Terapkan New Normal di Tempat Ibadah, Jokowi Undang Tokoh Lintas Agama

News | Rabu, 3 Juni 2020 12:00
Terapkan New Normal di Tempat Ibadah, Jokowi Undang Tokoh Lintas Agama

Reporter : Ahmad Baiquni

Jokowi menjelaskan sejumlah langkah pemerintah dalam menangani Covid-19.

Dream - Presiden Joko Widodo mengundang sejumlah tokoh lintas agama untuk membicarakan penanganan Covid-19. Pada pertemuan yang berlangsung di Istana Merdeka Selasa malam, 2 Juni 2020, Jokowi menjelaskan sejumlah langkah dan upaya pemerintah sejauh ini.

" Pandemi Covid-19 telah menyebar di 215 negara, baik negara maju, negara berkembang, negara kaya, miskin, negara besar, kecil semua terkena pandemi Covid," kata Jokowi, dikutip dari Liputan6.com.

Hadir dalam pertemuan tersebut Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Helmi Faishal Zaini; Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Abdul Mu'ti; Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Muhyiddin Junaidi; Ketua Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI), Pdt. Gomar Gultom; Ketua Umum Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Ignatius Kardinal Suharyo.

Turut hadir Ketua Umum Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Mayjen (Purn) Wisnu Bawa Tenaya; Ketua Umum Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi), Arief Harsono; serta Ketua Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (Matakin), Xs Budi Santoso Tanuwibowo.

Di hadapan tokoh lintas agama, Jokowi menjelaskan pandemi Covid-19 tidak hanya menimbulkan masalah kesehatan. Tetapi juga berdampak pada sektor lainnya.

" Masalahnya bukan di sisi kesehatan saja, tapi juga sudah masuk ke bidang lain seperti ekonomi dan sosial," kata dia.

Jokowi meminta masukan terkait penerapan new normal khususnya di tempat-tempat ibadah. Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas pelaksanaan haji 2020 yang telah diputuskan Kementerian Agama tidak ada pemberangkatan jemaah tahun ini.

2 dari 5 halaman

Jokowi: Rampung 90 Persen, Renovasi Masjid Istiqlal Selesai Awal Juli 2020

Dream - Presiden Joko Widodo meninjau perkembangan renovasi Masjid Istiqlal pada Selasa pagi, 2 Juni 2020. Proses pengerjaan perbaikan masjid terbesar di Asia Tenggara itu dinyatakan sudah selesai 90 persen.

" Renovasi besar ini akan diselesaikan Insya Allah nanti di awal bulan Juli," ujar Jokowi.

Jokowi mengakui penyelesaian renovasi Masjid Istqlal mundur dari jadwal yang ditetapkan. Ini karena adanya pandemi Covid-19.

" Apakah setelah selesai akan dibuka? Belum kita putuskan," kata Jokowi.

Tetapi, Jokowi telah berbincang dengan Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, mengenai rencana pembukaan masjid terbesar di Asia Tenggara tersebut. Dari informasi yang didapat, Jokowi mengatakan Masjid Istiqlal akan dibuka pada Juli nanti.

" Tadi saya sudah mendapatkan informasi dari Prof. Nasaruddin, Imam Besar Masjid Istiqlal, bahwa direncanakan Masjid Istiqlal akan dibuka nanti bulan Juli, tetapi nanti keputusannya di Bapak Imam Besar Masjid Istiqlal," kata dia.

Jokowi berpesan agar disiapkan protokol kesehatan ketika Masjid Istiqlal dibuka kembali nanti. " Tentu saja mulai saat ini, tadi saya titip untuk disiapkan protokol kesehatan supaya nanti pada saat kita melaksanakan sholat di Masjid Istiqlal semuanya aman dari Covid-19," ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan saat ini penyebaran Covid-19 di sejumlah provinsi belum semua terkendali. Sehingga, seluruh pembukaan dilaksanakan secara bertahap.

" Pembukaan baik pembukaan untuk tempat ibadah, pembukaan untuk aktivitas ekonomi pembukaan untuk sekolah, semuanya melalui tahapa-tahapan yang ketat dengan melihat angka-angka kurva dari ernold maupun dari RTnya. Semuanya memakai data-data keilmuan," kata Jokowi.

3 dari 5 halaman

Jokowi: Indeks Penularan Covid-19 di DKI Jakarta Sudah di Bawah 1

Dream - Jokowi mengatakan bahwa data R0 atau tingkat penularan virus corona di DKI Jakarta menunjukan perbaikan. Berdasarkan data yang diterima, Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu menyebut R0 di DKI Jakarta sudah di bawah 1.

" Saya melihat data tadi pagi tren untuk R0 atau RT DKI Jakarta sudah di bawah 1," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Rabu 27 Mei 2020.

R0 adalah indeks penularan virus corona. Jika R0 kurang dari satu, maka rata-rata orang yang terinfeksi akan menularkan kurang dari satu orang. Sebaliknya, apabila R0 di atas satu maka masih ada penyebaran virus corona.

Untuk itu, Jokowi meminta agar R0 di DKI Jakarta dapat terus ditekan. Dia berharap kurva penyebaran virus corona di Jakarta dapat terus menurun. " Sehingga ini harus kita tekan agar lebih menurun lagi," ucapnya.

Sumber: Merdeka.com

4 dari 5 halaman

Anies Baswedan: Yang Bilang Mal di Jakarta Buka 5 Juni Itu Imajinasi

Dream - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyatakan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga yang berakhir pada 4 Juni 2020 belum ditentukan akan diperpanjang atau tidak. Demikian pula dengan jadwal pembukaan mal atau pusat perbelanjaan. 

" Jadi kalau saat ini ada yang mengatakan mal akan buka tanggal 5 Juni itu imajinasi, itu fiksi. Karena belum ada aturan mana pun yang mengatakan PSBB diakhiri," kata Anies, dikutip dari Liputan6.com.

Anies menyatakan saat ini sejumlah ahli tengah mengumpulkan data untuk melakukan kajian. Hasil tersebut akan menjadi landasan perpanjangan atau berakhirnya PSBB Jakarta.

" Jadi yang menentukan PSBB ini diperpanjang atau tidak itu sebenarnya bukan pemerintah, bukan para ahli, yang menentukan adalah perilaku seluruh masyarakat di wilayah PSBB," ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan apa pun hasil kajian tersebut akan disampaikan kepada masyarakat. Bila masyarakat tidak mematuhi aturan yang telah ditetapkan, ada kemungkinan PSBB Jakarta dapat diperpanjang.

 

5 dari 5 halaman

PSBB Jakarta

Sebelumnya, seiring diberlakukannya PSBB di Jakarta, sejumlah tempat publik, termasuk mal, ditutup demi menekan kurva positif Covid-19. Sesuai rencana, PSBB tahap III ini berlangsung hingga 4 Juni 2020.

Merujuk pada aturan itu, berarti kurang dari sepekan lagi sejumlah mal di Jakarta bakal beroperasi kembali. Tentu dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta, Ellen Hidayat, mengatakan mal di Ibu Kota akan dibuka pada 5 Juni 2020.

" Rencana mal dibuka mulai tanggal 5 Juni," kata Ellen.

 

Join Dream.co.id