Jokowi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris

News | Kamis, 21 Januari 2021 14:55
Jokowi Ucapkan Selamat Atas Pelantikan Joe Biden dan Kamala Harris

Reporter : Ahmad Baiquni

Biden resmi menjadi Presiden AS ke-46 dan Harris Wapres ke-49.

Dream - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Joe Biden dan Kemala Harris yang dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat. Pelantikan dilaksanakan pada Rabu, 20 Januari 2021 siang waktu setempat.

"Congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your inauguration as the 46th President and 49th Vice President of the United States (Selamat @JoeBiden dan @KamalaHarris atas pelantikan sebagai Presiden ke-46 dan Wakil Presiden ke-49 Amerika Serikat)," tulis Jokowi di Instagram @jokowi.

Jokowi berharap kerja sama antara Indonesia dan AS dapat terus berjalan dan memberikan keuntungan besar bagi dunia.

"Let us continue to strengthen our strategic partnership, not only for the benefit of our two nations, but for a better world for all (Mari terus kuatkan kemitraan strategis kita, tidak hanya untuk keuntungan dua negara namun juga dunia yang lebih baik untuk semua," tulis Jokowi.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Joko Widodo (@jokowi)

Biden dan Harris kini telah bertugas sebagai Presiden dan Wapres AS menggantikan Donald Trump dan Mike Pence. Prosesi pelantikan dilaksanakan di halaman Gedung Capitol dengan pembatasan ketat.

Usai pelantikan, Biden dan Harris menuju Gedung Putih untuk serah terima jabatan. Tetapi, Presiden Trump tidak hadir dalam serah terima tersebut dan memilih pulang ke kediamannya di Florida.

2 dari 3 halaman

Bersumpah di Alkitab Ratusan Tahun, Joe Biden Resmi Jadi Presiden AS

Dream - Joe Robinette Biden resmi menjadi Presiden Amerika Serikat. Dia mengucapkan sumpah di Gedung Capitol AS, Washington DC pada Rabu, 20 Januari 2021 siang waktu setempat.

Biden mengucap sumpah dengan meletakkan tangan kirinya pada Alkitab milik keluarganya yang sudah berusia 128 tahun. Biden mengangkat tangan kanannya dan mengucapkan 35 kata sumpah dipandu Ketua Mahkamah Agung AS, John G Roberts Jr.

" Saya, Joseph Robinette Biden Jr., bersumpah dengan sungguh-sungguh akan menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat dan akan menjaga, melindungi, dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat sekuat yang saya bisa," ucap Biden, dikutip dari New York Times

Pengambilan sumpah jabatan Biden dilaksanakan setelah Kamala Devi Harris disumpah sebagai Wakil Presiden AS. Sumpah Harris dipandu oleh Hakim Agung Sonia Sotomayor.

Dalam pengucapan sumpah, Harris menggunakan Alkitab milik Thurgood Marshall, Hakim Agung AS sekaligus pegiat hak sipil. Harris menjadi catatan sejarah AS sebagai wanita berdarah Asia pertama yang menempati jabatan tertinggi di negara tersebut.

" Ini harinya Amerika. Ini harinya demokrasi," ujar Biden mengawali pidatonya.

 

3 dari 3 halaman

"Demokrasi Tetap Menang"

Biden berjanji membawa semangat persatuan dalam memimpin Amerika melalui masa yang paling membahayakan sejarah. Secara tegas, Biden menyatakan demokrasi tetap menang, sebagai tanggapan atas serbuan massa pendukung Presiden Donald Trump ke Gedung Capitol untuk memprotes hasil pemilu.

Prosesi pengucapan sumpah Presiden AS kali ini berbeda dari sebelumnya. Diberlakukan banyak pembatasan akibat pandemi Covid-19 dan warga AS menyaksikan prosesi tersebut secara langsung lewat layar televisi.

" Segelintir orang dalam sejarah kita pernah menghadapi tantangan yang jauh lebih sulit dari yang kita hadapi saat ini," kata Biden.

Usai pengucapan sumpah, Biden menjalani prosesi serah terima jabatan di Gedung Putih. Tetapi, Donald Trump tidak hadir dalam prosesi tersebut, sehingga dilaksanakan oleh Wakil Presiden Mark Pence.

Trump memang tidak pernah secara terbuka mengakui kekalahannya dalam Pilpres AS. Trump sendiri meninggalkan Gedung Putih pagi hari sebelum pelantikan Biden berlangsung.

Join Dream.co.id