia.

" Kita ini vaksinasi nomor 4 di dunia setelah China, Brasil, Amerika, kemudian Indonesia," ujar Presiden Joko Widodo, saat berpidato dalam Dies Natalis ke-67 Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Jawa Barat, disiarkan Sekretariat Presiden.

Jokowi mengapresiasi TNI-Polri yang telah bekerja keras turut mewujudkan agar vaksinasi bisa mencapai target. Hingga saat ini, sudah 297,5 juta dosis vaksin telah disuntikkan ke masyarakat.

" Vaksinasi 297.500.000 dosis itu angka yang tidak kecil," kata Jokowi.

 

4 dari 4 halaman

Untuk sebarannya, kata Jokowi, sebanyak 30 provinsi telah mencapai target vaksinasi di atas 70 persen. Salah satunya adalah Jawa Barat.

" Tadi Pak Gubernur bisik-bisik ke saya, Pak, Jawa Barat sudah 83 persen," kata Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi meneraangkan untuk mencapai angka 297,5 juta dosis bukanlah hal mudah. Butuh perjuangan untuk mendistribusikan vaksin hingga pelosok.

" Menyuntikan 297 juta kali, ke 17 ribu pulau, 514 kabupaten kota, 34 provinsi, bukan barang yang mudah, ada yang harus naik perahu, ada yang ke gunung menggunakan sepeda motor, bukan barang yang mudah," kata Jokowi.

 

Join Dream.co.id